Program Hamil

13 Februari 2020

4 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Kurus, Sudah Terbukti!

Cari tahu penyebab berat badan kurang lalu temukan solusinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi sebagian orang, hamil bukanlah hal sulit. Namun, bagi sebagian orang lainnya, hamil membutuhkan perjuangan ekstra, termasuk untuk para wanita kurus. Tidak sedikit wanita kurus yang mengaku kesulitan hamil. Dan berat badan menjadi masalah utama mereka.

Dilansir dari jurnal dalam U.S National Library of Medicine, mencapai berat badan yang sehat dan ideal dapat membantu kita hamil dan meningkatkan peluang kehamilan dan bayi yang sehat.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Memulai Program Hamil

Meskipun berhasil; hamil dengan berat badan yang sekarang, Moms jangan senang dulu. Jika Moms memiliki berat badan yang kurang saat hamil, Moms mungkin akan memiliki masalah saat hamil.

Kekurangan berat badan dapat menyebabkan tubuh berhenti membuat hormon estrogen. Untuk hamil, kita harus berovulasi atau melepaskan sel telur dari ovarium sehingga dapat dibuahi oleh sperma pria.

Maka tubuh juga harus dapat mendukung bayi yang sedang berkembang di dalam rahim.

Tips Cepat Hamil untuk Wanita Kurus

Tidak semua wanita kurus akan mengalami masalah kehamilan. Namun untuk menjaga agar berad badan kita mencapai berat ideal untuk hamil, berikut tips hamil yang dapat dilakukan bagi wanita kurus yang ingin menjalani program hamil.

1. Perhatikan Siklus Menstruasi

tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tips cepat hamil untuk wanita kurus yang pertama adalah perhatikan siklus menstruasi. “Cara utama untuk mengukur apakah berat badan berkontribusi terhadap masalah kesuburan adalah dengan melihat siklus menstruasi,” jelas dr. Upik Anggraheni, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Jika siklus menstruasi teratur (21 -35 hari), maka kecil kemungkinan berat badan yang kurang akan memengaruhi peluang untuk hamil. Namun, jika siklus menstruasi tidak teratur, langkah berikutnya adalah tergantung pada penyebab kurangnya berat badan.

Baca Juga: Benarkah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

2. Kenali Penyebab Kurangnya Berat Badan

tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tips cepat hamil untuk wanita kurus yang selanjutnya adalah cari tahu penyebab kurangnya berat badan. Tips agar bisa hamil kedua, harus mengetahui apa penyebab berat badan kita kurang. Kurangnya berat badan karena kondisi medis (masalah tiroid, stres, dan anoreksia) memerlukan penanganan khusus oleh dokter.

Sementara bila penyebabnya adalah diet ekstrim atau kebiasaan makan yang kurang dan tidak seimbang, maka mulailah menambah ukuran porsi makan sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh.

Namun, penting diketahui bahwa ini harus dilakukan secara bertahap dan sehat baik dari segi komposisi, jenis dan jumlah makanannya.

“Tetap penting untuk makan makanan yang kaya nutrisi agar membantu peluang untuk hamil,” kata dr. Upik.

Olahraga berat atau ekstrim juga merupakan salah satu penyebab gangguan haid, sehingga perlu ditinjau kembali porsi olahraga yang sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh.

3. Hindari Stres

tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tips cepat hamil untuk wanita kurus yang selanjutnya adalah hindari stres. Bisa dikatakan ini menjadi salah satu tips untuk cepat hamil yang penting. Kita harus menyempatkan diri berelaksasi.

Di antaranya adalah mencukupi kebutuhan jam tidur, mengurangi pemicu stres, baik di rumah ataupun di tempat kerja, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh (bukan untuk menurunkan berat badan).

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

4. Pola Makan Sehat dan Seimbang

tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tips cepat hamil untuk wanita kurus yang selanjutnya adalah pola makan sehat dan seimbang. Bagi wanita yang memiliki riwayat gangguan makan (anoreksia atau bulimia) atau pembatasan diet karena penyakit tertentu, hal ini bisa sangat menantang.

Tetapi sangat penting untuk menjaga makan dengan komposisi seimbang dan jadwal yang teratur, karena merupakan salah satu tips untuk cepat hamil.

Menurut dr. Upik, diet yang bervariasi, dengan asupan karbohidrat dan lemak yang cukup, serta makan yang sering penting untuk membantu masalah amenorea (tidak haid) akibat kurangnya berat badan.

Dalam beberapa kasus untuk menemukan tips cepat hamil, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan ahli gizi atau terapis untuk membuat rencana makan.

Banyak wanita perlu makan sekitar 2.200 kalori atau bahkan lebih untuk meningkatkan kesuburan mereka, dengan diet yang berpusat pada lemak dan nutrisi sehat.

Diperlukan waktu hingga 6-12 bulan untuk langkah-langkah ini dapat memperbaiki masalah kesuburan, tetapi perbaikan pola hidup secara keseluruhan adalah langkah paling penting dalam mendapatkan kembali kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait