10 August 2023

10 Bumbu Pedas di Dapur Moms yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Cek ada bumbu apa saja yang bisa menyehatkan!

6. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih tidak hanya memiliki aroma yang sangat wangi, tapi juga bermanfaat bagi tubuh.

Bumbu ini sudah menjadi obat herbal sejak zaman dulu. Bawang putih mengandung allicin senyawa sulfur lainnya yang berperan sebagai antibiotik dan memperbaiki sistem imun tubuh.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Potential Health Benefit of Garlic Based on Human Intervention Studies dijelaskan kalau bawang putih juga bisa mencegah risiko penyakit tumor dan kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga kadar gula darah.

7. Bawang Bombay

Bawang Bombay
Foto: Bawang Bombay (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

Ada bawang putih, ada juga bawang bombay yang dinilai memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Jika dibandingkan dengan bawang putih, bawang bombay memang memiliki sensasi rasa pedas yang lebih dominan. Bahkan saat masih mentah, bawang bombay bisa membuat Moms menitikkan air mata karena aroma pedasnya.

Bawang bombay memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi dan anti peradangan yang sangat tinggi.

Inilah yang membuatnya dikenal sebagai bumbu pedas yang bisa menurunkan risiko kanker, melindungi pembekuan darah,

Baca Juga: 17 Manfaat Bawang Bombay untuk Tubuh, Mencegah Kanker hingga Atasi Ketombe!

8. Daun Mint

Di negara-negara Eropa dan Amerika, penggunaan daun mint sudah sangat wajar digunakan.

Daun mint menjadi bumbu pedas yang tak hanya bisa memberikan sensasi pedas pada masakan, tapi juga rasa menyegarkan.

Daun mint memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, beta karoten, zat besi, natrium, folat, hingga vitamin A dan C.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, daun mint bermanfaat untuk mengurangi gejala batuk pilek, menyegarkan nafas, mengobati jerawat, meningkatkan fungsi otak, mengobati asma, hingga meredakan nyeri kepala.

Dalam jurnal penelitian yang berjudul The Wonderful Activities of the Genus Mentha: Not Only Antioxidant Properties dijelaskan kalau daun mint juga bisa mencegah risiko kanker.

9. Basil

Basil (Orami Photo Stock)
Foto: Basil (Orami Photo Stock)

Selain daun mint, ada daun basil yang juga menjadi bumbu pedas yang baik bagi kesehatan tubuh.

Daun basil memiliki aroma yang sangat wangi dan khas, sedangkan rasa pedas pada daun basil tidak setajam daun mint sehingga lebih disukai.

Daun basil banyak digunakan pada masakan khas Italia seperti pizza hingga pasta.

Di dalam daun basil terdapat kandungan sifat antiinflamasi yang sangat tinggi sehingga bisa menurunkan risiko peradangan.

Kandungan lain yang ada di dalam daun basil adalah antioksidan, anti radang, beta karoten, hingga eugenol yang mampu mencegah penyakit jantung, mengatur kadar gula dalam darah, dan mencegah penyakit kanker.

Baca Juga: 9 Manfaat Tersembunyi dari Daun Basil, Rempah yang Wajib Ada di Masakan Italia

10. Paprika Bubuk

Bumbu dapur yang terakhir adalah paprika bubuk. Paprika bubuk sering digunakan sebagai bahan campuran pada beragam kuliner asal Eropa.

Selain menjadi bahan campuran makanan, paprika bubuk juga sering digunakan sebagai bahan taburan untuk menambah rasa pedas.

Berbeda dari cabai, paprika memiliki rasa pedas yang tidak terlalu dominan sehingga lebih disukai.

Di dalam paprika bubuk terdapat kandungan capcaisin yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah, zat besi yang bisa mencegah terjadinya anemia, vitamin E yang mengoptimalkan sel darah merah, dan lutein dan zeaxanthin yang bisa meningkatkan kesehatan mata.

Itulah beberapa bumbu pedas dapur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi mulai sekarang Moms jangan ragu-ragu untuk menggunakan bumbu pedas tersebut untuk memasak ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8839052/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23768180/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16033651/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7402177/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7923432/#
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/herbs#:~:text=Consuming%20herbs%20may%20help%20to,lemongrass%20may%20help%20lower%20cholesterol.
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-healthy-herbs-and-spices
  • https://www.washingtonpost.com/lifestyle/wellness/the-health-benefits-of-herbs/2015/04/13/4668c73a-dd59-11e4-acfe-cd057abefa9a_story.html

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb