Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Rupa-rupa | Feb 3, 2018

Viral Video Pelecehan Seksual di Rumah Sakit, Ternyata Banyak Kasus Serupa Terjadi!

Bagikan



Selain kerap terjadi di transportasi umum dan tempat ramai lainnya, ternyata pelecehan seksual dapat terjadi dan dilakukan oleh petugas di rumah sakit, lho Moms.

Baru-baru ini, beredar sebuah video seorang wanita yang merupakan pasien rumah sakit sedang marah-marah terhadap seorang perawat pria yang dirasa telah melecehkannya. 

Dilecehkan Saat dibawah Pengaruh Obat Bius

Seorang wanita yang merupakan pasien di National Hospital Surabaya Barat terlihat sedang memarahi petugas rumah sakit tempatnya dirawat. Wanita ini merasa telah dilecehkan oleh petugas yang melakukan aksinya saat ia sedang dibawah pengaruh obat bius dan tak dapat berontak.

Dalam video ini juga terdengar bahwa pelaku akhirnya mengakui apa yang dilakukannya setelah didesak korban. "Kamu ngaku dulu apa yang kamu perbuat. Kamu ngaku dulu? Kamu ngaku dulu?" ucap korban sembari menangis.

Meski awalnya berkata khilaf, namun setelah terpojokkan pelaku berseragam itu pun akhirnya mengakui perbuatanya, meminta maaf serta menyalami korban dan beberapa orang lain dalam ruangan tersebut.

Pelecehan Pasca Operasi

pelecehan seksual di rumah sakit

Hal serupa terjadi di Banda Aceh, dimana seorang gadis berusia 17 tahun menjadi korban pelecehan seksual pasca operasi pada bagian telinga di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) pada Oktober 2017 lalu.

Korban yang masih setengah sadar usai operasi dibawa ke ruang tunggu sebelum masuk kamar perawatan, saat itulah pelaku yang merupakan petugas kebersihan masuk dan berpura-pura memperbaiki selang oksigen lalu melakukan aksinya. Tak hanya sekali, pelaku bahkan melakukannya hingga dua kali dan sempat kabur saat korban batuk.

Pelecehan Seksual Terhadap Pasien RSJ

pelecehan seksual di rumah sakit

Hal lain yang lebih membuat miris adalah terjadinya pelecehan seksual pada salah satu Rumah Sakit Jiwa (RSJ) beberapa tahun lalu. Para perawat yang kebanyakan pria seharusnya bisa menjaga martabat pasien mereka yang notabenenya sedang mengalami gangguan kejiwaan.

Namun hal ini agaknya tak berlaku bagi perawat pria yang malah melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu pasiennya di RSJ ini. Karena dirasa korban adalah seseorang dengan gangguan mental, ia bebas melakukan aksinya bahkan saat korban sedang sadar.

Korban sendiri pernah bercerita pada pihak lain namun tak dipercaya. Setelah korban sembuh, barulah hal ini dapat diproses ke jalur hukum.

Mencegah Terjadinya Pelecehan Seksual di Rumah Sakit

Melihat kasus-kasus pelecehan seksual yang terjadi di rumah sakit, agaknya tempat tersebut mulai harus jadi tempat yang perlu diwaspadai. Guna menghindari pelecehan seksual tersebut, ada baiknya Moms melakukan antisipasi dengan hal berikut:
1. Mintalah ditangani Perawat Wanita

Untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual oleh perawat pria, maka sebaiknya Moms meminta agar ditangani oleh perawat wanita saja. Terutama pasca operasi maupun bila di bawah pengaruh obat bius lainnya.

2. Didampingi dan Mendampingi Keluarga

Saat Moms sedang tak sadarkan diri, maupun hanya setengah sadar akibat pengaruh obat bius sebaiknya Moms meminta ijin pada pihak rumah sakit agar suami atau keluarga lain mendampingi Moms, begitu pula bila pasiennya adalah Si Kecil, upayakan agar Moms selalu mendampinginya. Mereka masih sangat kecil dan belum tentu paham saat menerima bentuk pelecehan seksual.


(MDP)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.