Fashion & Beauty

5 Juni 2021

5 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Jerawat!

Inilah manfaat rosehip oil yang sedang naik daun di kalangan pemerhati dunia kecantikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Di kalangan pencinta dunia kecantikan, minyak kelapa merupakan minyak yang dinilai memiliki banyak khasiat bahkan dinilai sebagai Ratu-nya minyak alami. Eits, tunggu dulu. Kini ada pesaing baru yang sedang digadang-gadang oleh banyak orang, terutama wanita, yaitu rosehip oil.

Kate Middleton, Miranda Kerr, dan Gwyneth Paltrow adalah tiga sosok nama yang perlu bertanggung jawab atas tingginya minat banyak orang terhadap rosehip oil.

Mereka mengaku jatuh cinta dan tidak bisa meninggalkan minyak ini karena berkat minyak alami tersebut, kulit wajah mereka tampak segar, kenyal, dan glowing!

Apakah Moms juga tergoda untuk membeli jenis minyak yang kian menjamur di setiap brand kecantikan di pasaran ini? Mari berkenalan lebih jauh dengan minyak alami ini sebelum membeli.

Baca juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah Rosehip Oil Itu?

original certified organic co2 rosehip oil

Foto: Orami Photo Stock

Jangan pernah mengira dan membayangkan bahwa rosehip oil berasal dari ekstrak bunga mawar (rose). Bukan, Moms! Salah besar.

Dilansir dari laman healtline.com, rosehip oil dikenal juga sebagai rosehip seed oil. Minyak ini berasa dari rosa canina yang banyak tumbuh di Chili, Amerika Serikat.

Tidak seperti minyak bunga mawar yang diambil dari ekstraksi kelopak bunga mawar, minyak ini diambil dari proses penyulingan buah dan biji dari rosa canina tersebut ketika kelopak mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Zaman dahulu kala, penduduk asli Amerika dan Suku Maya gemar menggunakannya untuk membantu mengatasi luka. Namun kini rosehip oil banyak dirasakan manfaatnya untuk kulit wajah.

Setidaknya demikiankan penuturan Miranda Kerr dan penikmat dunia kecantikan yang telah menggunakan minyak ini secara teratur.

Menurut Gary Goldenberg, M.D, selaku Medical Director dari Mount Sinai Dermatology Faculty Practice, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa rosehip seed oil merupakan kandungan terbaik bagi kulit. Meski demikian, bukan berarti kandungan ini tidak memberi manfaat baik bagi kulit seseorang.

Baca juga: Kandidiasis, Jamur Vagina yang Pengaruhi Kesuburan?

Manfaat Rosehip Oil untuk Kulit

Perawatan Kulit Paling Tepat untuk Kulit Acne Prone.jpg

Foto: Orami Photo Stoc

Kurang lebih sama seperti berbagai produk perawatan kecantikan di pasaran. Sebuah formula yang cocok untuk kulit seseorang belum tentu cocok digunakan oleh orang lain.

Rosehip oil memiliki berbagai kandungan bahan aktif, seperti linoleat, alpha-linolenic, asam oleat, serta berbagai vitamin dan asam lemak esensial.

Tak hanya itu saja, ia juga mengandung zat antiradang, antivirus, dan antijamur.

Dalam dunia aromatherapy, rosehip oil juga sering digunakan sebagai carrier oil yang dicampurkan dengan minyak esensial lainnya.

Meski demikian, tetap saja ada beberapa manfaat dari rosehip oil bagi kulit yang bisa dirasakan oleh Moms. Apa saja? Dilansir dari laman goodhousekeeping.com, simak beberapa hal berikut ini:

1. Membantu Melembapkan Kulit

Jurnal bertajuk Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils, menyatakan bahwa rosehip oil dapat berperan sebagai pelindung alami yang membantu memperbaiki tekstur kulit.

Semua ini berkat kandungan ceramide dan asam linoleate yang membantu melembapkan kulit.

Jadi, jika Moms memiliki masalah kulit wajah kering, mudah iritasi, dan terasa gatal, tak ada salahnya mencoba mengaplikasikan minyak ini ke seluruh wajah. Lakukan setelah membersihkan wajah, ya!

2. Mengatasi Jerawat

Sebagaian besar masalah kulit orang yang tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia adalah kulit berminyak dan jerawat. Nah, rosehip oil ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Karena mengandung retinoid, yaitu senyawa turunan vitamin A yang membantu mengatasi jerawat.

Asal tahu saja, dokter kulit sudah memercayai keampuhan retinoid untuk meminimalkan tampilan jerawat, mencerahkan kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Penelitian yang dituangkan dalam situs researchgate.net pun membuktikan keampuhan zat tersebut. Pada penelitiannya, peneliti ingin mengetahui potensi krim antijerawat yang mengandung minyak ini dan retinoid. Penelitian ini melibatkan 60 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok mengoleskan krim herbal yang mengandung rosehip oil selama setidaknya 2 minggu. Sedangkan, kelompok lainnya mengoleskan krim plasebo.

Di dunia penelitian, plasebo merupakan “obat kosong” yang tidak mengandung bahan aktif yang dimaksudkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kesehatan tertentu.

Namun, orang yang menerima plasebo tidak mengetahui dirinya menggunakan obat kosong, sehingga percaya bahwa mereka minum obat asli dan mengalami kemajuan dari konsumsi obat atau penanganan medis yang mereka lakukan. Padahal, sebenarnya tidak ada efeknya sama sekali.

Baca juga: Adakah Bahaya Keputihan Saat Hamil Tua? Yuk, Simak Penjelasannya

Bagaimana hasilnya? Kelompok yang menggunakan krim herbal mendapatkan perubahan signifikan dibandingkan kelompok lainnya. Mereka merasakan perubahan tampilan kulit yaitu radang kulit mereda dan kulit tampak lebih cerah.

3. Mencegah Penuaan Dini

Rosehip oil kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin A, dan vitamin K. Tak heran rasanya jika ia digadang-gadang mampu membantu mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, dan memperbaiki tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Jadi, jika Moms ingin tampilan kulit tampak segar lebih lama dan terhindar dari keriput, garis halus, serta hiperpigmentasi, sertakan rosehip oil dalam bagian produk perawatan kulit harian.

4. Membantu Mengatasi Radang Kulit

Berbagai penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, serta masalah kulit lain akibat terbakar sinar matahari dapat membuat kulit terasa kering, kemerahan, perih, gatal, dan iritasi.

Moms dapat mengatasi masalah kulit tersebut dengan rosehip oil. Hal ini karena kandungan polifenol, antosianin, dan vitamin E yang terdapat pada minyak herbal tersebut.

5. Mencegah Stretch Mark

Rosehip oil juga membantu mencegah stretch mark yang kerap dialami oleh Moms yang sedang hamil dan sesudah melahirkan.

Hal ini dibuktikan dalam jurnal bertajuk Use of a Specific Anti-Stretch Mark Cream for Preventing or Reducing the Severity of Striae Gravidarum. Randomized, Double-blind, Controlled Trial yang dipublikasikan olehInternational Journal of Cosmetics Science.

Meski demikian, Moms tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit jika ingin mengaplikasikan rosehip oil ini.

Demikian berbagai manfaat rosehip oil yang Moms perlu ketahui bagi kecantikan kulit. Apakah Moms mau mencobanya dan bersiap memiliki kulit cantik glowing seperti Kate Middleton?

  • https://www.mdpi.com/1422-0067/19/1/70/htm
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/ics.12029
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/rosehip-oil-for-face
  • https://www.goodhousekeeping.com/health/a20706831/rosehip-oil-benefits/
  • https://www.researchgate.net/publication/261768495_CHARACTERIZATION_AND_PHYSICOCHEMICAL_EVALUATION_OF_AN_HERBAL_ANTI-ACNE_CREAM
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait