ASI dan MPASI

22 Mei 2021

Review Pompa ASI Haenim vs Medela Mini Electric, Mana yang Lebih Baik?

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms sedang mencari pompa ASI? Yuk simak review pompa ASI berikut ini!

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, pompa ASI adalah jalan keluar menjaga produksi ASI untuk si buah hati. Dengan adanya pompa ASI ini, maka Moms yang mesti beraktivitas di luar rumah, bisa memerah dan meninggalkan persediaan ASI untuk Si Kecil di rumah.

Namun Moms pasti bertanya-tanya pompa ASI seperti apa yang dibutuhkan. Apa merek pompa ASI yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan? Pertanyaan itu tidak akan terjawab jika Moms tidak melihat ulasan yang bisa membantu.

Tapi sebelumnya harus tentukan dulu ya, ingin pompa ASI manual atau elektrik. Jika Moms menginginkan pompa ASI elektrik yang lebih praktis, simak ulasan pompa ASI Haenim 7A dan Medela Mini Elektrik di bawah ini yuk.

Baca Juga: Review 10 Pompa ASI Favorit Moms, Mana yang Paling Bagus?

Review Pompa ASI Haenim 7A

Haenim.jpg

Pernahkah Moms mendengar pompa ASI merek Haenim 7A? Jika belum, maka ini saat yang tepat untuk menyimak ulasan pompa ASI Haenim 7A ini.

Pompa ASI Haenim 7A ini merupakan pompa ASI canggih yang bisa terhubung langsung ke ponsel kita dengan menggunakan bluetooth. Namun untuk menghubungkannya, Moms perlu mengunduh sebuah aplikasi bernama "Haenim Breast Pump" di iOS atau Android, agar dapat terkoneksi dengan Haenim Breast Pump.

Nah, di dalam aplikasi ini, Moms bisa menikmati berbagai fitur seperti alarm function, breast milk volume record, breast pump setting, dan status function.

Yang lebih menarik lagi nih Moms, kontrol melalui bluetooth Haenim 7A App ini tidak hanya bekerja sebagai kontrol pompa payudara saja, tetapi bisa juga berfungsi seperti buku harian Moms saat memompa ASI untuk Si Kecil.

Untuk Moms yang sibuk, Haenim 7A ini bisa digunakan sebagai double pumping untuk memompa 2 payudara sekaligus. Namun jika ingin memompa satu payudara per sesi juga bisa kok Moms. Itulah keunggulan lainnya.

Saat memompa ASI, Moms bisa menggunakan fungsi Massage dan Pumping dengan tingkat tenaga yang dapat disesuaikan dari 1 sampai 9 sesuai dengan kenyamanan kita.

Sekarang kita simak review pompa ASI satu ini dengan kelebihan dan kekurangannya yuk, Moms.

Kelebihan Pompa ASI Haenim 7A

  • Untuk Moms yang memiliki mobilitas yang tinggi, maka pompa ASI Haenim 7A ini bisa Moms jadikan sebagai pilihan tepat.
  • Fitur double pump-nya bisa menghemat waktu Moms saat memompa untuk persediaan ASI.
  • Ada 3 pilihan corong yang bisa Moms pilih agar sesuai dengan ukuran payudara kita.
  • Kekuatan hisapan bisa diatur sehingga memudahkan Moms untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan.
  • Pompa ASI ini juga menggunakan teknologi tinggi karena bisa tersambung dengan aplikasi di ponsel melalui bluetooth. Aplikasi tersebut membantu Moms untuk melihat lama waktu pompa dan menyimpan data statistik ASI yang Moms pompa.
  • Ada fungsi pijat untuk menstimulasi LDR sebelum memasuki tahap memompa.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

Kekurangan Pompa ASI Haenim 7A

  • Moms harus merogoh kantong cukup dalam untuk membeli pompa ASI satu ini.

Review Pompa ASI Medela Mini Electric Breast Pump

2% Rp1.000.000
Rp980.000
Medela Mini Electric Breast Pump

Moms mencari pompa ASI elektrik yang mini, bisa pilih Medela Mini Elektric lho Moms. Karena bentuknya yang mungil bisa dibawa ke mana saja, dan untuk penggunaan, tinggal pasang adaptor saja dan langsung bisa bekerja. Bahkan Moms bisa memilih ingin menggunakan listrik langsung atau baterai ukuran AA.

Moms juga bisa mengatur kekuatan hisapannya sesuai dengan kenyamanan kita. Bahkan para dokter pun banyak yang merekomendasikan penggunaan pompa ASI ini untuk menghasilkan ASI eksklusif bagi Si Kecil.

Moms tidak perlu ragu juga soal keamanannya, karena plastik dari botol susu ini sudah BPA free, sehingga terjamin aman. Membersihkannya pun tidak susah dan cukup gampang lho Moms. Cocok dibawa-bawa oleh Moms yang bekerja.

Langsung simak review pompa ASI satu ini dengan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini yuk, Moms.

Kelebihan Pompa ASI Medela Mini Electric

  • Produk pompa ASI ini awet penggunaannya dan tahan banting.
  • Jika ada bagian yang rusak, biaya perbaikan spare partnya tidaklah mahal.
  • Daya hisapnya kuat sehingga bisa memompa ASI secara maksimal.

Baca Juga: 4 Langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar

Kekurangan Pompa ASI Medela Mini Electric

  • Saat digunakan menimbulkan suara bising sehingga agak mengganggu.
  • Jika dibandingkan pompa ASI lainnya harganya cukup mahal.
  • Daya hisapnya yang kuat, namun agak kasar jika dibandingkan dengan pompa ASI lainnya yang lemburt.

Tips Memilih Pompa ASI

rekomendasi pompa asi elektrik hero

Foto: Orami Photo Stock

Moms, memilih pompa ASI gampang-gampang susah. Ada beberapa faktor yang perlu Moms jadikan pertimbangan saat hendak membeli pompa ASI selain tentunya membaca review pompa ASI ya Moms.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu Moms pertimbangkan saat memilih pompa ASI seperti dirangkum dari Nursing Angel.

1. Manual vs Elektrik

Apakah kecepatan penting bagi Moms? Pompa ASI tersedia secara manual (dioperasikan dengan tangan) atau elektrik (listrik dan/atau baterai). Pompa manual lebih murah dan cocok untuk penggunaan sesekali tetapi lebih lambat digunakan dan lebih keras di tangan karena membutuhkan pengepresan terus-menerus. Pompa elektrik lebih mahal tetapi lebih cepat dan lebih efisien saat memompa lebih sering.

2. Waktu Memompa

Menurut Moms, berapa jam seminggu Moms akan memompa? Dengan cepat bertambah! Pompa elektrik lebih cepat digunakan daripada pompa manual. Pompa elektrik ganda memungkinkan Moms memompa kedua payudara sekaligus, memotong waktu pemompaan Moms menjadi setengahnya jika dibandingkan dengan pompa elektrik tunggal.

3. Frekuensi Penggunaan

Apakah Moms akan memompa sesekali atau secara teratur, jangka pendek atau jangka panjang? Pompa yang berbeda dirancang untuk tuntutan dan kebutuhan penggunaan yang berbeda. Membeli jenis pompa ASI yang salah dapat membuat pemompaan lebih sulit dan kurang efektif.

Misalnya, menggunakan pompa manual secara teratur memakan waktu dan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada puting dan pergelangan tangan.

Begitu pula dengan menggunakan pompa listrik standar bila pompa berkinerja tinggi lebih sesuai dengan kebutuhan Moms: motor dan suku cadang pompa listrik standar tidak dirancang untuk penggunaan biasa dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Bingung Memilih Pompa ASI? Cek Dulu Kriterianya

4. Kontrol Hisap dan Kecepatan

Beberapa pompa listrik dilengkapi dengan pengaturan atau rentang kontrol terbatas. Merek lain menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk menyesuaikan kontrol sehingga Moms dapat menemukan level terbaik untuk memompa ASI yang maksimal.

Menggunakan pompa dengan pengaturan terbatas atau tetap dapat berarti pemompaan membutuhkan waktu lebih lama dan lebih sedikit susu yang keluar.

5. Kualitas vs Harga

Seperti kebanyakan hal, Moms mendapatkan apa yang Moms bayar - apakah itu kualitas atau layanan! Membeli pompa merk murah umumnya berarti mempunyai desain dan kualitas motor yang kurang efektif.

Pemompaan bisa lambat, tidak nyaman dan bahkan menyakitkan, dengan perasan ASI yang lebih rendah. Jika memompa ASI yang efektif dan nyaman penting bagi Moms, carilah pompa berkualitas tinggi yang bekerja dengan baik.

6. Bebas BPA

BPA (Bisphenol A) adalah bahan kimia pengganggu hormon yang ditemukan dalam plastik polikarbonat yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Efek jangka panjang dari paparan BPA tidak diketahui.

Untungnya, sekarang banyak produk makanan bayi mulai diproduksi tanpa BPA. Namun beberapa merek pompa masih menyertakan komponen BPA. Jika Bebas BPA penting bagi Moms, pastikan Moms memeriksa dengan tepat bagian mana yang Bebas BPA: itu haruslah semua bagian yang masuk ke dalam ASI - bukan hanya botolnya. Pompa yang kami sediakan adalah Bebas BPA untuk semua bagian yang bersentuhan dengan ASI.

7. Ukuran Puting

Ini mungkin sesuatu yang belum Moms pertimbangkan! Penting bagi Moms untuk menggunakan pelindung payudara dengan ukuran yang tepat (juga dikenal sebagai flensa payudara atau badan pompa) untuk ukuran puting Moms. Pelindung payudara perlu menstimulasi area yang tepat untuk pengeluaran dan kenyamanan ASI yang efisien.

Jika terlalu besar atau terlalu kecil (bahkan hanya beberapa milimeter), memompa bisa menyakitkan, kurang efektif dan dengan pengeluaran ASI yang lebih lambat atau lebih rendah. Kebanyakan pompa dilengkapi dengan pelindung payudara berukuran standar yang dirancang agar sesuai dengan ukuran puting 'rata-rata'.

Namun tidak semua puting susu memiliki ukuran 'rata-rata'. Karena sulit untuk mengetahui apakah ukuran puting Moms cocok dengan pelindung payudara dengan benar sebelum membeli pompa, periksa untuk melihat apakah merek menawarkan pelindung payudara berukuran khusus jika Moms memang perlu membeli pelindung yang lebih kecil atau lebih besar.

8. Opsi Pembersihan

Kebanyakan pompa relatif mudah dibongkar untuk dibersihkan dan dipasang kembali. Mencuci dengan air sabun panas diikuti dengan pembilasan air panas dan mengeringkan udara umumnya dianggap cukup jika Moms melahirkan bayi cukup bulan yang sehat.

Namun, pompa juga dapat dibersihkan dengan berbagai cara lain seperti merebus, menggunakan alat sterilisasi plug-in, sterilisasi uap microwave, atau mesin pencuci piring.

Periksa apakah merek yang Moms pertimbangkan untuk dibeli memungkinkan metode pembersihan yang ingin Moms gunakan. Pembersihan yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada bagian pompa sehingga penting untuk mengikuti petunjuk pembersihan pabrik dengan hati-hati.

Baca Juga: Tips Memilih Pompa ASI, Jangan Sampai Salah Moms!

9. Layanan Pelanggan dan Suku Cadang

Hal terakhir yang Moms butuhkan ketika muncul masalah dengan pompa ASI adalah layanan pelanggan dan ketersediaan suku cadang.

Sebelum Moms memilih pompa ASI, pastikan merek tersebut memiliki layanan pelanggan dan jaminan ketersediaan spare part. Beberapa pompa ASI terbukti tidak memilikinya sehingga ketika pompa ASI rusak, Moms mau tidak mau membeli pompa ASI baru.

Itu dia Moms review pompa ASI Haenim 7A dan Medela Mini Electric. Simak juga tips memilih pompa ASI ya. Sudah menentukan pilihan Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait