Bayi

BAYI
1 April 2020

5 Cara Memaksimalkan Kemampuan Bayi Bicara

Membangun interaksi nyata akan memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Semua orang tua pasti bahagia saat bayi sudah bicara kata pertamanya. Meski perkembangan setiap bayi berbeda-beda, namun ada tolak ukur yang menandakan perkembangan bicara bayi berlangsung sesuai usianya.

Dikutip dari Mayo Clinic, di akhir usia 12 bulan, bayi biasanya sudah dapat menirukan suara orang bicara, mengucapkan beberapa kata (seperti dada atau mama), mengerti petunjuk sederhana (seperti: Mari ke sini), mengenali penyebutan beberapa barang umum (misalnya: sepatu), dan berpaling menuju sumber suara.

Inilah Caranya Memaksimalkan Kemampuan Bicara Pada Bayi

Hingga bayi mencapai perkembangan bicaranya tersebut, Moms dan Dads dapat membantu memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi, bahkan sedini mungkin, dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Perhatikan Tangan Bayi

1 Perhatikan Tangan Bayi.jpg

Foto: Shitota Yuri – Unsplash.com

Kosa kata yang dipahami anak berusia sekitar satu tahun sebenarnya lebih banyak dari yang dapat mereka ucapkan.

“Untuk anak usia satu tahun, menggunakan gerakan tubuh sebagai komunikasi nonverbal merupakan keterampilan penting yang perlu didorong,” ungkap Profesor Kedokteran Anak di Medical University of South Carolina, Charleston, Michelle Macias, M.D., seperti dikutip dari parents.com.

Misalnya, saat bayi melambaikan tangannya seperti orang yang sedang berpisah, Moms ikuti gerakannya dan ucapkan kata ‘bye-bye!’ atau saat bayi menunjuk ke sebuah gelas, tanyakan padanya ‘Apakah kamu mau gelas ini?’.

Moms juga bisa memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi melalui lagu dan gerakan, contohnya lagu "The Wheels on the Bus" untuk membantu bayi menghubungkan kosa kata dengan pergerakannya.'

Baca Juga: Kenali Tahapan Perkembangan Kemampuan Berbicara Bayi

2. Ucapkan Secara Jelas

2 Ucapkan Secara Jelas.jpg

Foto: Ana Tablas – Unsplash.com

Meskipun tidak masalah bagi bayi untuk menyebut botolnya dengan sebutan singkat, seperti ‘Num Num’ (dari kata minum), namun Moms dan Dads tetap harus menggunakan kosa kata yang tepat saat berbicara kepada bayi.

“Orang tua harus berada satu langkah di depan kemampuan anak,” ungkap Dokter anak bidang perkembangan dan perilaku di Concord, North Carolina, Stuart Teplin, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Untuk memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi, gunakan kata yang jelas dan bukan mengikuti kata yang digunakan bayi dalam menunjuk bendanya. Cara ini juga akan membantu memperluas kosa katanya.

Baca Juga: Bayi Perempuan Lebih Cepat Berbicara, Mitos atau Fakta?

3. Gunakan Kalimat Panjang

3 Gunakan Kalimat Panjang.jpg

Foto: The Honest Company – Unsplash.com

Daripada hanya menggunakan kalimat pendek, gunakanlah kalimat panjang untuk memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi.

Misalnya, jika biasa Moms mengatakan ‘Ini jeruk’, akan lebih baik jika merubahnya dengan ‘Mama akan meletakkan buah jeruk ini di mangkuk bersama dengan pisang, apel, dan anggur’.

“Cara ini akan membuat jaringan makna yang kemudian akan membantu anak belajar kata-kata baru,” ungkap Profesor Psikologi di Universitas Stanford, Dr. Anne Fernald, seperti dikutip dari cbsnews.com.

Baca Juga: Tentang Kata Pertama Bayi: Cara Simple Mengajarkan Bicara

4. Beri Balasan

4 Beri Balasan.jpg

Foto: 2081671 – Pixabay.com

Saat bayi mencoba mengatakan sesuatu, hargai usahanya dengan cara yang positif guna memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi.

Misalnya dengan menanggapi apa yang sedang coba ia sampaikan, tanpa perlu memperbaiki pelafalannya.

Sebagai contoh, saat bayi melihat Dads pergi dan bayi berkata ‘ Papa bye-bye’, maka Moms bisa membalas kata-kata bayi dengan ‘Ya, papa pergi bekerja’.

Baca Juga: Bicara dengan Bayi, Apa yang Sebaiknya Moms Bicarakan?

5. Bangun Interaksi

5 Bangun Interaksi.jpg

Foto: Neil Dodhia – Pixabay.com

Bayi dan anak-anak menyukai musik, sehingga menyanyi merupakan salah satu cara memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi. Moms bisa mengajarkannya bernyanyi lagu-lagu yang mudah diikuti atau menghasilkan banyak suara (Old MacDonald).

Namun jangan terbuai untuk memperdengarkannya musik melalui TV atau video. Untuk saat ini, ada baiknya Moms membuat interaksi nyata antara anak dan orang tua, karena mereka akan lebih mendengar dan merespon lebih baik dibanding melalui TV.

Dengan memaksimalkan kemampuan bicara pada bayi sejak dini, bayi akan bertumbuh sesuai dengan perkembangan usianya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait