Trimester 1

TRIMESTER 1
26 Mei 2020

Tidak Mengalami Pregnancy Glow, Normalkah?

Beberapa ibu tampak lebih cantik saat hamil, tapi ada juga yang tidak. Mengapa demikian?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, masa kehamilan tentunya momen tidak terlupakan dan penuh haru. Kebahagiaan menanti sang calon buah hati tidak dapat dipungkiri.

Namun, tidak jarang muncul rasa tidak percaya diri karena tidak mengalami pregnancy glow.

Ya, beberapa ibu hamil tampak lebih cantik saat hamil, namun berbeda dengan yang Moms alami.

Pregnancy glow memang bukan istilah medis, namun istilah ini menggambarkan kondisi seorang ibu hamil yang terlihat cantik saat hamil.

Tapi Moms justru mungkin merasakan kebalikannya. Kulit lebih cepat kusam, semakin berminyak, dan mudah muncul jerawat menjadi beberapa masalah kulit yang tidak dapat dihindari.

Lalu, apakah normal apabila Moms tidak mengalami pregnancy glow? Adakah cara untuk bisa mengatasi kondisi kulit yang tidak sehat saat hamil?

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

Tidak Mengalami Pregnancy Glow Itu Normal

pregnancy glow (1).jpg

Foto: thebump.com

Pregnancy glow terjadi karena efek perubahan hormon dan peningkatan volume darah untuk memberikan aliran darah ekstra ke rahim dan organ lainnya.

Volume peningkatan darah yang besar ini membawa lebih banyak darah ke pembuluh dan meningkatkan sekresi kelenjar minyak. Namun kenyataannya, tidak semua kulit akan mengalami respon yang sama.

Dilansir dari Kids Health, perubahan hormon tersebut malahan membuat kulit Moms jauh lebih kusam, muncul bercak kecoklatan pada wajah yang disebut melasma, hingga muncul garis gelap di garis tengah perut bawah yang dikenal dengan linea nigra.

Tidak hanya itu, Moms juga dapat mengalami penggelapan kulit pada beberapa bagian tubuh seperti puting, area genital hingga anus.

Wajah yang kusam bisa terjadi karena peningkatan sekresi minyak yang berdampak pada munculnya jerawat selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, beberapa ibu hamil juga bisa mengalami ruam panas, yang disebabkan kulit terlalu lembap dan keringat.

Peregangan kulit di atas perut juga bisa mengakibatkan rasa gatal hingga mengelupas dan memunculkan stretch mark.

Itu dia perubahan kulit yang terjadi pada tubuh dan wajah Moms saat hamil yang bisa menyebabkan Moms tidak mengalami pregnancy glow.

Baca Juga: Inilah 4 Alasan Medis di Balik Glowingnya Kulit Ibu Hamil

Jangan Khawatir Jika Tidak Mengalami Pregnancy Glow

pregnancy glow (2).jpg

Foto: freepik.com

Kulit yang bertambah kusam saat hamil atau tidak mengalami pregnancy glow mungkin membuat rasa percaya diri Moms menjadi menurun. Namun sebenarnya, ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan!

Adanya pregnancy glow atau tidak, bukan menjadi ukuran apakah kehamilan Moms sehat atau tidak.

Nyatanya, setiap ibu hamil mengalami pengalaman yang berbeda-beda terkait tentang perubahan hormon ini.

“Ada tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap perubahan hormon dan produksi minyak lebih tinggi memicu jerawat. Tentunya hal ini akan mereda pasca persalinan karena hormon-hormon menyeimbangkan kembali,” ujar Dr. Felice Gersh, ginekolog dari California.

Banyak hal yang perlu Moms perhatikan lebih detail dibandingkan pregnancy glow, lho! Kesehatan tubuh Moms dan pertumbuhan janin sudah seharusnya menjadi perhatian utama selama masa kehamilan

“Dibandingkan pregnancy glow, sebaiknya Moms memerhatikan hal-hal penting lainnya saat kehamilan, seperti tekanan darah, pertambahan berat badan, pertumbuhan janin, protein pada urine, kadar gula darah, dan nutrisi yang dikonsumsi,” saran Dr. Felice.

Baca Juga: 4 Perubahan Kondisi Kulit yang Terjadi Saat Hamil

Itulah yang perlu diperhatikan saat kehamilan, ya, Moms. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika tidak mengalami pregnancy glow.

Tentunya kesehatan janin menjadi perhatian utama agar nantinya ia bisa lahir ke dunia dengan selamat dan membawa kebahagiaan, ya!

Artikel Terkait