Scroll untuk melanjutkan membaca

PROGRAM HAMIL
17 Januari 2023

10 Makanan Cepat Hamil, Cocok untuk Program Hamil, Catat Moms!

Terdiri dari makronutrien dan mikronutrien
10 Makanan Cepat Hamil, Cocok untuk Program Hamil, Catat Moms!

Penasaran makanan cepat hamil yang cocok untuk Moms dan Dads yang sedang melaksanakan program hamil? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagi para pasangan yang menginginkan buah hati, tentu perlu melakukan perencanaan program hamil.

Ada banyak hal yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesuburan, salah satunya mengonsumsi makanan untuk mempercepat kehamilan.

Tentu saja, Moms perlu mengonsumsi makanan yang harus mengandung makronutrien dan mikronutrien yang seimbang. Sehingga dapat menghasilkan janin yangs sehat.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan dan dapat membuat janin tumbuh dengan sehat?

Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: Teh untuk Program Hamil, Meningkatkan Kesuburan?

Makanan Cepat Hamil

Pada situs National Institute of Health, selama kehamilan Moms membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.

Dokter Spesialis Kandungan dari RSPI Puri Indah & RSIA Grand Family PIK Jakarta, dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, memberikan penjelasan tentang makanan apa saja yang dapat mempercepat kehamilan.

Menurut dr. Thomas, Moms yang sedang melakukan program hamil perlu mengonsumsi makronutrien dan mikronutrien. Berikut ini daftar makanan cepat hamil yang perlu Moms konsumsi.

Baca Juga: Makan Stroberi, Salah Satu Cara Agar Cepat Hamil?

1. Karbohidrat

Makan Berkarbohidrat

Foto: Makan Berkarbohidrat

Makanan cepat hamil pertama adalah karbohidrat.

Baik kualitas dan kuantitas dari karbohidrat berpengaruh terhadap metabolisme karbohidrat, yang dapat memengaruhi sensitivitas insulin pada individu yang sehat.

Namun, Moms harus memilih karbohidrat terbaik. Hindari karbohidrat olahan seperti pasta, mie, roti, nasi, dan makanan lain dengan kandungan tepung.

Jenis karbohidrat olahan bisa diserap dengan cepat oleh tubuh, sehingga bisa meningkatkan gula darah dan level insulin. Indeks glikemik karbohidrat juga tinggi dan dapat mengganggu hormon.

"Kurangi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, karena berisiko mengalami gangguan ovulasi. Konsumsi serat yang berlebih juga dapat menggangu ovulasi," jelas dr. Thomas.

Lebih lanjut, dr. Thomas menyarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 22 gram per harinya.

Perbanyak konsumsi karbohidrat baik seperti sayur, quinoa, barley, biji-bijian, kentang, dan legumen.

2. Protein

Makanan Mengandung Protein

Foto: Makanan Mengandung Protein

Makanan cepat hamil yang selanjutnya adalah makanan berprotein, makanan ini mudah ditemui di setiap menu.

Konsumsi protein, yang merupakan makronutrien diperlukan untuk pembentukan sel. Karena itu, Moms perlu mendapat asupan protein seimbang dalam makanan sehari-hari.

Dalam jurnal Nutrition Reviews, selama kehamilan Moms perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh.

Makanan yang mengandung protein seperti daging sapi, ikan, ayam, dan kacang-kacangan, dan susu, yang termasuk dalam makanan cepat hamil.

  • Ikan: Ikan berlemak tinggi seperti salmon tidak hanya tinggi protein, tetapi juga memberikan dosis asam lemak omega-3.
  • Daging tanpa lemak: Unggas (seperti ayam), daging sapi tanpa lemak, dan bison adalah pilihan yang baik. Coba batasi asupan menjadi 2 atau 3 porsi per hari. Mengkonsumsi lebih dari 4 porsi per hari dapat mengganggu tingkat kesuburan.
  • Kacang hitam: Satu cangkir kacang hitam mengandung 15 gram protein. Gunakan dalam burrito sarapan atau burger vegetarian buatan sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Agar Wanita Gemuk Cepat Hamil, Yuk Coba!

3. Lemak

Makanan Berlemak

Foto: Makanan Berlemak (thetapaslunchcompany.co.uk)

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah lemak.

"Asupan lemak jenuh yang berlebih dapat menggangu sel telur. Namun, mengonsumsi lemak tak jenuh, terutama lemak tak jenuh ganda dapat memperbaiki proses pembentukan sel telur," jelas dr. Thomas.

Konsumsi lemak trans juga harus dihindari, karena hal ini berhubungan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi dan dapat menggangu fungsi ovulasi.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, salmon, dan kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut bisa menjadi jenis makanan untuk mempercepat kehamilan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk alpukat selama siklus IVF meningkatkan tingkat keberhasilan sebanyak tiga setengah kali, berbeda dengan wanita yang tidak mengonsumsinya selama periode itu," kata Alisa Vitti, ahli gizi integratif mengutip Parents.

4. Asam Folat

Makanan Asam Folat

Foto: Makanan Asam Folat

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah asam folat. Tentunya Moms sudah tahu pentingnya asam folat untuk janin.

Mikronutrien ini ternyata juga dibutuhkan untuk membantu Moms agar cepat hamil, lho.

"Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stress oksidatif, dan kematian sel. Hal-hal ini dapat menggangu proses perkembangan sel telur," terang dr. Thomas.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah beet, atau minum suplemen asam folat.

Dalam jurnal Frontiers in Public Health, disebutkan bahwa ada hubungan yang baik antara asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh ganda, dan makanan nabati pada hasil kesuburan.

  • Sayuran berdaun hijau: Bayam, brokoli, bok choy, lobak, dan kangkung adalah pilihan yang bagus. Tumis dengan minyak zaitun dan makan sebagai lauk atau tambahkan ke sup, salad, casserole, dan omelet.
  • Sereal yang diperkaya: Carilah sereal sarapan yang mengandung 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.
  • Jeruk dan stroberi: Ini sangat enak, mereka mudah dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari!
  • Kacang dan polong-polongan: Cobalah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak sekaligus, karena mereka dapat menambah masalah pencernaan.

Baca Juga: 5 Minuman Sehat untuk Membantu Program Hamil

5. Vitamin D

Vitamin D

Foto: Vitamin D

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin D juga memiliki peran penting dalam reproduksi manusia.

Asupan vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormon androgen yang tinggi pada perempuan dengan PCOS.

Oleh karena itu, suplementasi vitamin D dibutuhkan dengan mendapatkan asupan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain itu, penting juga mengonsumsi makanan seperti minyak ikan Cod, salmon, tuna, sarden, hati sapi, dan jamur kancing untuk mempercepat proses kehamilan.

6. Zat Besi

Makanan dengan Zat Besi

Foto: Makanan dengan Zat Besi

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah zat besi. Kandungan mikronutrien yang tak kalah penting adalah zat besi, yang perlu dikonsumsi saat program hamil untuk membantu mempercepat proses kehamilan.

"Zat besi juga berperan penting dalam ovulasi. Pada perempuan dengan anemia, defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan," kata dr. Thomas.

Lebih lanjut, ia juga menyertakan beberapa makanan cepat hamil yang mengandung zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau.

  • Sereal sarapan yang diperkaya

Satu porsi sereal sarapan yang diperkaya mengandung 100 persen asupan zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

  • Daging tanpa lemak

Daging sapi, ayam, dan kalkun semuanya mengandung sekitar 1 mg zat besi per porsi 85 gram.

  • Bayam

Sumber zat besi yang baik, ½ cangkir rebus, bayam tiriskan mengandung 3 mg per porsi - sekitar 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

7. Kalsium

Makanan Mengandung Kalsium

Foto: Makanan Mengandung Kalsium (shutterstock)

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah kalsium. Kalsium menjaga sistem reproduksi tetap berfungsi dengan lancar dan bahkan dapat membantu Moms hamil lebih cepat.

Sekitar 99 persen dari asupan kalsium akan digunakan untuk kesehatan tulang dan gigi Moms. Ini juga penting untuk kesehatan dan perkembangan gigi dan tulang bayi di masa depan.

Jika simpanan kalsium Moms menipis saat hamil, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan memberikannya kepada janin yang sedang berkembang, yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis (tulang rapuh) di masa mendatang.

Cobalah untuk mendapatkan sekitar 1.000 mg kalsium setiap hari dari sumber makanan cepat hamil seperti:

  • Susu

Sumber kalsium paling populer, satu cangkir susu 1 persen mengandung 305 miligram (mg), atau sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan.

Susu juga mengandung sedikit vitamin D. Kandungan ini juga ditemukan dalam susu kedelai, susu almond dan jus yang diperkaya kalsium.

Minumlah segelas sebagai camilan atau gunakan sebagai bahan dasar untuk smoothie.

  • Yogurt

Satu cangkir yogurt tawar mengandung sekitar 415 mg per porsi - sekitar 40 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Seperti susu, Moms bisa memakannya dengan polos atau menggunakannya sebagai bahan dasar smoothie.

  • Keju

Satu porsi 1,5 ons mozzarella part-skim mengandung 333 mg kalsium, porsi cheddar berukuran sama mengandung 307 mg, dan satu cangkir keju cottage mengandung 138 mg.

  • Kale dan Brokoli

Sayuran seperti ini adalah sumber kalsium non-susu yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Saat Menjalani Program Hamil

8. Asam Lemak

Makanan Asam Lemak

Foto: Makanan Asam Lemak

Asam lemak juga menjadi makanan cepat hamil yang perlu Moms tambahkan lebih banyak ke dalam makanan.

Itu karena asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur hormon kunci pemicu ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Sekarang juga saat yang tepat untuk mengurangi lemak jenuh, yang ditemukan dalam mentega dan daging merah, dan mencoba menghindari lemak trans (ditemukan dalam makanan olahan seperti keripik dan kue).

Meskipun banyak vitamin prenatal mengandung omega 3, mungkin yang terbaik adalah mendapatkannya dari makanan utuh. Anda dapat menemukan makanan cepat hamil ini di:

  • Makanan laut

Ikan yang tinggi lemak, termasuk salmon, teri, sarden, dan herring, semuanya merupakan sumber omega 3 yang baik.

  • Daging sapi yang diberi makan rumput

Daging sapi dari sapi yang diberi makan rumput mengandung tingkat omega 3 yang lebih tinggi daripada daging sapi yang diberi makan biji-bijian.

  • Kacang dan biji-bijian

Kacang kenari, biji rami dan biji chia mengandung omega 3, seperti halnya minyak nabati seperti biji rami, kedelai, dan minyak kanola. Tambahkan ke dalam smoothie atau taburkan di atas salad agar lebih kenyal.

9. Yodium

Makanan dengan Yodium

Foto: Makanan dengan Yodium

Makanan cepat hamil ini mungkin banyak belum diketahui. Yodium membantu tubuh Moms membuat hormon tiroid, yang berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh.

Jika Moms ingin hamil, targetkan untuk mendapatkan 150 mcg per hari.

Makanan cepat hamil ini dapat ditemukan secara alami di beberapa makanan dan ditambahkan ke makanan lain. Sumbernya meliputi:

  • Produk susu: Susu, yogurt dan keju semuanya mengandung yodium.
  • Garam beryodium: Yodium ditambahkan ke garam dan diberi label "beryodium." Namun tidak semua makanan yang tinggi garam (misalnya sup kalengan) mengandung garam beryodium. Moms perlu waspada.

Baca Juga: 3 Mitos Seputar Program Hamil, Jangan Langsung Percaya!

10. Serat

Makanan Berserat

Foto: Makanan Berserat (Shutterstock.com)

Makanan cepat hamil terakhir adalah serat. Memasukkan karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna seperti serat dalam makanan dapat membantu meningkatkan tingkat kesuburan.

Selain itu, jika Moms berencana untuk hamil, meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes gestasional sebesar 26 persen, menurut National Institutes of Health.

Beberapa sumber serat yang baik antara lain:

  • Biji-bijian utuh

Roti gandum, bulgur, oat, dan quinoa semuanya mengandung serat.

  • Sereal berserat tinggi

Hanya satu porsi untuk sarapan benar-benar dapat mengemas banyak serat ke dalam makanan. Periksa label di kotak untuk menemukan sereal yang tinggi serat.

  • Buah dan sayuran

Kacang polong, jagung, dan brokoli kaya akan serat, begitu pula pir, blueberry, raspberry, dan persik. Makan kulit atau kulitnya untuk dosis ekstra.

  • Kacang dan polong-polongan

Kacang lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang lima, kacang polong dan buncis adalah sumber yang baik. Tambahkan ke semur atau salad.

Makanan Cepat Hamil Berdasarkan Golongan Darah

Buah dan Sayuran

Foto: Buah dan Sayuran (freepik.com)

Selain beberapa makanan yang telah disebutkan di atas, Moms juga bisa memilih makanan cepat hamil sesuai dengan golongan darah yang Moms miliki.

Pertama, untuk golongan darah O agar cepat hamil Moms disarankan untuk memperbanyakn minum susu dan konsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti gandum, tepung terigu, pasta, roti, dan lainnya.

Kemudian, untuk pemilik golongan darah A, makanan yang direkomendasikan adalah beberapa sayuran seperti tomat, kubis, tak lupa daging-dagingan.

Selanjutnya untuk pemilik golongan darah B, makanan cepat hamil yang direkomendasikan adalah kacang-kacangan dan biji-bijian, pasta dan sereal, jagung, gandum, buah atau sayur yang kaya lektin.

Terakhir, untuk pemilik golongan darah AB, Moms disarankan untuk memperbanyak konsumsi makan bertepung, ya.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Program Hamil Ke Dokter Kandungan?

Itu dia Moms, beberapa makanan cepat hamil yang dapat membantu program hamil Moms dan Dads. Semoga usaha yang dilakukan dalam memiliki keturunan dapat berjalan dengan baik, ya!

Apa makanan cepat hamil yang paling Moms sukai? Tinggalkan komentar di kolom di bawah ini ya!

  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/healthy-eating-physical-activity-for-life/health-tips-for-pregnant-women
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6079277/