Fashion & Beauty

6 Juli 2021

9 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Wajah Berjerawat

Jerawat di wajah bisa diatasi dengan bahan ini, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Apa itu witch hazel? Witch hazel adalah tanaman herbal yang tumbuh di Amerika sebelah Utara, dan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit.

Biasanya, daun dan kulit kayu witch hazel dibuat menjadi teh dan salep. Kemudian sering diaplikasikan pada kulit dan kulit kepala. Bahan ini terkenal mampu meredakan peradangan pada kulit yang sensitif.

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu manfaatnya adalah untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Lantas, apa saja khasiatnya untuk kulit wajah, terutama bagi Moms yang kerap kali berjerawat?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner di Bawah 50 Ribu Agar Wajah Selalu Segar di Bulan Puasa

Manfaat Witch Hazel

Jika bahan witch hazel dipakai dalam produk skincare, apa khasiat dan kegunaannya? Yuk, kita cari tahu manfaat witch hazel untuk kulit!

1. Mengobati Jerawat

manfaat witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat anti inflamasi yang kuat dalam witch hazel mampu mengobati jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan secara langsung pada kulit yang berjerawat.

Bahan ini juga mampu mencegah bakteri penyebab jerawat sekaligus infeksi kulit. Oleh karena itu, bahan ini seringkali ditambahkan dalam produk jerawat yang dijual bebas dan sangat berguna untuk Moms yang memiliki tipe kulit berminyak.

2. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat witch hazel adalah dapat membantu melawan penuaan dini.

“Secara teoritis, kandungan witch hazel memiliki sifat antioksidan yang mampu membantu mengurangi dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit akibat sinar UV dan oksidasi polusi udara,” ujar Tsippora Shainhouse, dokter spesialis kulit bersertifikat di Los Angeles, seperti yang dikutip dari Teo's Healthy Lifestyle.

Menurut Tsippora, sifat astringennya membuat kulit wajah terlihat lebih kencang.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

3. Mengecilkan Pori-pori

manfaat witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Witch hazel kaya akan senyawa penyusun yang membuat protein di dalam sel-sel kulit menyatu,” kata Deborah Longwill, ahli dermatologi bersertifikat dan pendiri Miami Center for Dermatology.

Makanya produk yang witch hazel akan membuat pori-pori wajah Moms tampak lebih kecil.

4. Mengurangi Peradangan

manfaat witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat witch hazel dipercaya dapat menenangkan keadaan kulit yang merah, mengalami iritasi, atau bernoda.

Menurut Dr. Shainhouse, witch hazel bisa dijadikan sebagai produk yang berguna untuk kulit berjerawat atau terkena sengatan sinar matahari yang mengganggu penampilan.

Bahkan, Dendy Engelman, MD, dan Eudene Harry, MD, dari Oasis Wellness and Rejuvenation Center yang dikutip dari laman Byrdie menjelaskan bahwa witch hazel dapat meredakan gatal, kemerahan, dan iritasi akibat gigitan serangga.

Namun, pastikan untuk menghindari produk witch hazel dengan kandungan alkohol tinggi karena bisa kontraproduktif sehingga mungkin akan memperparah iritasi.

5. Mengangkat Minyak pada Kulit

witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Witch hazel yang kaya akan antioksidan dengan tanin, bertindak sebagai zat alami pada kulit yang dapat membantu mengurangi kelebihan minyak,” kata Dr. Schlessinger.

Inilah sebabnya mengapa bahan ini merupakan bahan yang populer dalam pembersih dan juga toner. Cukup oleskan witch hazel ke kapas dan bersihkan kulit sekali atau dua kali sehari menggunakan skincare dengan kandungan witch hazel.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Bebas Kilap

6. Menenangkan Mata Bengkak

manfaat witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Dr. Longwill, berkat sifat anti inflamasi dan astringennya, manfaat witch hazel adalah dapat mengurangi bengkak dan menenangkan area di bawah mata. Selain itu, juga memberikan efek pengencangan.

7. Memperbaiki Warna Kulit

warna kulit tidak merata

Foto: Orami Photo Stock

“Manfaat witch hazel lainnya, selain mengecilkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mengencangkan kulit, juga mampu memperbaiki warna kulit agar lebih merata,” kata Dr. Longwill.

Baca Juga: Perhatikan, Ini 5 Bahan Skincare yang Berbahaya Bagi Kulit Sensitif

8. Mengatasi Iritasi Kulit

iritasi kulit

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan witch hazel secara topikal ke kulit sensitif mungkin bermanfaat dalam pengobatan kulit yang meradang, teriritasi, atau rusak.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Library Medicine, diketahui bahwa witch hazel telah terbukti menekan eritema, kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh cedera atau iritasi hingga sebesar 27%.

Menurut penelitian dalam Journal of anti-inflammatory efficacy of topical preparations with 10% hamamelis distillate in a UV erythema test yang dilakukan pada 40 orang juga menemukan bahwa menggunakan lotion dengan ekstrak witch hazel sedikitnya 10% efektif dalam mengurangi peradangan kulit dan mengobati eritema.

Demikian pula, dalam penelitian kecil lainnya yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health yang menemukan bahwa sediaan topikal yang mengandung witch hazel dapat meredakan kulit wajah yang sensitif atau teriritasi.

Baca Juga: Iritasi Kulit karena Parfum, Apa Sebabnya?

9. Mengurangi Bekas Luka

stretch-marks.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kabar baik untuk Moms yang memiliki masalah bekas luka di beberapa bagian tubuh atau stretch mark. Moms dapat menggunakan produk dengan kandungan witch hazel di dalamnya.

Witch hazel dapat membantu kulit kendur atau berlebihan di sekitar bekas luka atau stretch mark, membantu meminimalkan bekas luka, dan mengencangkan kulit.

Baca Juga: 21+ Fakta Seputar Stretch Mark pada Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Cara Memilih Witch Hazel

cara memilih skincare dengan kandungan witch hazel

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui ragam manfaat dari kandungan witch hazel dalam skincare, Moms mungkin tertarik untuk menggunakannya.

Namun, Moms perlu memahami bagaimana cara memilih witch hazel yang tepat untuk kulit.

Perlu Moms ketahui bahwa dokter kulit menyarankan untuk memilih produk witch hazel yang bebas alkohol.

Witch hazel biasanya diekstraksi dengan alkohol untuk membuat toner astringen. Namun, “jika kandungan alkohol terlalu tinggi untuk kulit Anda, maka akan mengering atau menyebabkan gangguan pada fungsi pelindung kulit,” kata Dr. Longwill.

Saat membeli witch hazel, Dr. Longwill merekomendasikan untuk mencari produk yang juga mengandung bahan penghidrasi, seperti hyaluronic acid atau aloe vera, agar penggunaan produk tidak terlalu membuat kulit terasa kering.

Baca Juga: 7 Manfaat Retinoid, Kandungan Skincare untuk Samarkan Tanda Penuaan

Untuk menghindari reaksi yang merugikan, baca label untuk memastikan tidak mengandung bahan yang membuat kulit Moms menjadi sensitif atau alergi.

Jika Moms tidak yakin, lakukan uji produk pada area kulit yang kecil dan terkonsentrasi terlebih dahulu selama 24 jam. Misalnya, di lengan untuk melihat apakah terjadi reaksi sebelum menggunakannya di kulit wajah.

Apabila tidak ada tanda iritasi atau alergi, seperti kemerahan, gatal, atau gejala lain yang tidak nyaman di kulit, maka boleh diaplikasikan pada area kulit yang lebih luas.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat yang diberikan oleh witch hazel. Jika Moms ingin memiliki skincare dengan bahan ini, jangan lupa perhatikan beberapa cara memilih dan menggunakannya dengan tepat seperti yang telah disebutkan di atas, ya.

  • https://teoshealthylifestyle.com/blog/2019/11/witch-hazel-benefits-for-skin-and-how-to-choose-the-best-witch-hazel/
  • https://www.healthline.com/nutrition/witch-hazel-benefits-uses#TOC_TITLE_HDR_9
  • https://www.byrdie.com/witch-hazel-uses-4844390
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11867970/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9621139/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4524272/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait