Parenting

3 April 2021

19 Fakta Anak Pertama yang Belum Banyak Diketahui

Salah satunya yakni dapat hidup mandiri dan pekerja keras
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Anak adalah anugerah Tuhan. Setiap anak tentunya memiliki sifat dan keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan fakta anak pertama, anak tengah, dan anak bungsu, bahkan anak tunggal, mereka memiliki keunikan masing-masing.

Menurut Study National Academy of Sciences, seorang ahli bernama Alfred Adler bagaimana seorang anak dapat mempengaruhi sebuah keluarga. Teori ini juga menjelaskan bagaimana urutan kelahiran dan jenis kelamin saling mempengaruhi psikologis seseorang.

Singkatnya, ia berpendapat bahwa anak pertama perhatiannya "diambil" oleh anak kedua, yang secara permanen mempengaruhi kepribadian anak pertama.

Fakta Anak Pertama yang Perlu Diketahui

fakta anak pertama

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, anak-anak yang lebih muda dimanjakan dan lebih tua dapat bisa menjadi manja, yang secara permanen juga mempengaruhi kepribadian mereka di kemudian hari.

Bicara soal fakta anak pertama, biasanya dikaitkan dengan sifat kepemimpinan. Melansir Bustle.com, “Fakta anak pertama identik dengan sifat kepemimpinan dan kepribadian yang kuat,” tutur Dr. Seda Gragossian, seorang psikolog.

Fakta anak pertama biasanya lebih cerdas, dan berani dalam mengambil keputusan serta kendali. Anak pertama jika mempunyai adik, biasa mengasuh dan merawat orang lain ketika membutuhkan.

Baca Juga: Gaya Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak Anda

Dr. Seda menambahkan, “Tumbuh dengan adik satu atau lebih, berarti anak pertama telah menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama saudara mereka. Anak pertama dapat memberikan kenyamanan, perlindungan dan bantuan kepada adik-adiknya."

Yuk cek fakta anak pertama lainnya, Moms.

1. Berjuang untuk Pendidikan

Tak hanya itu, fakta anak pertama lainnya, mereka bekerja ekstra untuk sebuah pendidikan.

Ketika para peneliti di Institut Riset Sosial dan Ekonomi Universitas Essex mensurvei 3.553 individu (1.503 kelompok saudara kandung), mereka menemukan bahwa anak tertua dalam keluarga memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk kuliah dibandingkan dengan adik mereka.

2. Ditakdirkan untuk Belajar

Fakta anak pertama selanjutnya, mereka terlahir untuk belajar. Apakah anak sulung Moms tahu segalanya? Bisa jadi karena urutan kelahiran mereka.

Anak sulung benar-benar dilahirkan untuk belajar, menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality.

Para peneliti di Universitas Ghent Belgia menemukan bahwa urutan kelahiran benar-benar memengaruhi tujuan hidup seorang anak.

Anak tertua, menurut mereka, ingin "menguasai" atau "belajar", sedangkan anak kedua cenderung ingin "menang". Ini tentu berjalan seiring dengan nomor satu, bukan?

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak sulung (dan hanya anak-anak) cenderung memilih karier yang lebih berorientasi akademis dibandingkan dengan adik mereka.

3. Berisiko Terkena Diabetes

Fakta anak pertama lainnya, sebuah studi di Selandia Baru dan diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism Endocrine Society menyatakan bahwa anak-anak yang lahir pertama kali memiliki kesulitan lebih besar untuk menyerap gula ke dalam tubuh dan tekanan darah siang hari yang lebih tinggi daripada anak-anak yang lahir belakangan dalam urutan kelahiran.

4. Lebih Kurus

Studi yang sama yang menemukan fakta anak pertama berisiko terkena diabetes juga menemukan anak sulung cenderung lebih tinggi dan lebih ramping daripada adik mereka.

Mengapa? Para ilmuwan mengira itu tergantung pada rahim ibu - yang berubah setelah kehamilan pertamanya.

5. Terkadang Lebih Kreatif

Masih memperdebatkan perbedaan usia antara anak-anak Moms? Ini mungkin bisa membuat keputusan kita.

Ketika para ilmuwan di Universitas Washington di St. Louis mempelajari saudara kandung, mereka menemukan bahwa fakta anak pertama cenderung lebih kreatif daripada anak yang lahir nanti jika mereka memiliki adik dari lawan jenis atau jika adik mereka adalah kurang dari tiga tahun lebih muda.

Tidak mengherankan, perbedaan usia yang besar cenderung mendorong anak-anak tertua menjadi peran pengganti orang tua, sementara perbedaan usia yang lebih kecil memungkinkan lebih banyak waktu bermain dan dengan demikian lebih banyak kreativitas.

Nah, karena sifat ini anak pertama cukup unik. Namun terdapat perbedaan pada fakta anak pertama laki-laki dan perempuan, lho!

Penasaran? Yuk kita lihat langsung perbedaan fakta anak pertama laki-laki dan perempuan.

Fakta Anak Pertama Laki-laki

Fakta anak pertama laki laki

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya, anak laki-laki lebih senang mengekspresikan dirinya melalui gerakan dan senang dengan benda-benda bergerak. Sehingga penelitian menyatakan bahwa anak laki-laki lebih cepat dalam mengalami pertumbuhan dibandingkan perempuan. Kononnya, anak pertama cowok juga sulit mengungkapkan ekspresi di depan keluarga

Cek fakta anak pertama laki-laki berikut ini.

6. Pemimpin Alami

Fakta anak pertama laki-laki yang pertama adalah mereka merupakan pemimpin alami. Anak pertama terlahir sebagai pemimpin alami, hakikatnya seluruh perhatian pertama kali diberikan olehnya tanpa terbagi.

Sehingga, ketika ia memiliki adik secara langsung mengambil peran dan tentunya yang akan dituakan di antara saudara kandungnya ketika dewasa kelak. Mereka akan lebih bertanggung jawab karena merasa harus dijadikan contoh untuk adik-adiknya.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengobati Bell's Palsy pada Anak

7. Mandiri

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah mereka anak yang mandiri. Anak pertama cenderung tidak memiliki masalah mengatur dirinya sendiri. Anak pertama cowok terbiasa tumbuh dengan sendiri.

Saat ada adik, maka perhatian orang tua terbagi. Sehingga anak pertama mandiri dalam bermain sendiri dan menghabiskan waktu. Intinya anak pertama laki-laki lebih banyak belajar terbiasa dengan perhatian yang terbagi sampai ia menjadi mandiri.

8. Pekerja Keras dan Mudah Stres

Fakta anak pertama kemudian adalah mereka pekerja keras dan mudah stres. Pada umumnya anak pertama fokus pada prestasi karena mereka cenderung lebih ingin mendapat pujian dan mencuri perhatian orang tua dan keluarganya.

Sehingga mereka terus bekerja keras untuk mencapai prestasi atau mencapai prestasi kerja di kemudian hari. Tak sedikit juga, anak pertama menjadi tulang punggung keluarga saat mereka tumbuh dewasa.

Anak pertama, terlebih anak cowok juga lebih mudah stres karena selain sifatnya yang pekerja keras, mereka cenderung memikirkan banyak hal tentang keluarganya.

Baca Juga: 4 Gejala Autisme yang Bisa Dideteksi Dengan Cepat

9. Memegang Kendali

Fakta anak pertama yang berikutnya adalah mereka memegang kendali. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan, bahwa anak pertama cowok lebih mudah untuk menyesuaikan diri.

Mereka cenderung memberontak dibandingkan anak-anak yang lahir kedua, memegang kendali atas segala sesuatu yang diinginkan, dan cenderung lebih suka berpetualang.

10. Menguasai Bahasa Kedua Lebih Baik

Fakta anak pertama lainnya adalah menguasai bahasa kedua dengan lebih baik. Dalam jurnal Frontiers in Psychology menyatakan, bahwa dalam keluarga bilingual, anak pertama justru menunjukkan kemampuan bahasa kedua yang lebih baik daripada saudara kandung mereka. Ini karena tingkat kecerdasan anak pertama biasanya lebih tinggi.

11. Memiliki Kepribadian yang Baik

Fakta anak pertama yang perlu Moms ketahui lagi adalah memiliki kepribadian yang baik. Mayoritas anak pertama memiliki kepribadian yang baik, hal ini dikarenakan mereka ingin menunjukkan sebagai anak terdahulu ia harus menjadi teladan bagi saudara-saudara kandungnya.

Saat tumbuh dewasa, mereka akan banyak mengalah, penuh perhatian, bahkan tak sedikit yang anak-anak sulung yang berkorban untuk keluarga terutama adik-adiknya.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Mengenai Growth Spurt Pada Bayi

12. Egois dan Kerasa Kepala

Fakta anak pertama laki-laki terakhir adalah mereka egois dan keras kepala. Menjadi yang terdahulu, seringkali membuat anak pertama ingin selalu diandalkan, sulit menerima masukan dengan pendirian yang ia punya.

Maka dari itu tak heran mereka cenderung egois dan keras kepala, apalagi dengan keputusan yang sudah dibuat. Eits tapi jangan salah lho dibalik sifat egois dan keras kepalanya mereka sangat perhatian dan peduli.

Fakta Anak Pertama Perempuan

fakta anak pertama perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Nah jika soal fakta anak perempuan atau cewek, biasanya kemampuan motorik anak perempuan lebih cepat, lho!

Ketika anak cewek sudah bisa makan mandiri dengan sendok di usia 2 tahun, anak laki-laki masih dalam tahap belajar. Namun hal ini tergantung pada kemampuan setiap anak ya Moms.

Yuk cek fakta anak pertama perempuan berikut ini.

13. Belajar Mandiri

Fakta anak pertama perempuan dituntut belajar mandiri. Apalagi jika orang tua telah mengalihkan perhatian ke anak kedua dan seterusnya, maka anak pertama cewek harus bisa sendiri ya.

Anak pertama terkenal mandiri dan cekatan dalam melakukan pekerjaan. Ia juga dapat melakukan pekerjaan tanpa bantuan orang lain, lho!

14. Andalan Keluarga

Walaupun perempuan, fakta anak pertama tetap menjadi andalan keluarga. Perbedaan gender laki-laki atau perempuan tidak saling mempengaruhi. Sifat mandiri, kepemimpinan anak pertama cewek juga menjadi perhatian dan andalan orang tua.

Ini juga untuk memberikan contoh yang baik kepada adik-adiknya. Anak pertama cewek tidak mudah menyerah dalam melakukan pekerjaan dan untuk menjaga nama baik di keluarga.

15. Cerewet

Fakta anak pertama perempuan dalam keluarga biasanya juga cukup cerewet. Ini karena mereka menjadi kakak untuk adik-adiknya. Mereka terbiasa memberikan nasihat untuk mengajarkan adiknya. Karena dari kecil telah terbiasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tua, nah sifat ini yang akan diteruskan untuk mengajarkan adik-adiknya.

Namun selain cerewet, anak cewek pertama juga memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, lho! Dia tahu apabila adik atau keluarganya sedang merasa tidak baik.

Baca Juga: Bingung Menghadapi Anak Pemarah? Ini Solusinya!

16. Sifat Keibuan yang Tinggi

Siapa sangka, mandirinya anak pertama cewek ternyata juga memiliki sifat keibuan, lho! Anak pertama cewek terbiasa untuk merawat adik-adiknya jika ada atau tidak ibu di rumah. Ia juga menggantikan peran ibu seperti memasak, mencuci baju, membersihkan rumah dan menjaga adik-adiknya.

Rutinitas ini yang menumbuhkan sifat keibuan pada anak pertama perempuan. Sifat keibuan yang tumbuh secara alami ini, nescaya akan menjadi seorang ibu yang baik di kemudian hari.

17. Pendengar yang Baik

Fakta anak pertama perempuan lainnya adalah seorang pendengar yang baik. Anak pertama sudah terbiasa menerima curhatan atau cerita dari orang-orang di sekitarnya.

Seperti dengar curhatan adik, ibu, teman dan saudara. Ini karena anak pertama dapat dipercaya dan memberikan nasihat yang baik. Ia juga dikenal memiliki banyak teman, lho!

Sifat suka membantu dan mendengarkan ini menjadi salah satu keistimewaan fakta anak perempuan.

18. Suka Mengalah

Dalam menjaga keutuhan keluarga dan hubungan dengan adik, biasanya anak pertama cewek suka mengalah, lho! Ini untuk menjaga perselisihan dalam keluarga. Anak pertama cewek sudah terbiasa dalam mengalah dan menerima keadaan.

Ia juga dilatih untuk menjaga emosional dan tidak mengungkapkannya. Hal ini agar keharmonisan antar adik dan kehangatan di keluarga tetap ada.

19. Cenderung Melankolis

Ternyata, kuatnya seorang anak pertama cewek, juga ada sisi emosionalnya. Anak pertama cewek cenderung melankolis apabila sedang ada masalah. Hati yang lembut membuat tindakan atau ucapan sensitif cukup membuat anak pertama cewek mudah teriris.

Biasanya, mereka mengembalikan mood-nya dengan jalan-jalan, curhat, atau bermain dengan teman. Tenang saja, mereka juga pemaaf, lho!

Baca Juga: Program Hamil Anak Kedua, Ini Hal yang Harus Moms Pertimbangkan

Nah, pengelompokan sifat dan fakta unik ini juga tidak semuanya akan tampak pada anak pertama, tapi memang rata-rata mereka memiliki karakter seperti yang disebutkan.

Justru perbedaan sifat di antara anak pertama laki-laki dan perempuan menjadi kelebihan di masing-masing karakter mereka. Dengan begitu, sifat maupun karakter setiap anak berbeda tergantung pada pola asuh orang tua dan lingkungan anak itu sendiri.

Jadi, apakah sifatmu sama seperti fakta anak pertama di atas?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait