31 May 2019

5 Kuliner Maknyus di Jalur Mudik Selatan yang Harus Dicoba

Pernah mencoba Sroto Sokaraja Moms?

Apakah Moms termasuk salah satu yang akan mudik ke kampung halaman melewati jalur selatan? Atau baru pertama kalinya mudik melewati jalur selatan?

Nah, setelah sebelumnya Orami telah membahas kuliner yang bisa dicoba di jalur pantura, kali ini akan kita bahas 5 kuliner di jalur mudik selatan yang maknyus. Apa aja, simak ya Moms:

1. Bandung – Lalapan dan Sambal

kuliner jalur selatan
Foto: kuliner jalur selatan

Foto: travel.tribunnews.com

Saat melewati Kota Bandung, biasanya yang langsung teringat di pikiran adalah lalapan dan sambal. Di kota ini memang banyak warung makan sampai restoran yang menjual sajian masakan khas Sunda dengan lalapan dan sambal, mulai dari Restoran Alas Daun, RM Sindang Reret, RM Manjabal 2, dan masih banyak lagi.

Namun jika Moms dan keluarga ingin mendapatkan suasana yang lebih menyenangkan dan menyatu dengan alam, maka sederetan warung makan di daerah Punclut menjadi pilihan terbaiknya. Pedasnya sambal, segarnya lalapan, disantap bersama nasi merah yang menggugah selera untuk mengisi energi saat mudik.

Baca Juga: Bandara Baru Jogja di Kulon Progo Segera Diresmikan, Ini Dia Daftar Kuliner Enak di Kulon Progo

2. Tasikmalaya – Nasi Tutug Oncom

kuliner jalur selatan
Foto: kuliner jalur selatan

Foto: wonderfulisland.id

Setelah tiba di Kota Tasikmalaya, nasi tutug oncom menjadi pilihan terbaik kuliner maknyus di jalur mudik selatan yang patut Moms dan keluarga coba.

Nasi tutug oncom adalah masakan khas Sunda yang dibuat dengan campuran nasi putih dengan oncom serta bumbu rempah lainnya.Bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari campuran kencur, bawang, dan rempah lainnya.

Ada sejumlah warung makan nasi tutug oncom yang ada di Kota Tasikmalaya, bahkan ada yang buka selama 24 jam penuh lho Moms.

3. Banyumas – Sroto Sokaraja

kuliner jalur selatan
Foto: kuliner jalur selatan (Orami Photo Stock)

Foto: tripzilla.id

Bisa saja, Moms dan keluarga tiba di Kabupaten Banyumas saat menjelang waktu berbuka puasa. Menyantap sroto Sokaraja menjadi sajian berbuka puasa yang cocok untuk disantap.

Ada banyak warung makan soto Sokaraja yang legendaris di sini, mulai dari Soto Kecik Sokaraja, Soro Sutri 1 Sokaraja, Soto Jalan Bank, Raja Soto Lama H.Suradi, dan lainnya.

Gurihnya kuah sroto dipadu dengan isi tauge, daun bawang, suwiran ayam, soun dan mi membuatnya semakin nikmat. Apalagi Moms menyantapnya itu dengan tempe mendoan yang masih panas. Duh duh duh…

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

4. Purworejo – Dawet Ireng

kuliner jalur selatan
Foto: kuliner jalur selatan

Foto: purworejoberirama.com

Jika hari masih siang dan sedang melewati Kabupaten Purworejo, sepanjang jalan batas kota sampai dalam Kota Purworejo ini kita bakal menemukan sederetan penjual Es Dawet Ireng. Ya Moms, es dawet ireng ini adalah kuliner khas dari Kabupaten Purworejo.

Dawet berwarna hitam yang terbuat dari tepung sagu dengan campuran pewarna alami dari merang atau pembakaran jerami. Dipadukan dengan kuah santan, gula aren kental, dan es batu membuatnya sangat terasa menyegarkan diminum di siang hari.

5. Yogyakarta – Gudeg Malam Hari

kuliner jalur selatan
Foto: kuliner jalur selatan

Foto: travelingyuk.com

Ketika Moms dan keluarga tiba malam hari atau tengah malam di Kota Jogja, gudeg menjadi kuliner maknyus di jalur mudik selatan yang harus dicoba selanjutnya. Apalagi cita rasa gudeg yang disantap di malam hari itu sungguh berbeda lho Moms.

Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Pawon, Gudeg Permata, Gudeg Bu Tekluk (Bromo), Gudeg Lesehan Bu Sastro adalah sederetan penjual gudeg yang paling laris di kota ini. Biasanya mereka baru membuka warungnya setelah jam 9 malam sampai menjelang pagi hari lho Moms.

Menyantap gudeg, ditemani dinginnya malam Kota Jogja, dan alunan dari musisi jalanan di sini membuat Moms bakal terus merindu.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

Itu dia Moms 5 kuliner maknyus di jalur mudik selatan yang bisa dicoba. Sebenarnya masih banyak kuliner lain di kota-kota lain di selatan pulau Jawa yang bisa dicoba, namun sayangnya tidak bisa disebutkan satu per satu.

Agar makin nyaman, Moms juga dapat melengkapi kebutuhan mudik dengan berbelanja di promo mudik Orami, lho. Moms jadi tidak perlu repot mempersiapkan barang-barang keperluan mudik! Selamat mudik, Moms!

(IRN)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb