Balita dan Anak

6 Maret 2020

4 Cara Membantu Anak untuk Keluar dari Rasa Takutnya

Moms harus bisa memahami rasa takutnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Upaya untuk membantu anak keluar dari rasa takutnya merupakan salah satu hal yang harus Moms kuasai. Pasalnya saat masih anak-anak, biasanya Si Kecil akan mengalami ketakutan pada suatu hal. Yang harus Moms lakukan adalah dengan membantu anak keluar dari rasa takutnya itu.

Cara Membantu Anak Keluar dari Rasa Takutnya

Melansir dari Parenting NY Times, berikut cara membantu anak keluar dari rasa takutnya:

1. Memahami Rasa Takutnya

membantu anak keluar dari rasa takutnya

Foto: pixabay

Moms, hal pertama yang bisa Moms lakukan untuk membantu anak keluar dari rasa takutnya adalah dengan memahami rasa takutnya.

Tanyakan secara perlahan hal yang membuat Si Kecil merasa sangat ketakutan. Perlahan koreklah informasi dari Si Kecil perihal hal yang menyebabkan ia takut dengan hal yang ia takuti. Beberapa hal memang dapat membuat Si Kecil ketakutan, sehingga orang tua harus memahami itu.

Sebagai orang tua, sebaiknya mengerti akan rasa takut yang dirasakan Si Kecil, apalagi jika rasa takutnya terjadi karena adanya trauma.

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Tidak Mudah Takut

2. Tetap Tenang dan Kembali Memberinya Perhatian

membantu anak keluar dari rasa takutnya

Foto: pixabay

Hal kedua yang bisa Moms lakukan adalah dengan tetap tenang dan kembali memberinya perhatian. Kembali memberi perhatian di sini dimaksudkan dengan cara memberikan perhatian yang lebih kepadanya ketika ia sedang merasa takut.

Thomas Ollendick, Ph.D., seorang psikolog dan direktur Child Study Center di Virginia Tech mengatakan bahwa Moms dapat membuatnya merasa nyaman untuk terus mendukungnya.

Ia juga mengatakan bahwa Si Kecil memang membutuhkan rasa empati yang tinggi dari kedua orangtuanya. Sehingga Moms dapat membuat Si Kecil merasa aman dan nyaman, salah satunya dengan tetap tenang.

Saat Si Kecil sudah mulai menguasai dirinya sendiri, Moms dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk bertanya kepada Si Kecil. Tunjukan rasa simpati dan empati Moms kepada Si Kecil saat ia berhasil mengalami rasa ketakutannya tersebut. Cobalah beri kalimat positif kepadanya terhadap sesuatu yang sangat ia takuti.

Baca Juga: Anak Takut Naik Pesawat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Paparkan dan Jangan Menghindari

membantu anak keluar dari rasa takutnya

Foto: pixabay

Moms, berkomunikasi memang cara yang baik untuk menjaga hubungan dengan Si Kecil. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu anak keluar dari rasa takutnya adalah dengan memaparkan pandangan Moms akan hal tersebut.

Jangan sekali-kali Moms menghindari adanya percakapan tersebut. Pasalnya pandangan dari Moms rupanya juga dapat membuka mata Si Kecil akan hal yang membuat dirinya sangat takut.

Pandangan dari orang lain dapat membuat Si Kecil akan menyadari hal-hal yang tak perlu ia takutkan.

Baca Juga: Anak Takut Bertemu Orang Baru, Bagaimana Mengatasinya?

4. Pantau Diri Sendiri Terlebih Dahulu

membantu anak keluar dari rasa takutnya

Foto: pixabay

Sebelum Moms membatu anak keluar dari rasa takutnya, sebaiknya Moms terlebih dahulu untuk memantau diri Moms sendiri. Jangan sampai Moms juga mengalami ketakutan akan hal yang sama dengan Si Kecil.

Saat Moms memiliki ketakutan yang sama dengan Si Kecil, Moms akan mengetahui apa yang membuat hal tersebut ditakutkan, sehingga Moms akan mudah mengerti.

Tamar Chansky, Ph.D, seorang psikologis klinis mengatakan bahwa Moms harus berhenti membantu si Kecil saat Moms memiliki ketakutan yang sama. Buat diri Moms tenang terlebih dahulu, baru Moms dapat membantu anak keluar dari rasa takutnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait