Kehamilan

12 Mei 2020

Sebabkan Sulit Hamil, Apa Itu Antibodi Antisperma?

Antibodi yang bisa merusak sperma
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sistem kekebalan tubuh manusia umumnya menghasilkan antibodi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri maupun virus.

Namun, bagaimana jadinya jika antibodi yang diciptakan justru menyerang sperma atau yang dikenal dengan antibodi antisperma?

Salah satu yang sering disebut-sebut dapat menyebabkan sulit hamil.

Apa Itu Antibodi Antisperma?

Sebabkan Sulit Hamil, Apa Itu Antibodi Antisperma? 1

Foto: pexels.com

Seperti namanya, WebMD menjelaskan bahwa antibodi antisperma ini adalah antibodi yang menyerang atau melawan sperma. Hal itu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menganggap sperma dalam air mani pria sebagai penyerang atau musuh, kemudian merusak dan membunuhnya.

Antibodi antisperma ini dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun bukanlah sesuatu yang umum terjadi. Meskipun jarang, kondisi ini juga merupakan salah satu penyebab infertilitas yang tidak diketahui dan sulit hamil.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Apa Penyebab Antibodi Antisperma?

Sebabkan Sulit Hamil, Apa Itu Antibodi Antisperma? 2

Foto: pexels.com

“Dengan trauma atau pembedahan, tubuh kemudian menganggap sperma yang dipandang sebagai ‘protein asing’ sehingga tubuh menciptakan respons imun, yaitu antibodi. Vasektomi adalah penyebab umum pembentukan antibodi antisperma pada pria, seperti halnya trauma testis, pembedahan atau cedera,” jelas Sheldon Marks, MD., spesialis bedah mikro di Arizona, melalui dadsagain.com.

Sementara menurut Baby Med, penyebab antibodi antisperma pada wanita masih belum diketahui secara jelas. Selain itu, pemeriksaan dan identifikasi jenis antibodi (IgA, IgG, dan IgM) atau lokasi di mana antibodi antisperma menempel pada sel sperma tidak banyak menunjukkan mengenai pengaruhnya terhadap peluang hamil seorang wanita.

Baca Juga: Waspada Diabetes Sebabkan Sulit Hamil!

Bagaimana Antibodi Antisperma Memengaruhi Peluang Hamil?

Sebabkan Sulit Hamil, Apa Itu Antibodi Antisperma? 3

Foto: pexels.com

Mengutip New York Fertility Services, setelah terbentuk, antibodi antisperma kemungkinan dapat memengaruhi peluang hamil seseorang melalui banyak cara seperti diantaranya:

  • Mencegah sperma menempel pada sel telur
  • Menghentikan sperma agar tidak bergerak secara normal
  • Membuat sperma tidak dapat melewati lendir serviks
  • Membuat sperma menggumpal
  • Menandai sperma sebagai sasaran untuk diserang oleh sel Natural killer (NK), atau
  • Menghalangi kemampuan sperma untuk melekat pada zona pelusida telur

Baca Juga: Benarkah Seks Tiap Hari Bikin Sperma Lebih Sehat?

Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi pada semua pasangan dengan kondisi ini. Bahkan tidak sedikit pasangan dengan antibodi antisperma yang tidak bermasalah dengan kemampuan untuk hamil.

Kondisi ini juga diketahui tidak menimbulkan masalah berarti pada pasangan yang menjalani program kehamilan dengan bantuan seperti IVF dan ICSI.

Di mana hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction dan MDPI Open Access Journal menemukan bahwa ASA tidak berkaitan dengan tingkat keberhasilan program IVF ataupun ICSI.

Oleh karena itu, para peneliti menganggap bahwa kedua program kehamilan dengan bantuan tersebut dapat menjadi pilihan tepat bagi pasangan yang sulit hamil akibat antibodi antisperma.

Baca Juga: Apakah Akan Sulit Melakukan Program Hamil Jika Sebelumnya Melakukan KB?

Nah, itulah berbagai penjelasan terkait antibodi antisperma. Pernahkah dokter menyinggung mengenai istilah ini ketika Moms berkonsultasi tentang program hamil?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait