Resep

8 Juli 2020

Resep Ongol-ongol Labu Kuning

Ongol-ongol tinggi betakaroten, nih, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ongol-ongol biasanya dibuat dengan rasa gula merah. Namun, kali ini, kita buat yang agak berbeda. Resep ongol-ongol labu kuning ini dijamin tak kalah lezat!

Ongol-ongol adalah kue basah berbahan tepung sagu dan gula merah. Ada juga yang membuatnya menggunakan tepung hunkwe atau tapioka.

Tekstur ongol-ongol lembut dan agak kenyal. Biasanya ongol-ongol dipotong kotak-kotak dan diberi kelapa parut. Rasanya manis dari gula merah dan gurih dari kelapa parut.

Ongol-ongol disebut-sebut berasal dari Jawa Barat, meski sering pula ditemui di pasar-pasar di Jakarta. Konon, nama ongol-ongol diberikan karena kue ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh tentara Mongolia.

Kali ini, Orami akan membagikan resep ongol-ongol labu kuning menggunakan tapioka. Agar-agar bubuk ditambahkan agar teksturnya lebih kokoh dan agak kenyal.

Ongol-ongol labu kuning memiliki rasa yang lebih gurih dan lebih kaya gizi, lo, Moms, dibanding ongol-ongol gula merah biasa. Mengapa?

Kandungan Gizi Labu Kuning

Kandungan Gizi Labu Kuning.jpg

Foto: gate74 from Pixabay

Menurut situs web University of Illinois Extension, warna oranye pada labu kuning menunjukkan bahwa buah ini mengandung antioksidan betakaroten. Di tubuh, betakaroten diubah menjadi vitamin A.

Penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi makanan kaya betakaroten bisa mengurangi risiko mengidap kanker jenis tertentu serta melindungi dari risiko penyakit jantung. Selain itu, betakaroten memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit lain serta beberapa aspek degeneratif penuaan.

Dalam 150 gram labu kuning rebus terdapat 49 kalori, 2 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3 gram serat, 37 mg kalsium, serta 1,4 mg zat besi. Labu kuning juga mengandung 22 mg magnesium, 564 mg potassium, 1 mg zinc, dan 0.5 mg selenium. Selain itu, di dalamnya terdapat 12 mg vitamin C, 1 mg niacin, 21 mcg folat, 2.650 IU vitamin A, dan 3 mg vitamin E.

Baca Juga: Resep Grontol Jagung, Si Jajanan Pasar Yang Manis

Resep Ongol-ongol Labu Kuning

Resep Ongol-ongol Labu Kuning.jpg

Foto: YouTube Kreasi Culinary Bayuwangi

Makin bersemangat bikin ongol-ongol dari labu kuning, ya, Moms, setelah mengetahui kandungannya? Berikut resep ongol-ongol labu kuning dari blog Indonesian Medan Food:

Bahan

  • 500 gram labu kuning yang sudah dikupas dan dicuci bersih
  • 400 gram tapioka
  • 300 ml santan kental
  • 500 ml air kelapa (bisa diganti air biasa atau santan encer)
  • 1 bungkus agar-agar bubuk plain
  • 250 gram gula pasir
  • ½ sdt ekstrak vanili
  • 1 sdt garam
  • Kelapa parut dari ½ buah kelapa sedang, beri sedikit garam dan kukus agar awet

Baca Juga: Resep Singkong Thailand

Cara Membuat

  1. Panaskan kukusan. Sembari menunggu, oleskan minyak ke bagian dalam loyang persegi agar nantinya ongol-ongol mudah dikeluarkan dari loyang. Sisihkan.
  2. Potong dadu labu, lalu kukus sampai lunak.
  3. Blender labu kuning bersama gula, garam, vanili, tapioka, dan agar-agar bubuk. Matikan blender.
  4. Tuang santan dan air kelapa sedikit demi sedikit ke adonan labu kuning. Aduk rata.
  5. Tuang adonan ke loyang sambil disaring.
  6. Masukkan loyang ke kukusan yang sudah panas. Kukus selama satu jam sampai ongol-ongol matang. Matikan api.
  7. Keluarkan loyang dari kukusan. Dinginkan.
  8. Keluarkan ongol-ongol dari loyang. Potong-potong sesuai selera.
  9. Nikmati bersama kelapa parut.

Moms juga bisa menggulingkan potongan ongol-ongol panas ke kelapa parut. Namun, ongol-ongol ini harus segera dihabiskan karena cepat basi.

Permukaan ongol-ongol yang masih panas dan dibaluri kelapa parut akan basah karena uap airnya tidak menguap sempurna. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ongol-ongol baru diberi kelapa parut saat akan disantap.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 6 Jajanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Resep ongol-ongol labu kuning ini bisa jadi ide kudapan bergizi di rumah yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait