Balita dan Anak

10 Maret 2020

Sinus pada Anak, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan panik dulu Moms, atasi dengan cara berikut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sinus adalah rongga di tulang di sekitar hidung, mata, dan di dahi. Sinusitis adalah peradangan pada lapisan sinus. Peradangan ini biasaya terjadi karena infeksi bakteri, sehingga menyebabkan pembengkakan. Sinusitis lebih sering terjadi pada anak di atas 10 tahun.

Baca Juga: 4 Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis

Sinusitis terbagi menjadi 3 jenis:

  • Jangka pendek (akut), gejala infeksi jenis ini berlangsung kurang dari 12 minggu dan akan lebih baik dengan perawatan yang tepat. Berdasarkan The Journal of Pediatrics, pasien dengan sinusitis akut sering mengalami infeksi bakteri sebagai komplikasi patofisiologis utama.
  • Jangka panjang (kronis), gejala-gejala pada tipe sinusitis ini biasa berlangsung lebih lama dari 12 minggu.
  • Berulang, yang berarti infeksi kembali lagi dan lagi. Hal ini bia berarti 3 atau lebih episode sinusitis akut terjadi dalam waktu satu tahun.

Penyebab Sinus pada Anak

sinus pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Sinusitis pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Meringankan Rasa Tak Nyaman dari Sinusitis

1. Infeksi

Biasanya ditandai dengan gejala pilek lama, batuk, demam hilang timbul yang kemudian berlanjut jadi sakit di daerah pipi, dahi di atas alis, atau batang hidung.

2. Non-infeksi (alergi)

Pada sinusitis akibat alergi ditandai dengan pilek terus menerus, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan kadang gatal di hidung yang dapat menjalar sampai ke mata. Pipi, dan dahi dapat terasa sakit.

Cara Mengatasi Sinus pada Anak

sinus pada anak

Foto: Orami Photo Stock

“Sinusitis pada anak harus dipastikan dengan pemeriksaan rontgen sinus paranasal atau CT scan sinus paranasal,” terang dr. Emma Agustini, Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Penanganan untuk sinus pada anak dilakukan dengan melihat dari penyebab sinus itu sendiri, bila sinusitis disebabkan karena infeksi, dapat ditangani dengan memberikan antibiotik, dekongestan (obat pilek), dan mukolitik (obat batuk yang berfungsi untuk mencairkan lendir).

Bila penyebab sinusitis karena alergi, dapat diberikan obat anti alergi dan obat semprot hidung. Selain itu, banyak beristirahat juga bisa membantu proses penyembuhan dan menghindari penyebab alergi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang sinus pada anak. Jika Si Kecil menunjukkan gejala sinus, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat ya Moms.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait