Parenting

22 Juni 2021

10 Tips Jadi Single Mom Tangguh, Nomor 10 Sering Dilupakan!

Rutinitas dan komunikasi yang lancar ternyata sangat penting
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Menjadi single mom yang membesarkan anak seorang diri tentu tidak mudah dijalani, tapi bukan halangan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.

Si Kecil pastinya akan membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang sama. Di satu sisi, Moms perlu mencari uang agar biaya hidup terpenuhi. Ya, memang butuh tips dan trik serta kedisiplinan agar semuanya berjalan dengan lancar, Moms!

Menurut studi yang dilansir The European Society of Human Reproduction and Embryology, hubungan orang tua-anak dan perkembangan anak yang dibesarkan oleh orang tua tunggal bisa sama baiknya dengan anak yang dibesarkan oleh sepasang orang tua.

Tips Membesarkan Anak Seorang Diri sebagai Single Mom

Jika Moms adalah salah satu single mom, berbagai tips berikut layak dicoba untuk membantu membesarkan anak seorang diri.

1. Buat Rutinitas

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 1.jpg

Foto: monkeybizness.com

Tips pertama untuk merawat anak sebagai single mom adalah membuat rutinitas. Rutinitas membuat anak tahu hal apa saja yang penting bagi keluarga, menguatkan rasa aman dan kedekatan, juga membiasakan hidup teratur.

Fokuslah untuk membuat rutinitas untuk meringankan beban pekerjaan dan tugas rumah tangga yang harus Moms lakukan setiap hari, seperti persiapan Si Kecil berangkat sekolah atau berbagi tugas rumah tangga dengan anak sesuai usianya.

Di sela rutinitas, pastikan ada waktu luang khusus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama Si Kecil serta menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional Moms.

Dengan rutinitas yang baik, Moms dan buah hati memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat, berkomunikasi, dan mengurangi konflik.

Yang terpenting, rutinitas sebaiknya dibuat sambil diskusi dengan Si Kecil supaya ia merasa lebih bertanggung jawab untuk melakukannya.

Baca Juga: 3 Perjuangan yang Pasti Dirasakan oleh Single Moms

2. Jadwal Bisa Buat Anak Mengerti

single mom

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi single mom bukanlah sebuah hal yang mudah. Selain perlu memenuhi peran sebagai seseorang yang selalu ada untuk anak, Moms juga perlu mencari nafkah agar kebutuhan Si Kecil dan diri sendiri terpenuhi. Karenanya, cobalah untuk membuat jadwal yang terstruktur.

Jadwal yang struktur akan mempermudah Moms dalam beraktivitas. Meski demikian, terkadang untuk menyesuaikan diri dengan perencanaan memang butuh kekuatan dan kepatuhan yang sangat ekstra.

Jangan menyerah ya, Moms! Dengan menerapkan jadwal yang terstruktur setiap harinya, Si Kecil akan mengerti hal apa yang bisa ia harapkan dari Moms. Ia pun akan mengerti bahwa setiap hari akan ada waktu di mana Moms perlu meninggalkannya untuk bekerja. Meski demikian, Si Kecil pun bisa menyadari bahwa Moms pun akan memiliki waktu untuknya.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Sakit Telinga pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

3. Jadi Fleksibel Juga Dibutuhkan

single mom

Foto: Orami Photo Stock

Meski sangat penting untuk membuat rutinitas dan membuat segalanya sesuai dengan jadwal, namun ada kalanya hal terjadi di luar rencana. Sebagai single mom, sangat penting untuk tidak stres karena hal tak terduga bisa terjadi kapan saja.

Ketika Si Kecil sakit dan harus untuk istirahat di rumah atau babysitter sakit sehingga tidak bisa mengurus Si Kecil, Moms perlu fleksibilitas untuk mengganti jadwal.

Meski demikian, hal yang paling penting adalah jangan sampai hal yang di luar perhitungan malah bikin Moms stres dan bikin mood hancur seharian, ya!

4. Tetapkan Batasan dan Aturan

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 2.jpeg

Foto: huffingtonpost.es

Batasan dan aturan bukan dibuat untuk mengekang, tapi penting untuk membantu membentuk perilaku anak dan memandunya mengambil keputusan yang positif.

Moms bisa berdiskusi dengan Si Kecil untuk membentuk batasan dan aturan yang sederhana dan positif, misalnya tidak boleh berbicara kasar, bersikap saling menghargai, selalu jujur, selalu minta izin sebelum pergi ke luar rumah, dan semacamnya.

Batasan dan aturan bisa terus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak, tapi pastikan Si Kecil selalu diajak berdiskusi dan diberi tahu alasan dibaliknya ya, Moms.

5. Berikan Pujian dan Perhatian

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 3.jpg

Foto: freepik.com

Moms pasti sudah cukup sibuk dengan pekerjaan dan urusan rumah tangga, tapi pastikan selalu ada waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama Si Kecil.

Percayalah Moms, pujian, perhatian, dan kasih sayang dari Moms saat menghabiskan waktu bersama akan membuat hubungan semakin erat, meningkatkan rasa percaya diri anak, melancarkan komunikasi, juga menambah kenangan masa kecil yang manis untuk diingat sampai ia besar nanti.

Baca Juga: Single Mom Saat Hamil? Ikuti 5 Tips Berikut

6. Jaga Kelancaran Komunikasi

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 4.jpg

Foto: freepik.com

Kesibukan sebagai orang tua tunggal memang seringkali membuat komunikasi dengan anak menjadi terhambat, sehingga timbul kesalahpahaman yang membuat anak merasa tidak dimengerti.

Padahal, komunikasi yang lancar sangat penting untuk menjaga keeratan hubungan Moms dan buah hati, menumbuhkan rasa saling percaya, menanamkan prinsip dan nilai keluarga, juga mendisiplinkan sekaligus memotivasi Si Kecil.

Sebuah panduan dari University of Florida memberikan tips untuk menjaga kelancaran komunikasi antara orang tua tunggal dengan anak, yaitu:

  • Mendengarkan anak dengan penuh perhatian tanpa teralihkan perhatian.
  • Jaga kontak mata saat berbicara atau memberi instruksi.
  • Kenali dan akui perasaan anak saat berkomunikasi.
  • Saling menghargai. Artinya selalu berpikir sebelum menghakimi atau berkomentar, terbuka dengan pendapat anak, juga mau memahami sudut pandang anak.
  • Tidak memaksakan saran, tapi mendorongnya untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah.
  • Hindari ucapan negatif, termasuk ungkapan kasar, melabeli, atau menyepelekan.

7. Jangan Segan Minta Bantuan

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 5.jpg

Foto: freepik.com

Hal ini sering kali dilupakan oleh para single mom. Berusaha mandiri membesarkan anak seorang diri memang baik, tapi jangan segan meminta bantuan dari orang terdekat jika memang diperlukan.

Bukan hanya untuk menjaga Si Kecil, tapi juga saat perlu bertukar pikiran, meminta saran, ataupun berbagi pengalaman.

Di sisi lain anak juga bisa mendapat banyak manfaat dari interaksi dengan orang dewasa lain yang bisa dipercaya selain Moms, seperti membuka wawasan, mengenalkan pada aktivitas baru, atau memberikan bimbingan dan semangat secara umum.

Baca Juga: 3 Cara Menjelaskan Tentang Perceraian Orang Tua Kepada Balita

Akan selalu ada tantangan dalam membesarkan anak seorang diri, tapi dengan menjaga kelancaran komunikasi dan hubungan erat dengan Si Kecil maupun lingkaran pendukung akan membantu meringankan semua urusan.

Jika memang tidak ada orang terdekat yang bisa diminta bantuan, Moms juga bisa mencarikan day care terbaik untuk Si Kecil lho!

Carilah pengasuh atau penitipan anak yang memenuhi syarat dan berada di lingkungan aman. Jangan mengandalkan anak yang lebih besar sebagai satu-satunya pengasuh bayi.

Selain itu, sebagai tips menjadi single mom, berhati-hatilah untuk meminta teman atau pasangan baru untuk mengawasi anak. Buat aturan jika memang diperlukan.

8. Belajar untuk Berkata Tidak

single mom

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai single mom pastinya 24 jam serasa tidak cukup. Waktu yang terbatas membuat para single mom harus paham bahwa tidak semua hal bisa menjadi prioritas.

Cobalah belajar untuk berkata tidak pada sesuatu, Moms. Moms tidak perlu harus menerima semua undangan ulang tahun yang diberikan oleh orang tua dari teman Si Kecil.

Meminimalisir aktivitas untuk melakukan hal yang menyenangkan bagi diri sendiri dan Si Kecil bisa menambah kualitas hubungan lho!

9. Tetap Positif

single mom

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi single mom, tidak apa-apa untuk jujur ​​dengan anak jika Moms atau Dads mengalami kesulitan dalam merawat anak, tetapi ingatkan dia bahwa semuanya akan menjadi lebih baik.

Beri anak tingkatan tanggung jawab yang sesuai usia, daripada mengharapkannya untuk dapat berperilaku seperti "orang dewasa yang kecil."

Dalam Journal of Social Sciences, mayoritas ibu tunggal melaporkan bahwa mereka merasa kesepian, tidak berdaya, putus asa, kurang identitas dan kurang percaya diri.

Namun, dengan menunjukkan cinta dan rasa hormat pada anak, berbicara jujur ​​dan tetap positif, Moms atau Dads dapat mengurangi stres dan membantu anak untuk berkembang, dan bisa menjadi single mom yang baik.

10. Jangan Lupa Merawat Diri Sendiri

single mom

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi single mom bukan berarti Moms harus melupakan diri sendiri demi membuat Si Kecil mendapatkan apa yang ia butuhkan. Moms juga perlu memahami bahwa kebahagiaan Moms pun sangat penting agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Jika Moms selalu dilanda stres dan tak mendapatkan kebahagiaan yang diperlukan, tentu saja akan ada kendala untuk membahagiakan orang lain. Karena ketika kita tidak bahagia, kita takkan bisa membahagiakan orang yang berada di sekitar kita.

Ya, merawat diri sendiri kerap menjadi hal yang dilupakan oleh para single mom. Karena tak bisa dipungkiri bahwa ketika memiliki anak, mereka akan selalu berada di puncak prioritas.

Namun, jangan lupa untuk merawat diri seperti makan makanan sehat, mendapatkan tidur yang cukup, serta olahraga yang teratur ya, Moms! Moms juga bisa melakukan aktivitas yang disukai atau menjalankan hobi agar tetap bahagia.

Jangan lupa untuk sesekali menghabiskan waktu bersama dengan teman untuk melegakan pikiran.

Nah, itu dia 8 tips penting yang perlu dilakukan oleh para single mom. Meski perlu untuk melaksanakan kewajiban sebagai orang tua, jangan lupa untuk membahagiakan diri sendiri ya, Moms!

  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09718923.2009.11892771
  • https://ufdcimages.uflib.ufl.edu/IR/00/00/25/50/00001/HE34100.pdf
  • https://www.eurekalert.org/pub_releases/2017-07/esoh-cis062817.php
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait