Newborn

19 Maret 2019

11+ Pilihan Menu MPASI Pertama untuk Si Kecil, Lezat dan Bernutrisi!

Masih bingung memberi MPASI pertama pada Si Kecil yang berusia 6 bulan? Ada jawabannya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh, sistem pencernaan Si Kecil membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri mencerna, terutama saat akan mulai memakan MPASI pertama.

Oleh karena itu, sangat wajar jika Moms bingung dengan banyaknya pertimbangan saat memilih bahan makanan untuk MPASI pertama Si Kecil. Hal ini tentunya karena Moms ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Ada yang berpendapat bahwa pemberian MPASI harus dimulai dengan buah dahulu. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa lebih baik serealia atau sayuran yang harus didahulukan untuk diberikan kepada anak.

Moms sebenarnya tidak perlu memusingkan berbagai pendapat tersebut. Hal yang paling penting adalah Moms selalu memberikan makanan menggunakan bahan yang segar, dan bukan instan atau siap saji untuk MPASI Si Kecil.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

MPASI Pertama, Buah atau Serealia?

MPASI Pertama -1

Foto: Orami Photo Stock

Dikutip dari detikHealth, berdasarkan pernyataan dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp. A. dari RS Bunda Jakarta, jadwal MPASI minggu pertama bisa dimulai dengan buah, dengan catatan berat badan Si Kecil masuk dalam berat normal. Sebaliknya, jika berat badan Si Kecil cenderung kurus, maka MPASI sebaiknya tidak dimulai dari buah tetapi serealia.

Berdasarkan pengamatannya di lapangan, dr. Tiwi menyampaikan bahwa bayi yang MPASI-nya dimulai dengan buah akan sulit mengonsumsi serealia. Ia menambahkan bayi dengan MPASI pertama buah cenderung kesulitan menambah berat badan, karena buah tidak bersifat menaikkan berat badan.

Memberikan buah yang mengandung fruktosa sebagai MPASI pertama akan memengaruhi preferensi anak terhadap rasa manis. Sehingga, saat diberi serealia, si kecil bisa saja tidak suka karena rasanya cenderung hambar. Nah, jika Moms ingin mengejar kenaikan berat badan si kecil, pemberian daging dalam MPASI justru lebih cepat menaikkan berat badan.

Dengan begitu, akan lebih baik jika penggantian menu MPASI tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama. Setelah beberapa hari diberikan serealia kemudian buah, Moms bisa memberikan bubur tim saring dengan daging.

Jika si kecil cenderung kurus, pemberian hati atau daging juga bisa Moms lakukan meskipun si kecil masih berusia 6 bulan, mengingat hati atau daging bisa lebih cepat menaikkan berat badan.

Baca Juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

Panduan Memilih MPASI Pertama

MPASI Pertama -2

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari pertimbangan mengenai pemberian MPASI pertama buah atau serealia, ada beberapa hal penting yang perlu Moms perhatikan dalam memilih bahan makanan untuk MPASI pertama si kecil. Berikut panduan dalam memilih bahan makanan untuk MPASI Si Kecil:

  • Untuk bahan makanan dari jenis buah-buahan, Moms perlu memastikan bahwa buah yang dipilih tidak menimbulkan gas dan tidak tinggi serat. Perhatikan pula rasanya, pastikan tidak kesat, tidak pedas atau tidak terlalu matang. Rekomendasi buah yang dinilai baik sebagai MPASI di antaranya jeruk, pepaya, dan pisang.
  • Untuk bahan makanan dari jenis sayuran, Moms harus menghindari sayuran yang bisa menimbulkan gas, seperti kol, sawi, kembang kol, lobak, kacang panjang, dan asparagus. Sebaliknya, jenis sayuran seperti bayam, wortel, tomat, dan labu siam merupakan yang paling direkomendasikan untuk MPASI.
  • Untuk bahan makanan hewani, Moms bisa memilih jenis bahan makanan hewani yang mengandung rendah serat, seperti daging ayam, ikan salmon, hati ayam, dan daging sapi giling.

Perlu Moms ingat pula bahwa ada tiga syarat yang perlu diperhatikan dalam pemberian MPASI pertama, yaitu si kecil sudah mau secara psikologis, kemampuan fisik Si Kecil sudah benar-benar mendukung misalnya saat Si Kecil terlihat sudah bisa duduk tegak dengan disangga dan kepala tegak.

Selain itu, sistem pencernaan Si Kecil juga sudah siap menerima makanan selain ASI atau jenis makanan padat yang telah disesuaikan teksturnya dengan baik oleh Moms sesuai umur dan juga perkembangannya.

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Mengenalkan MPASI Telur untuk Bayi

MPASI Pertama -3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Infant and Young Child Feeding: Model Chapter for Textbooks for Medical Students and Allied Health Professionals, setelah usia 6 bulan bayi yang mendapatkan ASI ekslusif semakin sulit memenuhi kebutuhan gizinya jika hanya mengandalkan dari ASI saja.

Selain itu, sebagian besar bayi secara perkembangan siap untuk makanan lain pada usia sekitar 6 bulan. Selain itu, menunggu hingga lebih dari 6 bulan untuk memperkenalkan MPASI juga dapat mengurangi penyakit yang ditularkan melalui makanan yang juga disarankan oleh American Academy of Pediatrics.

Jadi, 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memperkenalkan MPASI pertama untuk bayi. Berikut ini adalah beberapa menu yang mudah diolah agar menjadi inspirasi untuk Moms saat akan memasaknya di dapur. Jangan lupa untuk membuat sendiri dan memilih bahan yang segar, Moms!

1. Bubur Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi yang kecil namun kuat, mengandung vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium. Jika kulit kacang polong membuat teksturnya kurang menarik bagi anak, pastikan untuk menyaringnya agar sehalus mungkin.

2. Puree Pisang

Sering disebut dengan superfood, pisang kaya akan potasium dan serat. Pisang juga dikenal sebagai salah satu antasida alami dan sangat lembut di perut. Meskipun pisang adalah salah satu MPASI pertama terbaik untuk bayi, berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Terlalu banyak pisang bisa menyebabkan sembelit.

3. Sereal Nasi Merah

Sereal beras adalah salah satu makanan yang paling umum diperkenalkan karena tidak menimbulkan alergi dan mudah dicerna. Mencampurkannya agar mendapatkan tekstur yang agak cair dapat membantu bayi beralih dari makanan yang semuanya cair ke yang lebih padat. Proses yang sama ini dapat diterapkan pada oat yang dipotong kasar.

4. Puree Avokad

Camilan ini adalah makanan yang mengandung lemak baik dan luar biasa untuk otak bayi dan perkembangan fisiknya. Ditambah lagi, tekstur lembut dari alpukat yang matang sempurna adalah salah satu yang disukai bayi

5. Puree Ubi Panggang

Ubi jalar sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat, jadi masuk akal jika bayi juga akan mendapat manfaat dari umbi yang lezat ini. membuat pure yang sederhana dengan sedikit air, susu formula, atau ASI akan menjadi MPASI pertama yang enak dan bergizi.

6. Puree Wortel

Wortel adalah pengantar makanan padat yang bagus karena rasanya yang manis alami dan teksturnya yang menyenangkan. Selain itu, wortel juga menyediakan pasokan antioksidan beta karoten dan vitamin A.

7. Puree Blueberry

Menggunakan blueberry segar atau beku, pure berry yang mudah ini sarat dengan rasa segar dan antioksidan yang tinggi. Rasanya tetap enak saat diberikan sebagai menu tunggal atau diaduk ke dalam yogurt susu murni atau baby oatmeal. Pure ini akan mengental saat disimpan di lemari es, jadi Moms harus mengaduknya dengan baik sebelum disajikan

8. Puree Kiwi

Dengan rasa yang segar, bubur ini sangat bagus untuk bayi yang tampaknya menyukai rasa dan sangat menyenangkan untuk dibuat dan disimpan sebagai stok. Moms dapat memastikan bahwa telah memilih kiwi yang sangat matang dan manis dengan mencicipinya sebelum membuat pure untuk memastikannya tidak terlalu asam. Namun jika terasa asam, Moms bisa mencampurnya dengan pisang atau saus apel.

Baca Juga: 4 Ide MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Kiwi yang Segar

9. Puree Mangga

Menggunakan mangga beku segar atau yang dicairkan, pure ini akan tercampur dalam hitungan detik. Cerah, beraroma, dan sumber vitamin peningkat kekebalan yang bagus adalah menu MPASI pertama bayi yang menggiurkan.

10. Puree Peach

Ubah irisan peach atau persik segar atau beku yang dicairkan menjadi makanan bayi yang sangat halus dengan cara diblender. Sebelum disajikan atau dibuat stok, pastikan untuk menyaringnya agar bayi tidak tersedak.

11. Puree Nanas

Campurkan potongan nanas segar atau beku menjadi pure yang lembut dan segar. Ini akan tetap enak saat menjadi menu tunggal atau dicampurkan dengan yogurt. Cicipi nanas untuk memastikannya tidak terlalu asam.

12. Puree Stroberi

Moms bisa membuat menu MPASI pertama bayi ini dengan stroberi segar perlu cairan tambahan namun tetap halus.

Baca Juga: Resep Crepes Stroberi untuk Si Kecil, Gampang Banget Bikinnya!

Itulah beberapa pilihan menu MPASI pertama untuk Si Kecil. Buat momen makan MPASI pertama Si Kecil lebih menyenangkan agar anak makan dengan lahap dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya setelah mendapatkan ASI ekslusif.

  • https://www.yummytoddlerfood.com/recipes/baby-food/homemade-baby-food/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK148957/
  • https://www.healthline.com/health/childrens-health/homemade-baby-food-recipes#4-6-months
  • http://pediatrics.aappublications.org/content/129/3/e827.full
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait