30 April 2018

Rentan Jadi Sarang Kuman, Begini Menggunakan Headphones Secara Higienis

Kuman dan bakteri berbahaya bisa menular lewat headphones


Nama Via Vallen kembali menjadi perbincangan. Kali ini, pedangdut asal Surabaya itu dituding sombong oleh netizen. Tudingan tersebut berawal dari video Via yang sedang melakukan take vocal. Pada video tersebut, Via terlihat melapisi headphone yang digunakannya dengan tisu.

Saat netizen mempertanyakan hal tersebut, Via mengatakan bahwa headphone tersebut dipakai banyak orang sehingga kotor dan harus dilapisi tisu agar lebih nyaman dipakai. Jawaban tersebut membuat netizen menganggap gadis 26 tahun itu sombong.

Padahal, tahu kah Moms bahwa Hal yang dilakukan Via adalah benar? Mungkin banyak Moms yang belum tahu bahwa headphones adalah sarang kuman.

Menurut sebuah studi yang dilakukan University of Arizona, headphones dapat terkontaminasi oleh 25.123 kuman per inchi perseginya. Jumlahnya 500 kali lipat jumlah bakteri yang ada di dudukan kloset.

Kuman-kuman yang bersarang di sana, antara lain E.coli, Streptococcus, Salmonella, dan Staphyloccus aureus. Semuanya berbahaya dan menular. Hiiii… Mengerikan kan Moms?

Itu juga alasan mengapa kebersihan headphones harus dijaga. Jika memang sulit, kita sendiri yang harus melindungi telinga kita Moms. Salah satunya dengan melakukan apa yang dilakukan Via.

UK Health and Safety Executive menemukan bahwa pengguna headphones bisa saja mengalami infeksi pada telinga mereka sebagai akibat penggunaan headphones secara bergantian dengan orang lain.

Karena itu juga, penggunaan headphones untuk sendiri sangat disarankan. Kecuali, setiap penggunanya menggunakan penutup headphones masing-masing.

Baca Juga : Inilah 3 Akibat Terlalu Sering Menggunakan Headset

Tips Menggunakan Headphones secara Higienis

shutterstock 688246021
Foto: shutterstock 688246021

Moms, berikut ini ada bebeapa tips menggunakan headphones secara higienis yang bisa Moms lakukan. Disimak ya.

1. Setiap pengguna harus menggunakan headphones masing-masing

Sebaiknya, setiap orang memiliki headphones untuk digunakan sendiri. Penggunaan headphones bersama akan menignkatkan kemungkinan terjadinya transfer kuman.

2. Ganti busa headphones setiap ada orang baru yang menggunakan

Kuman banyak menempel pada busa headphones yang langsung bersentuhan dengan telinga. Selalu ganti busa tersebut saat ada orang lain yang akan menggunakan headphones.

3. Cover microphone pada headset harus selalu diganti setiap ada orang baru yang menggunakan

Selain headphones, microphone juga menjadi sarang kuman. Pastikan cover microphone diganti setiap ada orang baru yang menggunakan.

4. Ganti busa dan cover headphones setiap enam bulan sekali

Untuk penggunaan sendiri, pastikan ganti busa headphone setiap enam bulan sekali.

5. Cover headphones dan microphone sekali pakai dapat melindungi penggunanya

Tempat-tempat umum seperti studio musik dan karaoke harus menyediakan cover headphones dan microphone sekali pakai untuk melindungi para penggunanya dari kontaminasi kuman.

Nah, itu tips yang bisa Moms lakukan untuk melindungi diri dari transfer kuman di headphones. Selamat mencoba!

(AND)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb