Resep

6 Januari 2021

5+ Menu MPASI untuk Bayi Diare, Mudah dan Lezat!

Utamakan makanan sehat rendah serat ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Si Kecil yang sedang diare sudah pasti membuat Moms sedih dan bingung. Terutama ketika harus memasak MPASI untuk buah hati. Kalau sampai salah pilih, bisa jadi diarenya justru semakin memburuk.

Tidak perlu bingung Moms, sebenarnya menu MPASI untuk bayi diare cukup makanan yang mudah dicerna dan kaya kandungan nutrisi.

Anak penderita diare mudah kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi. Cairan yang hilang perlu diganti.

Bagi kebanyakan anak, konsumsi terlalu banyak cairan justru akan memperparah diare.

Moms juga juga dapat memberi menu MPASI untuk bayi diare seperti sayur atau kaldu yang encer. Selain itu, ada beragam menu MPASI untuk bayi diare lainnya yang bis Moms ikuti di rumah.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis menu MPASI untuk bayi diare yang bisa Moms ikuti.

Baca Juga: Apa Obat untuk Mengatasi Diare Pada Bayi Usia 9 Bulan?

Sebagian ibu harus putar otak untuk memilihkan menu MPASI untuk bayi diare. Namun, ternyata ASI bisa menjadi alternatif untuk asupan Si Kecil ketika diare.

"Air susu ibu memiliki efek proteksi terhadap terjadinya diare. Saat Si Kecil diare, lanjutkan memberikan ASI. Kandungan laktosa yang terdapat dalam ASI tidak akan menyebabkan diare bertambah parah," ucap dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K), Dokter Speliasis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik, RS Pondok Indah - Pondok indah.

Selain ASI, berikut menu MPASI untuk bayi diare yang dengan mudah dapat Moms coba di rumah!

1. Menu BRAT

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: dishfordiet.com

Asupan makanan dengan pola BRAT (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang) dapat menjadi menu MPASI untuk bayi diare.

Menurut para ahli gizi, makanan yang tercantum dalam diet BRAT, yakni pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang adalah makanan yang akan membantu pengerasan tinja.

Sehingga sangat membantu mengatasi diarenya dengan lebih cepat. Selain itu, pisang dan nasi bisa sangat mudah dicerna oleh saluran pencernaan bayi.

Mulailah memberikan menu MPASI untuk bayi diare ini setiap dua kali sehari dan amati reaksi tubuh bayi. Jika diarenya terlihat memburuk, jangan berikan lagi dan segera bawa anak ke dokter.

2. Makanan Mengandung Air

MPASI untuk bayi diare

Foto: babycenter.com

Bagi anak yang sudah mulai makan makanan padat, Moms dapat memberikan menu MPASI untuk bayi diare yang banyak mengandung air, seperti sup, yogurt, atau air kelapa.

"Pemberian buah segar (jus buah) tidak disarankan, karena mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol yang menyebabkan peningkatan osmolalitas," tambah dr. Cut Nurul Hafifah.

Hindari memberikan minuman manis atau soda karena akan memperburuk diare anak.

3. Sup Sayuran

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: parenting.firstcry.com

Beberapa jenis diare pada bayi akan berkurang ketika infeksinya sudah mereda. Sehingga yang perlu Moms lakukan hingga saat itu adalah menjaga agar kebutuhan energi dan cairan Si Kecil selalu tercukupi.

Menu MPASI untuk bayi diare adalah sup atau puree sayuran sederhana. Sayuran yang direkomendasikan sebagai MPASI saat diare adalah wortel dan kacang buncis.

Baca Juga: Bayi Terkena Diare, Apakah Perlu Diobati Antibiotik?

4. Yogurt

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: babycenter.com

Apakah pernah terpikir oleh Moms untuk memberikan yogurt sebagai menu MPASI untuk bayi diare?

“Probiotik yang ditemukan dalam yogurt dapat membantu memulihkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan,” kata Shaista Safder, ahli gastroenterologi pediatri di Arnold Palmer Hospital for Children di Orlando.

Bukan hanya itu, bakteri baik di dalam yogurt juga terbukti efektif dalam mengurangi durasi dan keparahan diare.

Terlebih lagi yogurt juga memiliki konsistensi yang baik bagi bayi mulai usia 6 bulan yang baru mulai makan makanan pendamping ASI.

5. Rendah Serat

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: workingmother.com

Makanan seperti mie atau pasta, white bread, keju, buah-buaha, kacang hijau, pretzel, dan daging tanpa lemak seperti daging ayam, kalkun, atau sapi juga baik dimasak sebagai menu MPASI untuk bayi diare.

Seperti yang telah diketahui, makanan rendah serat sangat bagus untuk membantu mengatasi diare karena lebih mudah dicerna dan bisa mengurangi kinerja saluran pencernaan yang sedang terinfeksi.

Berikan makanan dalam porsi kecil dan sering. Saat bayi sedang diare nafsu makan mungkin akan menurun, tetapi asupan makanan yang masuk tetap harus diperhatikan.

"Saat diare,Si Kecil mungkin juga merasa mual atau malah muntah, berikan makanan dalam porsi lebih kecil yang lebih mudah diterima," jelas dr. Cut.

Baca Juga: Cegah Anak Tersedak, Yuk Jauhkan Benda-benda Ini!

Makanan dalam porsi kecil ini perlu diberikan lebih sering, misal setiap 3-4 jam, untuk memenuhi kebutuhan zat gizi Si Kecil selama diare.

6. Telur Rebus

olahan telur favorit anak telur rebus.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, menu MPASI untuk bayi diare adalah telur rebus. Telur mengandung protein yang dapat memberikan nutrisi ketika bayi sedang diare.

Saat diare, buah hati kita akan mengeluarkan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk juga protein.

Oleh karena itu, pemberian telur rebus sebagai menu MPASI untuk bayi diare boleh dilakukan. Namun apabila Si Kecil mempunyai indikasi alergi terhadap telur, sebaiknya dihindari ya Moms.

7. Makanan Karbohidrat

kandungan kalori nasi putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, memberikan menu MPASI untuk bayi diare yaitu makanan mengandung karbo sangat dianjurkan.

Makanan karbohidrat seperti mie, nasi, oatmeal, toast, dapat menjadi menu MPASI untuk bayi diare agar nafsu makannya terjaga.

Si Kecil akan terasa lemas, pusing, serta mual ketika diare, maka karbohidrat sebagai salah satu bentuk energi untuk Si Kecil.

"Saat sedang diare, berat badan si kecil seringkali menurun karena asupan yang kurang atau kondisi dehidrasi," ujarnya.

Apabila diare sudah membaik, maka orang tua harus mengejar kekurangan asupan makan tersebut dengan melanjutkan memberikan makanan yang mengandung tinggi energi agar pertumbuhan Si Kecil tetap terjaga saat masa penyembuhan

Baca Juga: Jangan Sepelekan Diare, Bisa Jadi Anak Terinfeksi Bakteri Kolera

8. Mengandung Pati

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: thepioneerwoman.com

Menu MPASI untuk bayi diare seterusnya adalah makanan yang mengandung pati. Di mana jenis makanan ini berfungsi sebagai nutrisi yang baik bagi bayi yang kehilangan sebagian besar nutrisi selama diare.

Kentang tumbuk atau puree kentang terbukti dapat bekerja secara efektif dalam mengurangi gas lambung serta mengurangi diare pada bayi.

9. Memberikan Cairan Oralit

MPASI untuk bayi diare

Foto: Orami Photo Stock

Selain memerhatikan menu MPASI untuk bayi diare, Moms perlu siapkan cairan oralit untuk mengganti cairan yang keluar setelah diare.

"Anak yang mengalami diare sangat rentan dehidrasi. Anak yang mengalami dehidrasi ringan sedang akan terlihat kehausan, sebaliknya apabila sudah mengalami dehidrasi berat maka ia malas minum," ujar dr. Cut.

Cegah Si Kecil mengalami dehidrasi dengan memberikan oralit sekitar 10 ml/kg berat badan. Misal berat badan Si Kecil 10 kilogram, maka ia perlu oralit 100 mililiter setiap diare.

Apabila Si Kecil muntah setelah minum oralit, tunda dulu sebentar lalu berikan kembali sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengatur Jadwal MPASI dan Menyusui Bayi

Jadi, menu MPASI untuk bayi diare manakah yang ingin Moms siapkan?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait