Tren

TREN
17 April 2019

7 Takjil Legendaris yang Selalu Ada Tiap Bulan Ramadan, Enak!

Takjil manis yang menyegarkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Bulan Ramadan adalah saat yang dinantikan bagi seluruh umat Muslim di dunia.

Selain akan menjalankan ibadah dengan berpuasa selama 30 hari penuh, apa yang membuat Ramadan berkesan adalah kuliner berbuka puasa yang menggugah selera.

Kuliner-kuliner berikut ini menjadi favorit dan banyak diminati saat bulan Ramadan tiba. Oleh karena itu, hidangan berbuka puasa ini dikenal legendaris karena kelezatannya.

Berikut ini 7 hidangan berbuka puasa yang paling diminati banyak masyarakat, mana yang jadi favorit Moms?

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

1. Biji Salak

bijisalak1

Foto: instagram.com/corygrahani

Biji salak adalah salah satu hidangan takjil yang banyak dikonsumsi setiap memasuki bulan Ramadan.

Terbuat dari olahan ubi dan disajikan dengan kuah gula kental dan santan, biji salak lebih nikmat dinikmati saat hangat. Ini yang menjadikan biji salak adalah takjil legendaris untuk berbuka puasa.

2. Es Buah

esbuah1

Foto: instagram.com/resep_serba_serbi

Ketika hendak membeli takjil untuk berbuka puasa, Moms akan melihat banyak pedagang yang berjualan es buah.

Es buah memang tidak hanya muncul di saat bulan Ramadan, tapi nampaknya ada yang kurang jika tidak menyajikan es buah sebagai hidangan buka puasa.

Menyajikan ragam potongan buah yang dicampur dengan es sirup dan susu kental manis, membuat es buah memiliki sensasi kesegaran yang menyehatkan.

Baca Juga: Jika Puasa, Kondisi Kesehatan Penderita 10 Penyakit Ini Bisa Makin Parah

3. Kolak Pisang

kolak1

Foto: instagram.com/ayudiahrespatih

Kolak pisang juga merupakan hidangan berbuka puasa yang banyak dikonsumsi dan menjadi favorit, tak heran makanan ini juga masuk ke daftar takjil legendaris.

Menyajikan pisang, labu, kolang-kaling, ubi, disajikan dengan kuah dari gula merah dan santan. kkolak pisang juga lebih sedap bila dinikmati selagi hangat.

4. Es Blewah

blewah

Foto: instagram.com/meibasuki

Es blewah menjadi salah satu hidangan buka puasa yang sederhana dan mudah dibuat. Ini menjadikan es blewah hidangan takjil yang legendaris.

Moms hanya perlu menyiapkan buah blewah, sirup, susu kental manis, atau bisa menambahkan bahan lain seperti nata de coco. Sebagai alternatif, Moms juga bisa menggantinya dengan timun suri. 

Baca Juga: Resep Sambel Goreng Ati Ampela untuk Lebaran, Mudah Dibuat!

5. Es Kelapa

eskelapa1

Foto: instagram.com/makanmana

Tak berbeda jauh, es kelapa juga merupakan takjil andalan yang dihidangkan saat berbuka puasa. Moms bisa menemukan banyak pedagang yang menjual es kelapa menjelang waktu berbuka puasa.

Es kelapa biasanya disajikan dari buah kelapa langsung, dengan campuran sirup dan air kelapa. Kesegarannya tak tertandingi!

6. Es Cendol

cendol1

Foto: instagram.com/zona.makanan

Merupakan hidangan khas daerah Sunda, es cendol terbuat dari tepung beras, yang disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Rasa manis dan gurih pada takjil ini juga tak kalah populer dari hidangan lain, yang menjadikannya hidangan buka puasa legendaris pula.

Baca Juga: 5 Manfaat Golden Milk Bagi Kesehatan

7. Es Pisang Ijo

pisangijo1

Foto: instagram.com/deviirwanrtari

Berasal dari daerah Makassar, es pisang ijo bisa menjadi hidangan alternatif berbuka puasa lain jika Moms sudah bosan menyantap takjil seperti biji salak atau kolak pisang.

Es pisang ijo menggunakan pisang raja utuh, yang dibalut dengan adonan hijau, dikukus, lalu disajikan dengan es sirup dan bubur tepung. Rasa manis dan segarnya membuat takjil ini juga tak kalah populer dari takjil lainnya.

Nah, itu dia Moms 7 hidangan takjil legendaris yang biasanya muncul ketika memasuki bulan puasa. Mana yang menjadi makanan berbuka puasa untuk Moms dan keluarga?

(AP/INT)

Artikel Terkait