Program Hamil

28 Mei 2018

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil di Trimester Pertama

Perhatikan 5 hal ini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Bulan Ramadan yang hanya datang setahun sekali membuat momen berpuasa begitu sayang bila dilewatkan, termasuk bagi para ibu hamil. Banyak yang mempertanyakan seperti apa tips puasa bagi ibu hamil di trimester pertama. Sebab banyak pula ibu hamil yang ragu untuk menjalankannya.

Namun, sebenarnya puasa saat hamil aman-aman saja dilakukan selama tidak ada keluhan serius dan diperbolehkan oleh dokter kandungan saat Moms berkonsultasi.

Namun, perlu diingat setiap wanita termasuk Moms memang memiliki gejala kehamilan yang berbeda-beda. Mulai dari yang mengalami mual, pusing, nyeri hingga sesak napas sehingga bila berpuasa dikhawatirkan akan menggangu perkembangan janin.

Baca Juga : Tips Mengatasi 3 Gangguan Kehamilan Saat Puasa

Nah, agar puasa berjalan lancar dan kesehatan selama hamil juga tetap terjaga, mari simak tips puasa saat hamil trimester pertama berikut yang bisa Mom coba jalankan:

Memenuhi Syarat Asupan Gizi yang Baik

Meski tengah berpuasa, pastikan kebutuhan gizi untuk tetap terpenuhi. Seorang ibu hamil harus mendapat asupan karbohidrat sebanyak 50% ditambah dengan protein dan lemak sehat.

Selain itu, pastikan vitamin dan mineral tak ketinggalan. Beberapa menu yang tepat untuk memenuhinya adalah kurma, bayam, salmon, brokoli, asparagus dan sup ayam.

Istirahat Cukup dan Hindari Stres

Pastikan untuk mengatur Istirahat dengan baik sehingga tidak mengakibatkan stres dan mengganggu kesehatan Moms.

Bila tubuh tiba-tiba merasa lemas, mual atau pusing sebaiknya batalkan puasa Moms. jangan sampai pula kurangnya istirahat membuat berat badan menurun yang akan berisiko pada janin.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Tempat Relaksasi Untuk Ibu Hamil Selama Puasa

Rutin Periksa Kehamilan

Periksakan kehamilan Moms untuk memastikan janin dapat beradaptasi dengan asupan nutrisi di bulan puasa. Selama berpuasa janin tidak ikut berpuasa sehingga asupan sepanjang hari sangat penting untuk diperhatikan pada waktu sahur dan berbuka.

Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas memang sangat menggugah selera terutama bagi Moms pecinta makanan pedas. Namun, tahukah Moms bahwa bagi ibu hamil, hal tersebut bisa memicu terjadinya kontraksi. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan pedas saat sahur atau berbuka puasa dapat memicu rasa mules dan menyebabkan diare.

Air Putih Agar Tak Dehidrasi

Air putih merupakan salah satu kandungan yang penting dalam hidup, terutama bagi ibu hamil yang menjalani puasa. Dengan menjaga kandungan air putih yang cukup saat sahur dan berbuka maka akan menghindarkan Moms dari risiko dehidrasi selama berpuasa seharian.

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait