Kesehatan

15 September 2021

3 Tanda Ginjal Sehat dan Cara Menjaganya, Wajib Tahu!

Cari tahu juga cara mengetahui ginjal sehat yuk Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang dalam sistem ginjal. Mereka membantu tubuh mengeluarkan limbah sebagai urine. Mereka juga membantu menyaring darah sebelum ke jantung, lalu bagaimana mengetahui tanda ginjal sehat?

Dilansir dari Healthline, Ginjal melakukan banyak fungsi penting seperti menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan, mengatur, menyaring mineral dari darah, menyaring bahan limbah dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun, menciptakan hormone yang membantu memproduksi sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang dan mengatur tekanan darah.

Dengan wilayah kerja organ yang begitu penting, tanda ginjal sehat tentu menjadi pertanyaan besar bagi Moms dan Dads. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik maka tubuh pun akan mengalami penumpukan racun dan mengganggu fungsi organ lainnya.

Tanda Ginjal Sehat

Ilustrasi ginjal

Foto : Orami Photo Stock

Menurut kidney.org, penyakit ginjal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Penyakit ginjal sering tidak terdeteksi hingga sangat parah. Sayangnya, saat inilah seseorang membutuhkan cuci darah atau transplantasi. Nah, berikut ini tanda ginjal sehat:

1. Urine Jernih

Tanda ginjal sehat bisa dikethaui lewat urine yang jernih. Jika urine jernih, berarti tubuh terhidrasi dengan baik. Tercukupinya kebutuhan cairan harian tubuh berperan besar dalam membantu ginjal agar dapat berfungsi dengan baik.

Bila ginjal mengalami masalah, biasanya urine akan berubah seperti berbusa bahkan tak jarang disertai dengan darah. Ginjal sehat menyaring 200 liter darah setiap hari, terdapat 2 liter zat buangan yang harus dikeluarkan lewat urine. Sedangkan, buang air kecil lebih jarang atau dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya jadi tanda ginjal tidak sehat.

2. Tidur dengan Baik

Tidur dengan baik juga menjadi tanda ginjal sehat, Moms. Karena, penderita gangguan tidur sleep apnea umumnya memiliki masalah pada organ ginjal. Karena, tanda ginjal sehat adalah memproduksi hormon eritropoietin untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru.

Lalu, bila ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka beragam kotoran berupa racun dan zat sisa bakal menumpuk dalam darah.sehingga membuat kesulitan tidur. Tumpukan racun juga bisa mengganggu aliran darah ke otak sehingga kesulitan konsentrasi, selera makan menurun, dan selalu merasa lelah akibat dari produksi hormon eritropoetin.

Baca Juga: Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Kena Batu Ginjal, Benarkah?

3. Tubuh Normal

Renalteam.org menjelaskan tanda ginjal sehat selanjutnya adalah tubuh normal. Hal yang dimaksudkan adalah tidak ada gejala seperti kram otot atau muncul bengkak di beberapa bagian tubuh.

Ginjal sehat akan mengatur produksi dan keseimbangan asam basa (pH) dengan baik. Sedangkan, bila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka keseimbangan elektrolit dan mineral yang terganggu dapat menimbulkan kram otot.

Ada juga kemungkinan mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata. Lalu, gangguan tersebut juga bisa membuat kulit terasa kering dan gatal.

Semua orang akan kehilangan sedikit fungsi ginjal seiring bertambahnya usia. Orang bahkan dapat bertahan hidup hanya dengan satu ginjal jika mereka menyumbangkan yang lain kepada teman atau anggota keluarga.

Tetapi ketika fungsi ginjal turun karena penyakit ginjal yang mendasarinya, itu adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Racun dan air ekstra dapat menumpuk di darah. Produksi hormon yang turun dapat menyebabkan masalah lain. Sekitar 1 dari 10 orang dewasa secara nasional, atau sekitar 20 juta orang, memiliki setidaknya beberapa tanda kerusakan ginjal.

Baca Juga: Penyakit Ginjal pada Anak: Jenis, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Cara Mengetahui Tanda Ginjal Sehat

Masalah ginjal

Foto: Orami Photo Stock

Jika penyakit ginjal ditemukan dan diobati sejak dini, Moms atau Dads dapat memperlambat atau bahkan menghentikannya agar tidak semakin parah. Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal dini tidak memiliki gejala sehingga penting untuk cara ketahui tanda ginjal sehat lewat uji laboratorium menurut kidney.org:

1. Tes Urine

Tes Urine disebut ACR. ACR adalah singkatan dari "rasio albumin terhadap kreatinin." Urine akan diuji untuk albumin. Albumin adalah sejenis protein. Tubuh membutuhkan protein. Tapi itu harus dalam darah, bukan urin. Memiliki protein dalam urine mungkin berarti ginjal tidak menyaring darah dengan cukup baik. Ini bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal.

Jika tes urine Anda kembali "positif" untuk protein, tes harus diulang untuk memastikan hasilnya. Tiga hasil positif selama tiga bulan atau lebih adalah tanda penyakit ginjal.

Baca Juga:Ginjal Bocor, Ketahui Penyebab dan Gejalanya!

2. Tes Darah

Tes Darah untuk memperkirakan GFR. Darah akan diuji untuk produk limbah yang disebut kreatinin. Kreatinin berasal dari jaringan otot. Ketika ginjal rusak, mereka mengalami kesulitan mengeluarkan kreatinin dari darah. Pengujian kreatinin hanyalah langkah pertama. Selanjutnya, hasil kreatinin digunakan dalam rumus matematika untuk mengetahui laju filtrasi glomerulus (GFR). Nomor GFR memberi tahu ruma sakit seberapa baik tanda ginjal sehat. Periksa dengan dokter tentang melakukan tes GFR.

Baca Juga: Mengenal Donor Ginjal, Ketahui Hal-Hal Ini

Cara Menjaga Ginjal Sehat

masalah ginjal - minum (shutterstock).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ginjal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, jadi penting untuk menjaganya. Setelah ketahui tanda ginjal sehat berikut ini ada lima langkah gaya hidup sederhana yang dapat menjaga mereka tetap dalam kondisi prima berdasarkan NHS.UK:

1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak cairan akan membantu ginjal sehat dan berfungsi dengan baik. Urine harus berwarna jerami. Jika lebih gelap mungkin merupakan tanda dehidrasi.

Saat cuaca panas, saat bepergian di negara yang panas seperti Indonesia atau saat berolahraga berat, Moms dan Dads serta Si Kecil perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

2. Makan Sehat

Diet seimbang memastikan mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Makan banyak buah dan sayuran, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti dan nasi. Jangan makan terlalu banyak makanan asin atau berlemak.

Baca Juga: Mengenal Tes Kadar Ureum, Deteksi Dini Penyakit Ginjal

3. Perhatikan Tekanan Darah

Periksakan tekanan darah secara teratur. Tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung.

Moms dan Dads bisa mendapatkan pemeriksaan tekanan darah yang sederhana, cepat dan tanpa rasa sakit secara gratis di operasi dokter umum dan di banyak apotek ternama.

Jika tekanan darah lebih tinggi dari yang seharusnya, dokter umum dapat menyarankan perubahan gaya hidup atau, jika perlu, meresepkan obat untuk mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang ideal dianggap antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg.

4. Jangan Merokok atau Minum Alkohol Terlalu Banyak

Cobalah untuk berhenti merokok sepenuhnya dan batasi jumlah alkohol yang minum. Baik pria maupun wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara teratur.

Minum terlalu banyak alkohol dan merokok meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal.

5. Jaga Berat Badan

Menjadi terlalu berat meningkatkan tekanan darah, yang buruk bagi ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.

Indeks massa tubuh Anda (BMI) adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah Anda memiliki berat badan yang sehat. Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan yang sehat untuk menghitung BMI.

Setelah mengetahui berbagai hal di atas, Moms dan Dads sadarilah sedini mungkin jika terjadi perubahan dalam urine baik frekuensi, bau maupun warna dan periksakan sesegera mungkin jika merasakan ada yang tidak normal dalam tubuh.

  • https://renalteam.org/id/patient-education/cara-mengetahui-kesehatan-ginjal-kita/
  • https://www.health.qld.gov.au/news-events/news/how-to-look-after-kidney-health-disease
  • https://www.kidney.org/atoz/content/sixstepshealthprimer
  • https://www.webmd.com/kidney-stones/picture-of-the-kidneys
  • https://newsinhealth.nih.gov/2013/03/keep-your-kidneys-healthy
  • https://www.healthline.com/human-body-maps/kidney#nephrons
  • https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/keeping-your-kidneys-healthy/
  • https://www.worldkidneyday.org/facts/your-kidneys/
  • https://www.narayanahealth.org/blog/understand-the-signs-and-keep-your-kidneys-healthy/
  • https://www.kidney.org/news/using-home-test-kit-and-smartphone-to-test-kidney-disease
  • https://www.kidney.org/atoz/content/sixstepshealthprimer
  • https://www.kidney.org/atoz/content/know-your-kidney-numbers-two-simple-tests
  • cdc.gov/kidneydisease/prevention-risk/take-care.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait