04 April 2022

Minuman Herbal Resep Dr Zaidul Akbar untuk Penambah Imun, Yuk Coba!

Intip minuman herbal resep dr Zaidul Akbar ala JSR di sini!

Jurus Sehat Rasulullah (JSR) menjadi topik hangat yang dibicarakan masyarakat saat ini, hingga banyak resep dr Zaidul Akbar yang mempopulerkannya mulai dicari dan dipraktikkan.

Hal ini tidak terlepas dari peran selebriti yang sudah berhijrah yang ikut mempopulerkannya. Sehingga, JSR banyak dikenal sebagai pengobatan herbal dan pemeliharaan kesehatan alternatif saat ini.

Selain itu, dikutip Qawwam The Leader’s Writting, ada hubungan yang saling menguntungkan antara dakwah Islam kontemporer di Indonesia saat ini.

Apalagi bagi da’i seperti dr Zaidul Akbar, dengan memanfaatkan media baru (media sosial) untuk membantu dalam menjangkau masyarakat lebih luas dan menyebarkan dakwahnya melalui JSR ini.

Baca Juga: Manfaat Echinacea dalam Pengobatan dan Efek Sampingnya

Mengenal Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

Resep Dr Zaidul Akbar -2
Foto: Resep Dr Zaidul Akbar -2

Foto: instagram.com/zaidulakbar

Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini dipopulerkan oleh dokter Zaidul Akbar. Dirinya banyak membagikan resep kesehatan dan pengobatan herbal dengan berpedoman pada Alquran dan As-Sunah dengan label JSR.

Bukan hanya menyebarkan, dirinya juga mempraktikkan langsung metode JSR dalam kehidupan sehari-harinya. JSR ini dulunya dikenal dengan nama thibbun nabawi atau pengobatan ala Nabi.

Intinya, JSR sendiri berkaitan dengan pengobatan dan gaya hidup sehat yang mencontoh pola hidup dan pola makan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan umat Islam di dunia.

Konsep JSR sendiri tidak rumit. Bahkan bisa dikatakan tidak sulit dan murah, sehingga siapa saja bisa menerapkannya. Dalam JSR, terdapat 3 poin utama yang menjadi kunci keberhasilannya, yakni:

  • Halal dan Thayyib. Ini artinya yang dikonsumsi adalah makanan dan menjauhi makanan yang diharamkan Islam, serta memilih makanan yang thayyib atau baik, misalnya dalam segi kualitas dan kuantitasnya, serta efeknya bagi tubuh.
  • Menggunakan yang Ada di Sekitar. Penggunan bahan alami sangat dianjurkan. Penerapannya lekat dengan sayur, buah, berbagai jenis rimpang, madu, dan kurma. Pembuatan dan bahan yang digunakannya juga mudah dicari dan gampang dilakukan di rumah sendiri.
  • Sehat untuk Ibadah. Pengaplikasian JSR dalam kehidupan sehari-hri harus diniatkan untuk memperlancar ibadah. Sebab, tubuh yang sehat diharapkan akan mendorong ketaatan beribadah yang lebih baik. Selain itu, dengan menjaga kesehatan, sama artinya dengan mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

Baca Juga: Ini Pengobatan Herpes saat Hamil, Catat!

Resep Dr Zaidul Akbar untuk Minuman Penambah Imun

Salah satu resep Dr Zaidul Akbar yang popular saat ini adalah minuman penambah imun dan stamina. Dalam suasana pandemi saat ini, minuman tersebut dianggap penting untuk menjaga kesehatan.

Mengkonsumsi tanaman herbal juga dipercaya dapat mencegah virus Covid-19, karena tanpa meninggalkan efek samping jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia lainnya.

Tanaman herbal yang dipercaya dapat mencegah virus tersebut disebut dengan empon-empon, yang terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, temulawak, kencur, kunyit, sereh, dan sebagainya.

Sebagai bahan yang sering digunakan dalam JSR, manfaat jahe akan terasa karena memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antivirus sehingga bermanfaat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan manfaat kunyit karena adanya kandungan curcumin yang bermanfaat sebagai antivirus, anti peradangan, anti jamur dan antioksidan.

Sedangkan kencur sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional, salah satunya dapat mengatasi batuk. Dalam resep Dr Zaidul Akbar sendiri menggunakan kunyit, jeruk nipis, lengkuas dan kayu secang.

Kayu secang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antiradang. Ini juga bermanfaat sebagai antitumor, anti bakteri, menurunkan gula darah, serta menjaga kesehatan hati.

Sedangkan Lengkuas kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat dalam melawan penyakit, serta melindungi sel-sel tubuh rusak yang disebabkan karena radikal bebas.

Kandungan polifenol pada Lengkuas dapat membantu menurunkan gula darah, kolesterol dan meningkatkan daya ingat.

Selain itu, lengkuas bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, membantu melindungi tubuh dari infeksi yang berbahaya, melawan radang dan lain sebagainya.

Minuman ini bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah sebagai penguat stamina dan imun tubuh. Bahan-bahannya juga dapat dengan mudah ditemui.

"Perpaduan 5 bahan ini sangat baik dalam memberi efek penguatan imunitas tubuh kita sehari- hari. Biar ramuan ini terasa hangat maka Jahe dan sereh porsinya 70 persen ya, 30 persen dibagi 3 ke kunyit, temulawak, kencur, dan tambahkan sedikit pandan biar wangi," ujarnya dalam Instagram pribadinya @ZaidulAkbar

Berikut ini adalah resep dr Zaidul Akbar untuk meningkatkan imun tubuh dan juga stamina yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Jerawat pada Ibu Hamil, Mudah

1. Resep dr Zaidul Akbar untuk Minuman Penambah Imun Pertama

Resep Dr Zaidul Akbar -1
Siap dalam 20 menit
Sajian 2 porsi

Ini adalah resep dr Zaidul Akbar untuk minuman penambah imun pertama yang bisa dicoba di rumah

Bahan-bahan

  • 1 jempol besar lengkuas
  • 1/2 - 1 buah jeruk nipis
  • 1-2 telunjuk kunyit
  • 300 ml air
  • 5-7 lembar secang
  • Langkah-langkah

Cara membuat:

  1. Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah anda siapkan seperti kunyit, secang, dan lengkuas. Cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Iris atau parut lengkuas dan kunyit.
  3. Rebus air sebanyak 300 ml dan masukkan bahan-bahan yang sudah diparut beserta secang.
  4. Rebus sekitar 2 hingga 3 menit.
  5. Apabila rebusan sudah hangat, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata.
  6. Angkat dan bisa dikonsumsi selagi hangat.

2. Resep dr Zaidul Akbar untuk Minuman Penambah Imun Kedua

minuman-herbal-untuk-diet
Siap dalam 20 menit
Sajian 2 porsi

Menjadi resep dr Zaidul Akbar untuk minuman penambah imun kedua, resep ini menggunakan baha-bahan dan rempah-rempah yang mudah ditemui di rumah, lho!

Bahan-bahan

  • Kunyit 1-2 telunjuk
  • Jahe (lebih banyak dari kunyit)
  • Lengkuas 1 jempol besar
  • Serai 4 buah

Cara membuat:

  1. Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah anda siapkan seperti kunyit, secang, dan lengkuas. Cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Iris atau parut lengkuas dan kunyit.
  3. Rebus air sebanyak 300 ml dan masukkan bahan-bahan yang sudah diparut beserta secang.
  4. Rebus sekitar 2 hingga 3 menit.
  5. Apabila rebusan sudah hangat, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata.
  6. Angkat dan bisa dikonsumsi selagi hangat.

Minuman herbal resep dr Zaidul Akbar ini bisa diminum sebanyak 1 hingga 2 kali sehari sebelum makan, hingga dapat dikonsumsi sebelum tidur.

Itulah minuman herbal resep dr Zaidul Akbar untuk penguat stamina dan imun, berdasarkan JSR yang mudah dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

  • https://jurnalfuad.org/index.php/qawwam/article/view/140
  • https://selerasa.com/resep-minuman-penguat-stamina-imun-menurut-dr-zaidul-akbar
  • https://www.portalsiber.com/lifestyle/pr-29731667/resep-minuman-herbal-dr-zaidul-akbar-tingkatkan-imun-tubuh-murah-dan-mudah
  • https://www.kontenjateng.com/gaya-hidup/pr-65989476/2-resep-minuman-herbal-untuk-detox-tubuh-ala-dr-zaidul-akbar?page=all
  • https://cairofood.id/jurus-sehat-rasulullah-jsr-cetusan-dr-zaidul/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb