Rupa-rupa

29 Juli 2021

Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Sudah Tahu Semua Moms?

Moms juga bisa mengajarkan Si Kecil tentang fakta menarik ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Sungai adalah aliran yang besar di daratan dan menjadi tempat mengalirnya air dari hulu ke hilir sungai. Di atas bumi, terdapat beberapa sungai terpanjang di dunia. Apa saja ya, Moms?

Air sungai mengalir dari hulu atau bagian tertinggi yang biasanya berada di pegunungan. Kemudian, air akan mengalir ke hilir atau bagian terdekat dengan muara sungai baik di danau atau lautan.

Pada tahun 2007, sempat terjadi perdebatan mengenai sungai mana yang menyandang predikat sungai terpanjang di dunia, apakah Nil atau Amazon.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel mengenai sungai terpanjang di dunia berikut ini!

Baca Juga: Bukan Inggris, Ini Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia

Deretan Sungai Terpanjang di Dunia

Nah, pada daftar ini mungkin ada beberapa sungai yang telah Moms ketahui. Simak apa saja deretan sungai terpanjang di dunia berikut ini.

1. Sungai Nil, Afrika Timur (6.650 Km)

Sungai-Nil.jpg

Foto: minews.id

Setelah perdebatan yang panjang, Sungai Nil berhasil menjadi pemenang predikat sungai paling panjang di dunia.

Keberadaan sungai Nil memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan peradaban dan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun lalu. Nama 'Nil' sendiri berarti 'lembah sungai' dalam bahasa Yunani.

Sungai dengan saluran pembuangan air seluas lebih dari 3 juta km ini mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania. Sungai terpanjang di dunia ini memiliki 2 cabang utama, yaitu blue nile dan white nile.

Saking panjangnya, Sungai Nil melewati 11 negara di Afrika yang meliputi

  • Tanzania
  • Uganda
  • Rwanda
  • Burundi
  • Kongo
  • Kenya
  • Ethiopia
  • Eretrea
  • Sudan Selatan
  • Sudan
  • Mesir

2. Sungai Amazon, Amerika Selatan (6,436 KM)

Sungai Amazon.jpg

Foto: shutterstock.com

Di posisi kedua sungai terpanjang di dunia diduduki oleh Sungai Amazon dengan panjang 6.436 kilometer dan melintasi beberapa negara, seperti Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, hingga Ekuador. Muara sungai ini berada di Samudera Atlantik.

Sebagai habitat dari banyak spesies paling berbahaya di dunia, sungai ini melalui salah satu hutan terbesar di dunia, yakni Hutan Amazon.

Keadaan iklim dari sungai Amazon dan hutan Amazon memang cocok untuk menjadi rumah bagi satwa liar yang unik, sehingga tak heran bahwa di sungai terpanjang di dunia ini hidup beberapa spesies fauna paling berbahaya di dunia seperti ikan piranha, anakonda, dan ikan vampir.

Debit air salah satu sungai terpanjang di dunia ini berasal dari pegunungan Andes di Peru, yaitu berasal dari tiga sungai Mantaro, sungai Apurimac, dan sungai Maranon.

Dengan begitu, debit air sungai Amazon adalah yang terbesar di dunia. Sungai Amazon juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut.

Baca Juga: Dulu Kumuh, Ini 4 Sungai yang Kini Jadi Tempat Wisata

3. Sungai Yangtze, Tiongkok (6,378 KM)

Sungai Yangtze.jpg

Foto: mongabay.com

Sungai terpanjang di dunia yang ketiga ini sekaligus sungai terpanjang di Asia diduduki oleh Sungai Yangtze dengan panjang 6.378 kilometer.

Sungai ini memiliki peran besar dalam menghidupi masyarakat di Tiongkok dengan menyediakan sumber daya air serta transportasi, karena sungai Yangtze adalah sungai terpanjang yang hanya mengalir sepenuhnya di satu negara saja.

Di sepanjang sungai terpanjang di dunia ini terdapat bendungan hidroelektrik paling besar di dunia, yaitu Bendungan Tiga Ngarai.

Bendungan ini berperan sebagai pembangkit listrik, pelayaran, irigasi, akuakultur, dan pariwisata. Dengan adanya fasilitasi sarana di daerah sekitar sungai Yangtze, daerah ini merupakan yang paling makmur dan paling padat penduduknya di Tiongkok.

Pada zaman dulu sungai Yangtze memiliki peranan yang cukup penting dalam perdagangan China untuk mengangkut barang dagangan. Sungai ini digunakan hingga akhir abad ke-20.

Delta sungai Yangtze telah menyumbang sekitar 10% dari total populasi di Tiongkok dan sekitar 20% dari produk domestic bruto.

4. Sungai Mississippi, Amerika Serikat (6.275 Km)

Mississippi.jpg

Foto: nature.org

Sungai terpanjang di dunia dan juga sungai terbesar di Amerika Serikat ini memiliki hulu di Danau Itasca dan berakhir di Teluk Meksiko.

Sungai ini juga dikenal dengan nama 'Bapak sungai' karena memiliki banyak cabang atau anak sungai.

Nama sungai ini sendiri berasal dari bahasa asli Amerika yang berarti 'Banyak Air' karena menjadi sumber mata air.

Adapun, Sungai Mississippi melewati 31 negara bagian di Amerika Serikat dan ditambah dengan 2 provinsi di Kanada. Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada.

Karena alirannya yang deras, para warga yang tinggal di area sungai selalu dihimbau untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas.

Baca Juga: Agar Tidak Bingung di Restoran, Ini 4 Perbedaan Pizza Italia dan Amerika

5. Sungai Yenisei, Rusia (5.539 Km)

Yenisei.jpg

Foto: worldatlas.com

Sungai terpanjang di dunia kelima ini memiliki saluran pembuangan seluas 2,5 juta km persegi dan merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik.

Selain itu, sungai ini juga diketahui masih merupakan bagian dari Sungai Yellow, salah satu sungai terpanjang lainnya di Tiongkok.

Meskipun berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai ini berada di Rusia. Cuaca yang sangat dingin di Rusia menjadi penyebab membekunya sebagian wilayah aliran sungai ini.

Luasan wilayah yang beku sampai 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di daerah Krasnoyarsk, Rusia. Mencairnya sungai ini biasanya terjadi saat memasuki musim semi pada Bulan Mei.

6. Sungai Huang He, Cina (5.464 km)

Sungai Huang He.jpg

Foto: dailyasia.com

Sungai yang berada di daratan China ini juga dikenal dengan nama Hwang He atau sungai Kuning.

Nama sungai terpanjang di dunia itu diambil karena aliran sungai di sana berwarna kuning.

Air di daerah ini berasal dari pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan bermuara di Teluk Tsi Li di Laut Kuning. Sungai ini juga menjadi sungai yang paling berlumpur di dunia karena ada 2,04 miliar ton tanah yang diendapkan setiap tahunnya.

Sayangnya, sungai ini sering meluap dan menyebabkan banjir sehingga pemerintah Tiongkok pasti akan memberikan anjuran untuk waspada tiap kali hujan lebat mengguyur area sungai.

Baca Juga: 5 China Town Unik dan Paling Terkenal di Indonesia, Sudah Tahu?

7. Sungai Ob, Rusia (5.410 KM)

Sungai Ob.jpg

Foto: worldatlas.com

Sungai Ob yang terletak di Russia dengan panjang 5.410 kilometer adalah salah satu sungai terpanjang di dunia.

Sistem sungai ini mengalir sepenuhnya di dalam wilayah negara Rusia. Sungai ini beku sepanjang hampir setengah tahun karena faktor iklim di wilayah tersebut.

Dri kota Novosibirsk, kalian bisa melihat kemegahannya dari sungai Ob yang merupakan pembatas dari beberapa kota besar, seperti Barnaul, Surgut, dan Salekhard.

Sungai Ob juga menyediakan irigasi, air minum, hidroelektrik, dan perikanan untuk wilayah Siberia Barat.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan dari Benua Afrika

8. Sungai Kongo, Afrika (4.700 KM)

congo-river-cr-getty.jpg

Foto: cntraveler.com

Selain termasuk sungai terpanjang di dunia, sungai yang berada di benua Afrika ini juga ditetapkan menjadi sungai terdalam di dunia.

Tercatat, beberapa titik kedalaman sungai Kongo melebihi 230 meter.

Sungai yang bermuara di Samudera Atlantik ini memiliki debit air rata-rata 41.800 meter kubik per detik.

Akibatnya, sungai ditetapkan memiliki debit air terbanyak kedua di dunia.

Itu dia Moms 7 sungai terpanjang di dunia dengan ragam keunikan di dalamnya. Tertarik untuk berkunjung?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait