Trimester 1

TRIMESTER 1
6 Juli 2020

Bolehkah Menggunakan Parfum saat Hamil?

Sebaiknya pilih yang harumnya tidak menyengat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi banyak wanita, parfum adalah hal penting yang harus dan wajib digunakan setiap hari. Meski begitu, lain halnya jika Moms sedang hamil.

Moms mungkin penasaran dan bertanya apakah parfum boleh digunakan selama hamil.

Menurut Nneka Leiba, direktur Ilmu Hidup Sehat di organisasi yang meneliti racun dalam produk perawatan kulit, produk beraroma tidak masalah digunakan selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Memakai Parfum Agar Tahan Lama

Meskipun penggunaan parfum tidak dilarang selama kehamilan, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan. Apa saja hal tersebut? Yuk kita simak penjelasannya.

Menggunakan Parfum saat Hamil

menggunakan parfum selama kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Melansir laman American Pregnancy Association, meskipun aman untuk menggunakan parfum selama kehamilan, Moms mungkin akan menjadi lebih sensitif dan menemukan beberapa aroma yang membuat tubuh merasa mual, pusing, gelisah, atau lebih rentan sakit kepala.

Selain itu, kulit pun juga bisa lebih sensitif selama kehamilan yang menyebabkan kulit bereaksi terhadap jenis parfum tertentu.

Untuk mencegah hal ini, cobalah untuk tidak menggunakan parfum terlebih dahulu sampai menemukan beberapa aroma yang bisa diterima oleh indera penciuman Moms dan membantu tubuh merasa lebih baik.

Moms tentu tidak ingin memakai sesuatu yang akan membuat kita seperti sakit sepanjang hari. Cobalah menggunakan parfum di rumah, karena Moms bisa mandi jika aromanya dirasa mengganggu.

Baca Juga: 6 Perawatan Kulit Ibu Hamil, Wajib Dilakukan!

Alternatif Lain untuk Parfum saat Hamil

menggunakan parfum selama kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Lotion dan minyak esensial beraroma adalah cara yang bagus untuk mendapatkan aroma yang Moms inginkan tanpa menimbulkan aroma yang kuat.

Produk perawatan kulit ini juga memiliki kadar alkohol yang lebih rendah atau bahkan tidak terdapat alkohol sama sekali.

Misalnya, peppermint dan kapulaga. Kedua bahan ini telah dikenal dapat membantu mengatasi rasa mual saat hamil.

Perlu Moms ingat bahwa minyak esensial yang digunakan untuk aromaterapi memiliki aroma yang lebih kuat dan beberapa ibu hamil mungkin memiliki reaksi negatif terhadap minyak tertentu.

Kandungan Bahan Kimia Dalam Parfum

menggunakan parfum selama kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Zat kimia dalam parfum dapat mengubah hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan mual dan efek samping lain yang tidak diinginkan.

Makanya disarankan Moms untuk menggunakan parfum yang alami atau bebas bahan kimia.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Sensitif Ibu Hamil

Apakah menggunakan parfum, semprotan tubuh, atau aroma lain selama kehamilan, itu terserah dengan pilihan Moms sendiri.

Jika khawatir tentang hal ini, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Namun jika Moms memutuskan untuk menggunakan parfum, temukan parfum yang beraroma lembut dan bisa diterima oleh tubuh selama kehamilan ya Moms, tentu akan sangat menyenangkan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait