3-12 bulan

3-12 BULAN
27 Januari 2020

4 Kriteria Sampo Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

Tentunya pilih sampo dengan bahan yang aman digunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebagai ibu baru, Moms mungkin belum mengetahui seberapa sering bayi perlu keramas. Tidak seperti orang dewasa, rambut bayi ternyata juga tidak perlu dicuci setiap hari.

"Orang tua harus mencuci rambut bayi 2-3 kali seminggu," jelas spesialis perawat klinis Christi Schernecke dari Saint Joseph Hospital di Denver, Colorado, mengutip Romper.

Menurut Indian Journal of Dermatology, sampo tidak hanya membersihkan kulit kepala dan rambut, tetapi juga berfungsi untuk merawat dan memperindah rambut dan membantu mengatasi berbagai masalah kulit kepala.

Sampo Terbaik untuk Bayi

Lalu, seperti apa kriteria sampo terbaik untuk bayi? Berikut ini daftarnya.

1. Memiliki pH Netral dan Bebas Parfum

sampo bayi-ph netral

Foto: Orami Stock Photos

Faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah tingkat pH sampo bayi. Pastikan sampo yang digunakan tidak asam atau basa, dan pilih sampo dengan kandungan pH netral.

Selain itu, sampo bayi juga lebih baik bebas dari kandungan parfum yang dapat berisiko untuk kulit Si Kecil.

"Cari produk yang tidak beraroma untuk menghindari masalah alergi atau eksim. Jika Anda suka aroma ringan, pilih produk beraroma alami dengan minyak esensial, daripada komponen kimia," saran Katherine McMakin-Scoleri, Ahli Kesehatan & Kebugaran, mengutip The Tot.

Baca Juga: Ini Penyebab Rambut Rontok pada Bayi, Yuk Ketahui!

2. Tidak Ada Kandungan Alkohol

sampo bayi-bebas bahan kimia

Foto: Orami Stock Photos

Selanjutnya, cek kembali dan pastikan sampo yang digunakan bebas alkohol sebelum dibeli.

Alkohol dapat membuat kulit bayi yang sensitif menjadi cepat kering, dan dapat menyebabkan kondisi pada kulitnya.

Selain itu, karena kulit bayi belum sepenuhnya berkembang untuk beradaptasi dengan lingkungan, maka pilih sampo bayi yang tidak mengandung alkohol atau setidaknya persentase alkoholnya kecil.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Bayi

3. Bebas Bahan Kimia

sampo bayi-bebas alkohol

Foto: Orami Stock Photos

Mengutip Stanford Children's Health, kulit bayi baru lahir itu lembut. Karena itu, perawatan kulit yang tepat dan termasuk produk mandi dapat membantu menjaga kesehatan dan tekstur kulit bayi.

Tentunya, lebih baik jika memilih sampo bayi yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Sudah ada banyak pilihan sampo bebas bahan kimia dan hanya menggunakan bahan-bahan alami.

Selain itu, pilih sampo bayi dengan formula "tidak ada air mata”. Sampo dengan formula ini cenderung aman digunakan Si Kecil ketika mandi. Menjadikan kegiatan mandinya lebih menyenangkan.

Baca Juga: Phenoxyethanol pada Skincare, Pengganti Paraben yang Aman untuk Kulit Bayi

4. Perhatikan Jenis dan Kebutuhan Kulit Bayi

sampo bayi-perhatikan jenis kulit bayi

Foto: Orami Stock Photos

Kriteria sampo bayi yang perlu diperhatikan jika ingin membeli sampo adalah memerhatikan kondisi kulit Si Kecil. Bayi baru lahir memiliki kulit yang paling sehat dan tanpa cacat.

Untuk menjaga kesehatan kulitnya, pilih produk skincare bayi terbaik dari bahan-bahan alami, termasuk juga sampo yang hendak ia gunakan.

Namun, bila bayi memiliki kulit kering atau kondisi eksim, maka Moms harus memiliki produk yang dapat melembapkan kulit kepalanya, seperti emolien atau salep pelembap.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait