Newborn

21 Desember 2020

Si Kecil Punya Ruam Susu? Ini 5+ Cara Mengatasinya dengan Obat Pipi Bayi Kena ASI

ASI ternyata bisa mengatasi ruam susu pada bayi, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Ruam susu atau Dermatitis Atopik ditunjukkan dalam bentuk bintik-bintik merah pada pipi bayi. Menurut National Institutes of Health (NIH), eksim biasanya berkembang saat bayi berusia 3-6 bulan.

Banyak orang yang mengira bahwa munculnya ruam susu pada bayi merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh ASI.

Faktanya, ruam susu tidak disebabkan oleh ASI. Umumnya, ruam susu dialami oleh bayi dengan orang tua yang memiliki riwayat alergi.

Ruam dapat terjadi pada bayi ASI setelah ibunya mengonsumsi alergen makanan, seperti telur atau ayam. Penyebab ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Baca Juga : 4 Jenis Alergi yang Bersifat Genetik Pada Bayi

Selain itu, ruam susu juga dapat dipicu oleh polusi udara, tungau, panas, debu atau kuman-kuman kecil yang terbawa udara maupun benda-benda di dalam rumah seperti bantal dan selimut.

Ruam susu dapat menimbulkan rasa gatal. Karena lokasinya di pipi, ruam susu sangat mudah tergores oleh tangan bayi.

Hal tersebut dapat memicu ruam melepuh dan menyebabkan luka terbuka. Luka-luka tersebut kemudian dapat menyebabkan bakteri dan infeksi.

Lalu, apa saja obat pipi bayi kena ASI?

Meskipun sebenarnya ruam susu tidak membutuhkan obat apapun dan dapat menghilang dengan sendirinya, tidak sedikit orang tua yang berusaha untuk segera mengatasinya.

Apakah Moms salah satunya? Jika iya, maka Moms bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Obat Pipi Bayi Kena ASI yang Alami

Obat Pipi Bayi Kena ASI

Foto: Orami Photo Stock

Di bawah ini merupakan beberapa obat pipi bayi kena ASI yang alami untuk mengatasi ruam susu pada bayi yang bisa Moms coba di rumah.

1. Cari Tahu Pemicunya

Salah satu hal terpenting yang dapat Moms lakukan untuk ruam susu pada Si Kecil adalah mencari hal-hal di lingkungan kita yang tampaknya memicu kekambuhan bayi atau memperburuknya.

Bisa jadi produk di rumah yang dapat menyebabkan atau berkontribusi pada masalah tersebut.

Pada bayi, pemicu paling umum adalah hal-hal yang menyentuh kulitnya.

Jarang, alergen lingkungan seperti jamur atau serbuk sari mungkin menjadi pemicunya. Pemicu lain yang diketahui jarang terjadi pada bayi adalah infeksi dan stres. Pemicu umum bayi adalah:

  • sabun dan deterjen yang keras
  • wewangian
  • kain pakaian yang kasar atau tidak bisa bernapas
  • keringat
  • kelebihan air liur

2. Bunga Melati

Di Asia Tenggara, bunga melati putih umumnya seringkali digunakan dalam pengobatan alami karena mengandung senyawa penyembuhan.

Bukan hanya dapat digunakan sebagai obat penenang, anti-depresi dan afrodisial, melati dianggap sebagai salah satu obat pipi bayi kena ASI yang alami untuk mengatasi ruam susu.

Cara menggunakannya cukup dengan mendinginkan bunga melati sebelum digunakan. Kemudian gosokkan dengan lembut pada pipi bayi yang mengalami ruam susu.

Kandungan minyak yang dilepaskan bunga melati tidak hanya efektif mengatasi ruam tetapi juga membantu melembabkan kulit bayi.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

3. Wondercream

Dianggap sebagai salah satu solusi ruam susu terbaik, Wondercream memang sangat efektif dan murah sebagai obat pipi bayi kena ASI.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni cukup dengan mengaplikasikanya secara tipis ke bagian kulit yang mengalami ruam. Krim ini akan menenangkan dan menyembuhkan ruam susu dengan cepat.

4. Mid Cleanser

Mid cleanser juga merupakan obat pipi bayi kena ASI yang dianggap ampuh untuk mengatasi ruam susu. Bahkan mid cleanser adalah obat paling lembut yang sangat efektif mengatasi ruam susu pada bayi.

5. ASI

Percaya atau tidak, ASI dianggap sebagai salah satu obat pipi bayi kena ASI dan bukan penyebab dari munculnya ruam tersebut.

ASI juga dianggap sebagai metode pengobatan yang paling aman digunakan dan memiliki sifat penyembuhan alami.

Untuk menggunakannya cukup basahi bola kapas menggunakan ASI dan usapkan secara lembut pada bagian kulit yang mengalami ruam hingga ruamnya hilang.

Baca Juga : Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

6. Oleskan Kain Basah

Jika bayi Moms mengalami ruam yang sangat parah, tanyakan kepada dokter anak tentang melakukan balutan basah, atau terapi balutan basah.

Perawatan ini kadang-kadang digunakan dengan krim steroid resep di bawah pengawasan medis yang ketat.

Bungkusnya membantu memastikan bahwa perawatan topikal tetap lembap dan lebih terserap ke dalam kulit.

Cara mengaplikasikan balutan basah:

  • Mandikan bayi Moms, dan keringkan kulitnya dengan lembut.
  • Oleskan krim atau pelembap.
  • Basahi kain kasa atau pakaian katun dengan air bersih hangat, dan aplikasikan ke area yang terkena.
  • Tutupi lapisan basah dengan lapisan tipis pakaian kering, dan biarkan pembalut selama tiga hingga delapan jam.
  • Moms bisa terus mengaplikasikan pembalut basah selama 24 hingga 72 jam atau semalaman. Lanjutkan selama maksimal satu minggu.

Sebelum menggunakan terapi bungkus basah sebagai obat pipi bayi kena ASI, selalu diskusikan dengan dokter anak kita.

Untuk membersihkan ruam pada pipi bayi, pastikan untuk menyeka bagian kulit bayi yang mengalami ruam menggunakan kain basah bersih setiap kali setelah selesai menyusu.

7. Mandi Air Hangat dengan Pelembap

Memandikan bayi dengan air hangat sebentar adalah salah satu obat pipi bayi kena ASI alami yang paling efektif yang dapat Moms lakukan untuk mengobati dan mengatasi dermatitis pada bayi di rumah.

Mandi air hangat setiap hari tidak lebih dari 5 atau 10 menit biasanya bermanfaat, selama Moms segera mengoleskan pelembap ke kulit bayi setelah mandi.

Gunakan air hangat di bak mandi. Jauhi sabun sintetis atau bahan pembersih yang keras atau beraroma harum.

Karena setiap anak berbeda, jadi Moms harus memperhatikan bagaimana kulit bayi merespons frekuensi mandi. Beberapa bayi mungkin merespons mandi dengan lebih baik setiap dua hari sekali.

Penting untuk menepuk bayi dengan lembut hingga kering setelah mandi, meninggalkan sedikit kelembapan pada kulitnya.

Kemudian oleskan pelembap ke kulit lembap mereka untuk membantu mencegah kulit mengering sebagai obat pipi bayi kena ASI yang muda dilakukan.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Ibu Baru

Cara Mengatasi Ruam Susu pada Wajah Bayi

ruam susu pada pipi bayi

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui apa saja obat pipi bayi kena ASI. Lalu, bagaimana cara mengatasi ruam susu pada wajah bayi?

Ruam susu adalah bintik putih yang sangat kecil atau benjolan yang muncul di wajah, terutama di sekitar mata, hidung, pipi, dan dahi (jadi pada dasarnya ada di wajah bayi).

"Ruam susu bayi adalah kista kecil yang akan berkembang beberapa bayi seiring berjalannya waktu, dan ada juga yang sejak lahir. Ini adalah masalah kulit umum yang akan dialami banyak bayi, bintik susu kecil ini tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan oleh orang tua," jelas Dr Yiannis Ioannou, Konsultan Dokter Anak di The Portland Hospital, bagian dari HCA Healthcare UK.

Mereka sebenarnya adalah kantung kecil kecil berisi keratin, yang merupakan protein yang biasanya ditemukan di jaringan kulit, rambut, dan sel kuku.

Ruam susu dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak tetapi penyebabnya berbeda dan sangat umum terjadi pada bayi baru lahir, dengan sekitar 40% bayi mengembangkannya.

Lalu, seperti apa obat pipi bayi kena ASI yang sebabkan ruam susu ini?

“Ruam susu akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan saat bayi tumbuh. Namun, Moms dapat terus membasuh wajah bayi dengan air, diikuti dengan pelembap yang lembut. Walaupun ruam susu mungkin terlihat seperti komedo putih kecil, pastikan Moms tidak tergoda untuk memencet atau memecahkannya," kata Dr. Yiannis.

Keratin tidak dapat dilepaskan melalui pori-pori sehingga hanya akan merusak kulit halusnya, membuatnya perih dan rentan terhadap infeksi.

Baca Juga: Review Popok Fluffy Baby Diapers, Tidak Menimbulkan Ruam!

Jaga kebersihan kulit mereka dengan air dan sabun lembut bayi. Ruam ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Jika Moms tidak yakin bisa sembut setelah beberapa minggu atau bulan di wajah Si Kecil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan kepastian.

Nah, itulah beberapa pilihan obat pipi bayi kena ASI alami yang dapat Moms gunakan untuk membantu mengatasi ruam susu pada bayi.

Pengobatan ruam susu mana yang kira-kira ingin Moms gunakan?.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait