Rupa-rupa

RUPA-RUPA
21 Oktober 2020

Sangat Bermanfaat, 15 Aplikasi Ibu Hamil Ini Wajib Diunduh!

Hanya lewat ponsel, semua informasi seputar kehamilan ada di genggaman.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Moms zaman now patut bersyukur dengan segala kemudahan teknologi yang ada saat ini. Segala informasi yang Moms butuhkan bisa tersedia dengan sangat instan hanya lewat sentuhan jari di ponsel, termasuk informasi seputar kehamilan.

Terlebih saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi khusus kehamilan, yang tak hanya menyediakan berbagai informasi berguna seputar kehamilan, tapi juga perhitungan perkiraan tanggal lahir, hingga konsultasi online. Jadi, Moms bisa membukanya dengan praktis, kapanpun dan dimanapun hanya dengan sekali klik.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Terduga

Meskipun tidak bisa menggantikan peran konsultasi dengan dokter kandungan, nyatanya aplikasi-aplikasi ini cukup bermanfaat untuk melacak perkembangan si janin dalam kandungan lho.

Moms jadi bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan juga bermanfaat hanya dengan internet dan ponsel.

Aplikasi untuk Ibu Hamil

Nah, buat Moms yang mengaku kekinian, wajib coba aplikasi ibu hamil berikut, yang membantu Moms menjalani kehamilan dengan lebih tenang dan mudah dilalui!

1. Ovia Pregnancy Tracker

berguna banget, 5 aplikasi ini wajib diunduh ibu hamil ovia pregnancy tracker

Foto: sparrowbaby.com

Di aplikasi ini tersedia lebih dari 2.000 artikel seputar tips kesehatan dan informasi kehamilan.

Selain itu, Moms juga bisa melihat ilustrasi ukuran tangan dan kaki Si Kecil dari hari ke hari. Tersedia juga kalender untuk mencatat setiap perkembangan kehamilan.

Dan supaya hasil foto USG kehamilan tidak tercecer, Moms bisa menyimpannya di sini. Tersedia juga forum diskusi dengan para wanita hamil lainnya.

2. Pregnancy Tracker

berguna banget, 5 aplikasi ini wajib diunduh ibu hamil pregnancy tracker

Foto: sparrowbaby.com

Aplikasi Pregnancy Tracker ini sudah diverifikasi oleh BabyCenter Medical Advisory Board yang berisi para ahli dan dokter kandungan terpercaya.

Di sini Moms bisa memantau perkembangan janin mulai dari berat janin, jumlah tendangan, dan ukuran janin.

Ketika tiba waktu melahirkan, aplikasi ibu hamil ini akan secara otomatis berubah menjadi layaknya diary bagi Moms, di mana Moms bisa memantau dan mencatat perkembangan bayi hingga setahun ke depan.

Plus, berbagai informasi mengenai bagaimana cara merawat bayi baru lahir.

3. I’m Expecting

aplikasi ibu hamil

Foto: nakita.grid.id

Untuk Moms yang baru pertama kali hamil, aplikasi ibu hamil satu ini akan sangat membantu, karena mereka bisa memberitahukan hal-hal yang sedang dialami janin di dalam kandungan kita.

Baca Juga: Benarkah Perempuan Jadi Mudah Baper Saat Hamil?

Misalnya sudah seberapa besar usia janin di usia 15 minggu, tentunya dengan penjelasan yang mudah kita pahami dan bayangkan, yaitu ukuran buah.

Lalu Moms juga bisa mendapatkan berbagai tips yang sangat bermanfaat untuk bisa menjalani kehamilan dengan baik dan sehat.

4. Pregnancy +

berguna banget, 5 aplikasi ini wajib diunduh ibu hamil pregnancy plus

Foto: sparrowbaby.com

Aplikasi ibu hamil Pregnancy+ dilengkapi dengan informasi kehamilan harian layaknya buku harian pribadi Moms.

Ada fitur di mana Moms bisa mencatat informasi kenaikan berat badan janin setiap kali Moms melakukan kunjungan ke dokter.

Tak hanya itu, adapula penghitung tendangan, penghitung waktu kontraksi, daftar belanja bayi, rekomendasi nama bayi, dan banyak lagi.

Dan, aplikasi ini juga bisa dipersonalisasi untuk digunakan oleh Dads, kakek-nenek, dan anggota keluarga lainnya, lho.

5. Pregnancy Excercise

aplikasi ibu hamil

Foto: play.google.com

Pregnancy Excerise bisa Moms temukan di ponsel Android. Sedangkan untuk iOS, aplikasi ibu hamil ini bernama Pregnancy Workout.

Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan petunjuk untuk melakukan olahraga bagi ibu hamil.

Berbagai jenis latihan seperti Pilates, Yoga, dan latihan lain untuk menguatkan otot yang bisa diikuti.

Nah, untuk Moms yang ingin tetap aktif bergerak selama kehamilan, aplikasi ini cocok banget dijadikan sebagai teman olahraga.

Tentunya olahraga yang diajarkan pun yang aman untuk ibu hamil, jadi Moms nggak perlu pusing lagi. Selain itu, juga bisa mempermudah Moms saat proses persalinan nanti karena aktif olahraga selama hamil.

6. 50.000 Baby Names

berguna banget, 5 aplikasi ini wajib diunduh ibu hamil 50000 baby name

Foto: thedroidguy.com

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk Moms dan Dads yang masih bingung ingin menamai bayinya.

Meski mungkin tidak akan cocok untuk Moms dan Dads yang lebih menginginkan nama bayi khas Indonesia, setidaknya aplikasi yang memiliki koleksi hingga 50.000 nama ini bisa memberi inspirasi.

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

7. Teman Bumil

aplikasi ibu hamil

Foto: nakita.grid.id

Sesuai namanya, aplikasi Teman Bumil ini memang dikhususkan untuk para ibu hamil di Indonesia. Oleh karena itu, konten-konten di dalamnya pun menyesuaikan dengan kondisi dan budaya di Indonesia.

Ada beragam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ibu hamil ini, seperti:

  • Checklist: ibu hamil akan diberikan list apa saja yang harus dikerjakan atau dilakukan selama hamil.
  • Agenda: beberapa ibu hamil mungkin mengeluh karena menjadi pelupa selama hamil, yang biasa kita sebut sebagai pregnancy brain. Nah, aplikasi Teman Bumil akan menjadi asisten pribadi ibu hamil yang akan mengirimkan pengingat-pengingat bagi Moms.
  • Janin 360: fitur ini akan memberitahukan kepada kita bagaimana perkembangan janin dalam kandungan.
  • Record mum & janin: setiap kali melakukan konsultasi kehamilan, Moms bisa masukkan data berat dan panjang janin, serta detak jantungnya, sehingga kita dapat melihat grafik perkembangan janin. Selain itu, kita juga dapat memantau kesehatan ibu hamil tiap bulannya, dengan memasukkan tekanan darah dan kenaikan berat badan ibu hamil tersebut.
  • Album: untuk mengabadikan momen mengandung si ibu hamil, simpan foto dan kenangan (termasuk foto USG) ke dalam album ini.
  • Artikel: ibu hamil juga dapat membaca artikel-artikel yang memuat informasi tentang kehamilannya.
  • Tips: berbagai tips untuk ibu hamil yang diberikan tiap minggu.

8. BabyCenter My Pregnancy

aplikasi untuk ibu hamil

Foto: babycenter.com

Saat sedang hamil, hal yang akan rutin Moms lakukan tentu adalah memeriksa kehamilan setiap hari. Nah, aplikasi ini dapat membantu Moms untuk memberikan panduan dalam mengecek kehamilan kita.

Di dalam aplikasi ini terdapat pemberitahuan tentang perkembangan bayi Moms, info tentang makanan yang baik untuk ibu hamil, dan berbagai tips seputar kehamilan yang tak ada habisnya.

Aplikasi ini bagaikan memiliki kelas untuk ibu hamil yang dapat Moms dapatkan secara online dan yang paling penting, aplikasi ini gratis lho!

9. Pregnancy Week By Week - Amila

aplikasi untuk ibu hamil

Foto: apps.apple.com

Pregnancy Week By Week - Amila ini merupakan salah satu aplikasi ibu hamil yang memiliki rating tinggi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan memberikan Moms informasi mengenai perkembangan janin di dalam kandungan dari minggu ke minggu. Selain itu ada fitur kalender pula untuk mengecek segala keperluan pertumbuhan bayi.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Disewa Saja, Lebih Hemat!

Aplikasi ini akan memberikan kenyamanan bagi Ibu dengan pop iklan minim dan tidak adanya keharusan untuk mengikuti komunitas. Jadi Moms bisa bebas menggunakan.

10. Hello Belly: Pregnancy Tracker

aplikasi untuk kehamilan

Foto: apps.apple.com

Jika Moms mencari aplikasi ibu hamil dengan tampilan visual yang menarik, maka Hello Belly: Pregnancy Tracker ini wajib diunduh. Ini adalah salah satu aplikasi dengan tampilan bagus, yang memungkinkan Ibu untuk mendapatkan tips kehamilan dan disertai ilustrasi-ilustrasi manis.

Pelacak perkembangan bayi dan janin juga disertai dengan gambar-gambar yang manis dan menarik dan memuaskan hasrat visual Ibu tentang rupa si bayi di dalam perut.

11. Baby Names

aplikasi untuk nama bayi

Foto: play.google.com

Di trimester terakhir menjelang persalinan, pasti Moms dan Dads disibukkan dengan kegiatan yang seru, yaitu mencari nama bayi. Satu lagi aplikasi untuk membantu menentukan nama bayi yang bisa Moms unduh adalah Baby Names.

Aplikasi Baby Names akan membantu Moms mencaari nama terbaik untuk bayi yang lahir nantinya. Terdapat lebih dari 30.000 nama bayi di sini, saat masuk bulan ke-9, Moms dapat menarik nama terbaik yang pas buat anak Mama.

12. My Baby's Beat

aplikasi ibu hamil untuk cek detak jantung bayi

Foto: cyberimg.com

Meski keakrutannya tak 100% sama seperti saat Moms melakukan kontrol kehamilan di dokter kandungan, namun aplikasi ini bisa membantu Moms untuk mendengar detak jantung bayi lho.

Kita bisa menggunakan iPhone atau iPad, lalu pasang headset Moms untuk mendengarkan suara detak jantung bayi di dalam perut. Cara ini akan membuat Moms merasa semakin dekat si buah hati meskipun belum lahir.

Yang paling terbaik, Moms dapat merekam dan berbagi suara detak jantung bayi kita dengan siapapun melalui email, Facebook, atau WhatsApp. Jadi bisa dibagikan untuk keluarga atau mertua juga Moms.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Aneh tapi Umum

13. BukuBumil

aplikasi buku bumil

Foto: play.google.com

Aplikasi buatan pengembang Indonesia ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satunya adalah “Perkembangan janin minggu ini”. Fitur ini berisikan informasi tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu dan hal-hal yang harus diwaspadai ibu hamil setiap trimester.

Di aplikasi ibu hamil ini, calon ibu juga bisa mendengarkan musik klasik sebagai relaksasi sekaligus membantu perkembangan otak bayi. Beberapa fitur menarik lainnya adalah:

  • Quran: bagi Moms yang beragama Islam, bisa mengaktifkan sebuah mode bernama “Islamic Mode”. Nantinya bakal ada bacaan surat Al-Quran yang direkomendasikan selama masa kehamilan.
  • Tips kehamilan: kumpuan artikel mengenai panduan makanan bagi ibu hamil, informasi dan cara mengatasi keluhan selama masa kehamilan, persiapan persalinan, dan ibu hamil dalam Islam.
  • Kalkulator berat badan: monitor kenaikan berat badan selama masa kehamilan. Mari capai berat badan ideal selama masa kehamilan.

14. CineMama

aplikasi cinemama untuk ibu hamil

Foto: photobucket.com

CineMama adalah aplikasi yang membantu Moms untuk bisa memotret perkembangan baby bump Moms selama kehamilan. Aplikasi ini bisa mengabadikan foto perkembangan perut kita saat hamil, yang kemudian bisa kita berikan untuk anak saat ia tumbuh dewasa kelak. Kado yang manis dan unik kan.

Jika tertarik, Moms dapat segera mengunduh aplikasi ini. Selain itu, Moms juga dapat mengubah foto menjadi video dengan soundtrack kesukaan Moms lho.

15. Aplikasi Orami Parenting

aplikasi ibu hamil

Foto: apps.apple.com

Ada satu lagi aplikasi yang tidak boleh dilewatkan tentunya, yaitu aplikasi Orami Parenting.

Aplikasi yang berbasis komunitas ini memiliki ragam fitur di mana Moms dapat berdiskusi dan bertemu dengan ibu lainnya dengan minat, kebutuhan, dan tantangan yang sama secara online.

Baca Juga: 3 Tips Meningkatkan Berat Badan Janin dalam Kandungan

Saat ini, sudah ada puluhan ribu Moms yang menjadi anggota Orami Community dan tersebar di 75 kota di Indonesia.

Grup ini terbagi dalam beberapa kategori seperti: Toddler Moms, Newborn Moms, Mompreneurs, Working Moms, Pregnant Moms, Trying to Conceive Moms, Moms with Special Needs Kids, Single Moms, dll.

Tak hanya itu, Moms juga memiliki akses untuk mengikuti kelas konsultasi gratis dan berinteraksi langsung dengan para ahli terkait isu parenting yang sedang dihadapi. Selain itu, ada juga ragam artikel terkait parenting yang terpercaya.

Moms bisa mendapatkan aplikasi Orami Parenting, dengan mengunduh langsung secara gratis di Google Play dan App Store. Tunggu apalagi Moms? Segera download ya untuk mendapatkan beragam manfaatnya.

Nah, sudah mengunduh salah satu aplikasi ibu hamil di atas, Moms?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait