Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING
13 Januari 2023

7 Rekomendasi Buku Merawat Bayi untuk Bantu Orang Tua Mendidik Si Kecil

Merawat bayi tidak semudah yang dibayangkan, lho!
7 Rekomendasi Buku Merawat Bayi untuk Bantu Orang Tua Mendidik Si Kecil

Rekomendasi buku merawat bayi menjadi hal yang banyak dicari para orang tua baru.

Menjadi ibu baru itu tidak mudah, apalagi menjadi ibu tidak dipelajari di sekolah.

Menjadi ibu juga seringkali tidak diturunkan begitu saja oleh orang tua, tapi Moms sendiri yang harus belajar mandiri cara menjadi ibu yang bahagia.

Terlebih lagi tentang mengurus anak. Mengurus anak itu tidak seindah melihat linimasi media sosial dari teman-teman atau selebriti.

Setiap anak memiliki keunikan masing-masing dan keunikan inilah yang membuat seorang ibu harus mampu secara mandiri menghadapi tingkah laku anak-anak.

Meskipun terlahir dari rahim yang sama, anak pertama dan anak nomor berikutnya bisa memiliki kebiasaan dan juga kesukaan yang berbeda-beda.

Bahkan ibu kita sendiri mungkin tidak tahu juga merawat cucunya karena bisa jadi si cucu ini sangat berbeda tingkah lakunya dengan kita sendiri.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memperdalam ilmu dalam merawat bayi hingga membesarkan anak.

Ada banyak cara kita memperluas pengetahuan kita tentang merawat bayi, salah satunya adalah dengan membaca rekomendasi buku merawat bayi.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Merek Foundation yang Bagus, Harga di Bawah Rp150 Ribu!

Rekomendasi Buku Merawat Bayi

Berikut adalah rekomendasi buku menarik untuk Moms bisa baca-baca, bahkan sebelum bayi terlahir ke dunia. Yuk simak ulasannya!

1. What to Expect The First Year

Rekomendasi buku merawat bayi ini merupakan seri lanjutan dari What to Expect When You're Expecting yang sudah sangat mendunia eksistensinya.

Buku karangan Heidi Murkoff ini membahas dengan sangat detail mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat anak terlahir ke dunia dan juga permasalahan apa saja yang mungkin akan terjadi dari bulan ke bulan.

Ya, buku ini menjadi sangat menarik untuk dibaca sepanjang tahun pertama kelahiran bayi.

Moms tidak perlu membacanya sampai habis dalam satu waktu, tapi kita membacanya dengan mencicil dari bulan ke bulan.

Jadi dari bagaimana merawat bayi baru lahir, memberikan ASI, MPASI hingga perkembangan motorik anak juga dibahas mendetil dalam buku ini.

Namun sayangnya, rekomendasi buku merawat bayi ini rasanya belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dan harganya cukup mahal karena termasuk buku impor.

2. Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun

Kalau buku What to Expect The First Year sangat umum mengambil sampel dari bayi-bayi di seluruh dunia, nah salah satu seri buku Mommyclopedia ini karena ditulis oleh dokter anak Indonesia yakni dr. Meta Hanindita Sp.A bisa lebih relatable dengan permasalahan ibu-ibu di Indonesia.

Dalam rekomendasi buku merawat bayi ini juga mengupas mengenai mitos-mitos mengenai bayi baru lahir yang umum berkembang di masyarakat Indonesia.

Sehingga Moms bisa sedikit membela diri ketika misalnya kata orang tua bayi baru lahir wajib dibedong kencang agar kaki tidak berbentuk O ketika dewasa.

Dalam buku ini juga membahas hal-hal apa saja yang umum terjadi pada anak-anak usia 0-1 tahun.

Meskipun tidak dibahas dari bulan ke bulan, tapi isi buku ini sangat lengkap, lho, bahasannya.

Mulai dari mitos, merawat bayi, ASI, MPASI, tumbuh kembang bayi, kesehatan hingga pertolongan pertama pada bayi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Salep Mata Belekan yang Tersedia di Apotek

3. The Attachment Parenting Book

Rekomendasi buku merawat bayi ini sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dengan judul Menggendong Anak Itu Perlu.

Buku ini merupakan karangan dari William Sears M.D. and Martha Sears, R.N. membahas mengenai pendekatan untuk membesarkan anak yang lebih dari sekadar menerapkan aturan-aturan ketat atau dinamakan Attachment Parenting.

Ada 7 perangkat Attachment Parenting yang dibahas di buku ini, yaitu:

  • Birh Bonding (ikatan lahir)
  • Breastfeeding (menyusui)
  • Babywearing (menggendong bayi)
  • Bedding Close to Baby (tidur dekat dengan bayi)
  • Belief in Baby's Cry (percaya tangisan bayi)
  • Balance and Boundaries (seimbang dan batasan)
  • Beware of Baby Trainers (waspada pada pelatih bayi).

Buku ini membuka mata kita bahwa di masa modern ini seringkali kita menjadi orang tua yang tidak percaya diri dan melawan apa yang menjadi nature bayi itu sendiri.

Sangat menarik untuk dibaca, apalagi di sini kita juga bisa menemukan jawaban atas mitos bayi yang katanya dibiarkan menangis itu baik dan juga mitos mengenai tidak boleh menggendong bayi karena akan bau tangan.

4. Anti Stres Menyusui

Kata siapa menyusui mudah dan setiap ibu pasti bisa menyusui dengan insting alaminya?

Faktanya menyusui itu tidak mudah dan banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh ibu menyusui dan permasalahan ini kerap kali membuat seorang ibu stres hingga dilanda baby blues.

Buku Anti Stress Menyusui ini bisa dikatakan cukup tebal, yakni sebanyak 328 halaman ini ditulis oleh dr. Asti Prabarini, Sp.A., IBCLC dan juga dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC.

Dengan buku setebal ini tentunya kita akan mendapatkan hampir semua hal yang kita butuhkan dalam mempersiapkan pemberian ASI untuk buah hati.

Sehingga Moms bisa lebih siap dan tau hal-hal apa saja yang harus kita lakukan jika saat memberikan ASI terjadi masalah-masalah.

Selain membahas dari A sampai Z mengenai ASI, buku ini juga dilengkapi dengan panduan pemberian MPASI lho.

Jadi, rekomendasi buku merawat bayi ini tentunya sangat-sangat worth untuk dibaca dalam mempersiapkan pemberian ASI dan MPASI dari bayi baru lahir hingga anak lulus ASI.

Baca Juga: Ketahui 9 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Ampuh Atasi Jerawat!

5. Seni Menjadi Orang Tua Hebat

Rekomendasi buku merawat bayi ini dengan tepat menghadirkan cara-cara kunci untuk membantu para orang tua membentuk kembali tingkah laku anak-anaknya yang menantang, menciptakan ikatan keluarga yang kuat, serta membimbing anak-anak.

Seni Menjadi Orang Tua Hebat merupakan peta jalan dari segala sesuatu yang diperlukan orang tua untuk melakukan parenting sehingga Moms dan Dads akan berulang kali menggunakannya.

6. The Book You Wish Your Parents Had Read

Dalam buku The Book You Wish Your Parents Had Read ini, membagikan beberapa wawasan sekaligus tips yang dapat membantu orang tua untuk memahami bagaimana cara pengasuhan orang tua di masa lalu, yang tentu saja dapat memengaruhi pola asuh anak.

Ia juga membahas mengenai bagaimana cara penerimaan orang tua, ketika dirinya berbuat salah serta mempelajari apa solusinya bagi anak dan dirinya sendiri.

Penulis juga menjelaskan bagaimana cara memutuskan siklus serta pola negatif, yang kemungkinan terus berulang karena kebanyakan orang tua akan mencontoh pola pengasuhan orang tua sebelumnya, contohnya adalah seperti gaya pengasuhan strict parents.

7. Apa Namanya? - Kamus Perasaan Anak

Rekomendasi buku merawat bayi ini merupakan buku terjemahan dari bahasa Korea yang ditulis oleh Park Sung-Woo.

Secara garis besar, buku ini akan membantu para orang tua untuk lebih memahami perasaan anak.

Tidak jarang orang tua merasa sering tidak bisa memahami ekspresi perasaan anak dan menyebabkan kesalahpahaman.

Sehingga tidak hanya anak yang merasa frustrasi karena merasa orangtua tidak memahaminya, tapi juga orangtua ikut merasa stres dalam mengartikan perasaan Si Kecil.

Buku ini memuat sekitar 70 kosakata tentang jenis perasaan.

Selain berisi definisi perasaan yang mungkin dirasakan anak, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan contoh situasi yang mencerminkan perasaan anak.

Dan buku ini, dengan penyampaian yang mudah dicerna dan sangat relevan dengan kejadian sehari-hari, bisa menjadi jembatan bagi orangtua agar lebih menghargai perasaan anak.

Baca Juga: 5 Bahaya Onani, Bisa Mengakibatkan Kecanduan dan Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Itu dia Moms rekomendasi buku merawat bayi yang bisa dipilih. Semoga membantu ya!