06 Februari 2020

6 Tips Agar Wanita Gemuk Cepat Hamil, Yuk Coba!

Terapkan gaya hidup sehat

Berat badan merupakan salah satu hal yang penting jika kita berbicara mengenai infertilitas. Obesitas adalah salah satu penyebab paling umum dari infertilitas yang dapat dicegah pada wanita.

Berdasarkan jurnal U.S. National Library of Medicine, berat badan kita, apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat memengaruhi kemampuan seorang wanita untuk hamil.

Menurut dr. Upik Anggraheni, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah, mengobati anovulasi pada wanita gemuk masih merupakan tantangan yang besar dalam dunia fertilitas.

Baca Juga: 5 Tips Berhubungan Seks Saat Masa Ovulasi Agar Cepat Hamil

Tips agar Wanita Gemuk Cepat Hamil

Namun beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan wanita gemuk agar cepat hamil. Apa saja yang bisa dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Diet Sehat

tips hamil
Foto: tips hamil (huffingtonpost.com)

Foto: Orami Photo Stock

Wanita gemuk yang ingin cepat hamil harus menjalankan diet sehat. Pola makan yang sehat dan seimbang diperlukan untuk menyesuaikan kebutuhan energi dan metabolisme.

Efek yang diharapkan adalah penurunan berat badan dan berkurangnya lemak berlebih.

Namun, perlu diingat dengan banyaknya metode diet sekarang ini, pilihlah yang cocok dengan kesehatan kita dan yang paling penting dapat dikerjakan secara konsisten untuk menghindari efek yoyo.

2. Konsultasi dengan Ahli Gizi

tips hamil
Foto: tips hamil (Health3-0.com)

Foto: Orami Photo Stock

Saat hendak melakukan program hamil, wanita gemuk yang ingin cepat hamil perlu berkonsultasi juga dengan ahli gizi.

“Bila sekiranya sulit menemukan jenis diet yang tepat sesuai dengan masalah kesehatan, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui jenis makanan dan kebutuhan kalori sesuai tipe tubuh,” jelas dr. Upik.

Baca Juga: Simak 4 Tips Meningkatkan Kualitas Sel Telur agar Cepat Hamil

3. Olahraga Teratur

tips hamil
Foto: tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga teratur hukumnya wajib untuk wanita gemuk yang ingin cepat hamil. Pola hidup sehat tentunya tidak hanya bergantung pada diet makan saja, namun olahraga juga menjadi kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki metabolisme.

Ini bisa menjadi tips hamil untuk Moms yang bertubuh gemuk untuk memiliki anak.

Olahraga yang dianjurkan adalah jenis olahraga aerobik (jogging/treadmill, bersepeda, berenang, dan lain-lain) secara teratur minimal 3 kali seminggu selama 30-40 menit.

4. Tes Laboratorium

tips hamil
Foto: tips hamil (justmommies.com)

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter untuk pengecekan darah terutama bila masalah berat badan ini disertai dengan gangguan haid atau adanya riwayat keluarga dengan penyakit metabolik (diabetes melitus, hipertensi, dislipidemia, hiper/hipotiroid).

5. Berhubungan Seks secara Teratur

tips hamil
Foto: tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bagi wanita dengan haid yang tidak teratur akan sulit baginya untuk menentukan masa subur. Makanya, tips hamil untuk Moms bertubuh gemuk selanjutnya adalah dengan melakukan hubungan seks dua hingga tiga kali seminggu setelah masa haid selesai.

Baca Juga: 3 Tips Cepat Hamil Jika Haid Tidak Teratur

6. Konsultasi dengan Dokter Ahli Fertilitas

tips hamil
Foto: tips hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada batasan khusus kapan harus ke dokter. Namun bila sudah setahun berhubungan secara teratur tanpa kontrasepsi, atau usia sudah mencapai 35 tahun, ada baiknya segera melakukan konsultasi untuk mengetahui adakah masalah kesuburan lainnya dan perlunya penanganan khusus.

Itu dia beberapa tips agar wanita gemuk bisa cepat hamil. Selamat mencoba Moms!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb