Home & Living

19 September 2021

7 Tanaman Hias Daun Merah yang Mudah Dirawat untuk Pemula

Ada tanaman apa saja ya kira-kira?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tak dapat dipungkiri, warna merah memang selalu menarik perhatian. Tak hanya pada busana atau pulasan lipstik yang Moms kenakan, warna merah juga bisa mengubah tampilan kediaman Moms sekeluarga dalam sekejap! Salah satunya dengan mengaplikasikan tanaman hias daun merah di sudut interior rumah.

Namun ternyata, tanaman hias daun merah tidak hanya cantik menghiasi ruangan keluarga. Tanaman hias daun merah juga cocok ditanam dan menghiasi area eksterior rumah.

Meski demikian, jangan sembarangan memilih tanaman hias daun merah ya, Moms! Apalagi kalau Moms memiliki rumah dengan konsep desain minimalis.

Khusus untuk Moms yang hobi mendekorasi rumah dan berkebun, simak beberapa jenis tanaman hias daun merah pilihan ini.

1. Tanaman Hias Daun Merah: Begonia Rex

begonia rex

Photo: thespruce.com

Salah satu tanaman berukuran kecil yang sangat tepat ditanam di rumah adalah tanaman begonia. Tanaman ini sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas di rumah.

Baca juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Bentuk dan lekuk begonia yang indah sangatlah tepat dijadikan sebagai dekorasi rumah.

Sebenarnya ada banyak jenis begonia yang cantik. Tapi, yang paling penting Moms miliki untuk mendekorasi rumah adalah begonia rex.

Bentuk daun yang melebar dan meruncing di sudut membuat begonia rex terlihat unik. Belum lagi warna merah dan nuansa kehitaman yang membentuk pola di bagian tengah daun. Kombinasi warna ini tentu membuat tanaman ini tampak menonjol.

Moms bisa menanam tanaman hias daun merah begonia rex di pot gantung atau pot berbentuk tawon bernuansa putih yang sedang “in”. Apakah Moms memiliki sisa ruang tanam di luar ruangan? Moms bisa langsung menanamnya di tanah. Cantik!

2. Tanaman Hias Daun Merah: Sri Rejeki

srirejeki.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, sri rejeki lebih dikenal dengan nama aglaonema dan chinese evergreen. Dilansir dari lamanThe Spruce, ciri khas tanaman ini adalah pertumbuhan tanaman yang cenderung lambat.

Ada beberapa variasi warna daun rejeki, mulai dari hijau tua hingga perak, namun juga ada yang berwarna kemerahan.

Yang menarik, tanaman sri rejeki memiliki bentuk daun oval besar dengan daun mengilat dan batang berukuran pendek. Pada sri rejeki dewasa, tanaman ini bisa tumbuh mencapai 10-48 inci.

Tanaman hias daun merah ini pun biasanya tumbuh dan mekar lebih maksimal pada bulan Maret hingga Mei serta Juni hingga Agustus.

Baca juga: 4 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

3. Tanaman Hias Daun Merah: Kastuba

kastuba

Photo: Gardeningknowhow.com

Tanaman hias daun merah dengan nama latin euphorbia pulcherrima ini sangatlah unik. Bunga kastuba tidak memiliki daun dan mahkota, namun tumbuh di antara daun merah yang mekar.

Biasanya, ketika kastuba tumbuh bunga, kastuba merah seringkali digunakan untuk menghias dekorasi Natal.

Agar kastuba tumbuh subur dan tahan lama, kastuba merah memerlukan tingkat kelembapan optimal, cuaca sejuk, dan cenderung dingin. Pada cuaca yang cenderung panas, daunnya akan berubah menjadi kehijauan.

Lalu, bagaimana cara merawat kastuna merah? Dilansir dari lamanGardening Know How, kastuba merah perlu disiram secara menyeluruh. Meski demikian, jangan terlalu banyak, ya, Moms!

Jangan berlebihan menyiram air pada kastuba dan pastikan sistem drainase tanaman kastuba tetap memadai. Tujuannya aga akar kastuba tidak membusuk. Jaga tingkat kelembapan di ruangan kering dengan menambahkan tanaman sebagai “teman” di sekitar kastuba.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Berikan pupuk tanaman hias setiap dua kali seminggu atau setiap sebulan sekali. Ingat, hindari memberikan pupuk tanaman hias pada kastuba merah saat tanaman cantik ini sedang berbunga.

4. Tanaman Hias Daun Merah: Keladi Merah

caladium bicolor

Photo: Rumah123.com

Akhir-akhir ini, keladi merah atau caladium bicolor merupakan salah satu tanaman hias daun merah yang sedang naik daun. Suku Jawa, menamakan tanaman keladi merah dengan lompong-lompongan.

Lalu apa yang menarik dari tanaman ini? Jika diperhatikan, bentuk daun tanaman ini seperti hati, lengkap dengan gradasi warna merah.

Perawatannya pun sangat mudah. Moms hanya perlu menyiramnya secara teratur. Saat kemarau, siramlah keladi merah sehari sekali pada sore hari.

Sedangkan pada saat musim hujan, cukup siram tanaman ini dua hari sekali. Simpan tanaman ini di tempat terbuka karena tanaman tersebut cenderung membutuhkan cahaya yang banyak.

Pastikan media tanam yang digunakan untuk menanam keladi merah memiliki rongga yang cukup. Gunakan daun bambu yang diiris halus, sekam, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 sebagai media tanam.

Hindari memberikan pupuk dengan kadar zat N yang tinggi. Pupuk dengan zat N dapat memancing klorofil pada tanaman, sehingga tidak cocok untuk merawat keladi selain berwarna hijau.

Baca juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Kombinasi warna daun yang indah serta perawatannya yang mudah dan tahan lama menyebabkan permintaan keladi merah meningkat. Moms dapat menanam keladi merdah di dalam pot. Tanaman keladi merah ini pun dapat ditanam langsung di taman luar ruangan.

5. Tanaman Hias Daun Merah: Andong

andong.jpg

Foto: blibli.com

Tanaman hias berdaun panjang ini juga dikenal dengan tanaman andong atau pohon ti. Warnanya yang khas, yaitu gradasi merah marun dan hitam terlihat kontras untuk mempercantik halaman rumah.

Tidak hanya cantik, Moms! Tanaman hias ini pun tidak hanya cocok ditanam di luar rumah, namun juga di ruang tamu rumah.

Perawatannya pun sangat mudah. Selain tahan terhadap cuaca yang cenderung kering, tanaman andong ini cukup siram tanaman ini dua kali sehari.

Baca juga: 30 Manfaat Buah Mangga, Bisa Turunkan Risiko Kanker Lho!

6. Tanaman Hias Daun Merah: Polka Dot

polkadot.jpg

Foto: pinterest.com

Corak tanaman ini sangatlah menggemaskan dengan percikkan bintik-bintik merah, merah muda, dan putih. Sehingga sangat cocok jika dipajang di area ruang tamu atau kamar tidur Moms dan Dads.

Merawat tanaman ini juga sangatlah mudah. Tanaman cukup disiram dua hari sekali. Letakkan tanaman di titik cahaya sedang. Jangan letakkan tanaman tepat di bawah cahaya matahari karena hal ini akan membuat daunnya menjadi kuning kecokelatan dan kering.

7. Tanaman Hias Daun Merah: Miana

miana.jpg

Foto: pikiran-rakyat.com

Seperti warna daunnya, tanaman coleus memiliki banyak ragam jenis. Salah satu jenis coleus yang memiliki daun merah adalah red coleus atropurpureus.

Di Indonesia, tanaman ini memiliki berbagai macam nama yang berbeda. Orang Sunda menyebutnya dengan Jawek Kotok, orang Jawa Tengah lebih akrab dengan sebutan Iler, sedangkan orang Tapanuli lebih akrab menyebut tanaman ini dengan sebutan Sigresing. Lain lagi dengan orang Minahasa yang menyebutnya dengan Serewung. Wah, banyak sekali namanya, ya, Moms!

Agar sukses merawat miana, siram tanaman sehari sekali karena miana termasuk tanaman yang mudah “bersabahat” dengan air. Jangan terlambat menyiram miana karena kelalaian ini akan membuat miana layu.

Letakkan tanaman hias daun merah miana di area yang terang. Sebenarnya, miana bisa beradaptasi di sinar matahari langsung atau di area yang lebih teduh.

Meski demikian, Moms juga perlu memerhatikan daun tanaman miana lebih jeli. Jika daun miana tampak layu, siram tumbuhan tersebut lalu pindahkan ke area yang lebih teduh untuk sementara waktu.

Jangan lupa untuk teratur men-trimming tumbuhan miana supaya tidak meninggi, ya Moms! Miana yang rimbun tentu lebih tampak cantik menjadi tanaman hias.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

Itulah beberapa tanaman daun merah tercantik yang bisa Moms andalkan untuk menghias rumah minimalis. Bagaimana, Moms?

Apakah Moms sudah mulai menemukan anak-anak hijau baru yang akan menjadi penghuni rumah? Selamat berburu!

  • https://www.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/poinsettia/poinsettia-care-how-do-you-take-care-of-poinsettias.htm
  • https://www.thespruce.com/grow-aglaonema-houseplants-1902734
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait