Tren

TREN
30 Oktober 2017

Trik Permudah Tugas dengan Produk Google

Ini tips dan triknya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Setelah awalnya hanya fokus pada layanan internet, Google mulai merambah dunia lain yang lebih aplikatif. Google membuat beragam tool atau layanan yang bisa mempermudah berbagai tugas pengguna. Raksasa teknologi ini kemudian membuat tool-nya dalam bentuk produk digital agar applicable.

Kebanyakan layanan Google umumnya bersifat free to charge sehingga siapapun bisa menggunakannya dengan bebas.

Meski demikian, beberapa produk tersebut ada yang berkategori premium sehingga pengguna harus membayar terlebih dulu sebelum bisa memanfaatkannya dan berikut diantaranya,

1. Google Mail

Sempat dipandang sebelah mata oleh CEO Google Sundar Pichai saat pertama kali diluncurkan, faktanya layanan perpesanan Gmail kini menjadi dominan. Faktor keamanan dan kenyamanan karena antarmuka yang ramah menjadi alasan kenapa gmail banyak digunakan.

2. Google YouTube

Meski bukan merupakan produk asli buatan Google, nyatanya YouTube saat ini menjadi salah satu andalan Google. Saat ini YouTube sedang digandrungi para vlogger sebagai media untuk menyiarkan konten-konten orisinil mereka. Jika dikerjakan serius, video konten tersebut bisa menjadi peluang dalam meraup penghasilan!

3. Google Chrome

Jika dibanding layanan browser lainnya, Google Chrome terbilang masih baru. Meski demikian, penetrasi yang dilakukan oleh Google Chrome bisa dibilang mengalami peningkatan secara signifikan. Hasilnya, di Amerika browser Chrome lebih dominan ketimbang Firefox buatan Mozilla.

4. Google Docs

Produk yang satu ini sengaja dibuat untuk menyaingi monopoli Microsoft dalam bidang software office. Google Docs adalah layanan office yang bisa digunakan untuk menulis atau mengedit dan bisa digunakan secara berbarengan. Bahkan antarmuka yang diterapkan sama dengan Ms. Office.

5. Google Maps

Para petualang tentu sudah mengetahui tentang produk pemetaan dari Google ini. Google Maps adalah layanan peta digital dengan berbagai kemampuan. Jika dulu Google Maps hanya berisikan peta digital, sekarang Maps lebih pintar karena bisa memberi tahu lokasi tertentu seperti SPBU, ATM, fasilitas umum lainnya serta foto asli dari jalanan.

Baca juga: 5 Kejadian Aneh yang Diungkap Google Maps

6. Google Translate

Traveling ke luar negeri memang mengasikkan, untuk membantu para pelancong yang kesulitan dalam perbedaan bahas, Google Translate hadir untuk membantu. Saat ini, Google Translate punya fitur unik seperti menerjemahkan tulisan melalui kamera dari ponsel langsung.

7. Google Adsense

Ingin bekerja secara remote? Google memberi fasilitas berupa Google Adsense yang bisa memberi pemasukan melalui kerja secara online. Sederhananya, Google akan menampilkan iklan pada suatu website dan jika ada yang mengklik iklan maka si empunya website akan mendapat uang.

8. Google Adwords

Tak perlu mengotori dinding sekitar rumah dan tiang listrik di pinggir jalan hanya untuk promosi. Adwords merupakan produk Google untuk mewadahi para pebisnis yang ingin beriklan namun dengan cara efektif. Iklan yang dipasang di Adwords akan tersampaikan secara langsung ke target.

9. Google Photo

Untuk semakin mengintegrasikan penggunanya, Google kemudian menghadirkan produk baru lain seperti Google Photo. Disini, pemilik akun Google dipersilahkan untuk menyimpan berbagai foto. Cara ini juga bisa menghemat kapasitas penyimpanan telepon agar tidak cepat penuh.

10. Google Drive

Jika Google Photo hanya dikhususkan untuk menyimpan file dalam bentuk gambar, maka Google DRIVE sama sekali berbeda. Google Drive merupakan semacam penyimpanan awan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai koleksi digital mulai lagu, dokumen, video, dll.

Google seakan memudahkan penggunanya dengan membuat beragam produk yang bisa meningkatkan produktivitas. Hal ini akan berefek positif terhadap kinerja yang meningkat jika bisa diaplikasikan secara positif.

Dari daftar produk Google di atas, mana tool yang sering Mama gunakan?

(RIA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait