Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
9 Juni 2020

4 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Bukan sekadar dengan nasihat dan hadiah, lakukan ini supaya Si Kecil lebih semangat belajar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak orang tua berpikir memberikan hadiah dan hukuman adalah cara meningkatkan motivasi belajar anak yang paling efektif. Padahal setiap anak memiliki keunikan karakter dan gaya belajar, sehingga harus diberikan motivasi dengan pendekatan yang berbeda pula.

Dalam bidang psikologi sendiri diketahui ada dua tipe motivasi utama, yaitu:

  • Motivasi intrinsik yang datang dari dalam diri, seperti rajin olahraga supaya tubuh lebih fit atau ikut klub olahraga untuk mengisi waktu luang dengan produktif.
  • Motivasi ekstrinsik yang dipicu oleh hal eksternal, seperti mendapatkan nilai bagus supaya dapat hadiah dari orang tua atau ikut les bahasa supaya bisa memenuhi syarat beasiswa.

4 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak

Dengan cara yang tepat, Moms bisa memberikan kedua tipe motivasi tadi supaya Si Kecil lebih semangat belajar. Yuk Moms, cari tahu caranya!

1. Ikuti Minat Anak

4 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak 1.jpg

Foto: Thoughtco.com

Belajar dengan mengikuti metode pembelajaran konvensional dan materi kurikulum dalam buku yang kurang variasi terkadang bisa terasa jenuh dan membosankan bagi anak lho, Moms.

Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar anak yang efektif, menyenangkan, dan interaktif adalah dengan memadukan materi belajar dengan topik yang sedang diminati anak.

Bila Si Kecil sedang gemar dengan roket dan hal berbau luar angkasa, Moms bisa mengajaknya mencari buku, gambar, atau cerita yang berhubungan. Kemudian Si Kecil bisa belajar berhitung dengan planet di tata surya sebagai objek atau menghafal rumus dengan menggunakan lintasan roket sebagai contoh.

Baca Juga: Haruskah Anak Diberi Hadiah Supaya Mau Belajar?

2. Fokus Pada Proses dan Usaha

4 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak 2.jpg

Foto: Starmommy.com

Banyak orang tua menjadikan nilai sebagai ukuran mutlak usaha dan kemampuan anak dalam belajar, padahal setiap anak memiliki kecepatan belajar serta kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Menurut pakar belajar anak dan remaja Daniel Wong, terlalu fokus pada nilai membuat anak mudah menyerah saat menemui kendala dan enggan mencoba hal baru yang tidak dikuasainya. Selain itu, anak juga kehilangan kesenangan dalam belajar dan cenderung menganggapnya sebagai paksaan.

Supaya Si Kecil lebih termotivasi, tanamkan kebiasaan untuk menikmati proses belajar dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Ajarkan Si Kecil untuk tidak terpaku pada materi belajar yang diberikan dan aktif mencari materi pendukung, baik itu berupa video, permainan interaktif, tutorial, dan semacamnya.

Ingatkan pula kalau kendala dan kesalahan yang dilakukannya dalam belajar adalah sebuah kesempatan untuk memperbaiki diri dan mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Kinestetik Belajar di Rumah

3. Kenalkan Dengan Berbagai Gaya Belajar Berbeda

4 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak 3.jpg

Foto: Usatoday.com

Tahukah Moms, kalau setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda? Berbagai hasil studi ilmiah, termasuk dari National Institute of Health, menemukan ada empat gaya belajar utama yang dikenal dengan VARK, yaitu:

  • Visual/Spasial: Lebih mudah belajar dengan media dan alat bantu visual seperti gambar, video, atau foto.
  • Aural/Auditori-Musikal: Lebih mudah belajar dengan media dan alat bantu berbentuk audio, seperti podcast, irama, rekaman suara, atau lagu.
  • Verbal/Linguistik: Lebih mudah belajar dengan menggunakan kata, baik dalam tulisan atau wicara, seperti membaca buku atau menulis catatan.
  • Kinestetik/Fisik: Lebih mudah belajar dengan menggunakan gerakan tubuh, tangan, dan peraba, seperti media multisensori.

Gaya belajar yang tepat membantu anak lebih mudah menangkap dan memahami materi pelajaran, sehingga belajar terasa lebih menyenangkan. Jadi, tak ada salahnya mengenalkan anak dengan gaya belajar berbeda untuk menambah motivasi belajarnya ya, Moms.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Anak Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah

4. Berikan Kesempatan Untuk Memegang Kendali

4 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak 4.jpg

Foto: Goodhousekeeping.com

Tanpa disadari, anak hanya diberikan sedikit kendali dalam proses belajarnya. Di sekolah ia harus mengikuti metode dan kurikulum yang sudah diatur, sedangkan waktu dan cara belajar di rumah pun seringkali ditentukan oleh orang tua.

Menurut Center on Developing Child Harvard University, memberikan lebih banyak kendali akan meningkatkan rasa tanggung jawab, motivasi, sekaligus membuat proses belajar lebih menyenangkan bagi anak.

Contohnya, tidak menentukan kapan anak harus belajar dan mengerjakan PR tapi mengingatkan kalau Moms dan Dads hanya bisa membantunya belajar di waktu tertentu setiap hari, atau mempercayakan anak memilih sendiri ekstrakurikuler yang ingin diikutinya.

Baca Juga: Cek Gaya Belajar Anak

Memberikan pujian dan hadiah secara tepat juga penting dalam cara memberikan motivasi belajar pada anak, tapi pastikan tidak menjadi satu-satunya tujuan anak untuk belajar ya, Moms.

Nah, bagaimana cara Moms memberikan motivasi belajar pada Si Kecil?

Artikel Terkait