3-12 bulan

5 Oktober 2021

5+ Rekomendasi Food Processor untuk Membuat MPASI

Mempermudah Moms dalam menentukan kualitas makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tengok manfaat food processor untuk membuat MPASI di sini yuk, Moms.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat membuat makanan pendamping ASI atau MPASI bayi adalah harus membeli peralatan yang sesuai, agar makanan bayi bisa terbuat dengan baik.

Moms harus memikirkan apakah ingin menggunakan blender atau food processor untuk membuat MPASI Si Kecil ketika membuat makanan bayi.

Mungkin banyak yang sudah menggunakan blender, namun ada juga yang ingin mencoba food processor.

Untuk Moms yang ingin mencoba menggunakan food processor, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari membuat MPASI bayi menggunakan food processor.

Baca Juga: 15+ Jadwal Menu MPASI 6 Bulan, Mudah dan Praktis!

Kelebihan Food Processor

food processor

Foto: hangrybabies.com

Food Processor sangat cocok untuk digunakan dalam mengolah berbagai macam makanan padat untuk bayi. Food Processor bahkan mampu menggiling biji-bijian untuk membuat sereal bayi buatan sendiri.

Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP), pengenalan makanan padat (termasuk sereal) sampai seorang anak berusia 6 bulan untuk bayi yang disusui secara eksklusif dan 4-6 bulan untuk bayi yang diberi susu formula.

Bukan hanya itu saja, bahkan food processor juga memiliki banyak fungsi lain.

Alat ini mampu mengolah makanan dapat menjadi bubur, mengiris, memotong, membelah, dan bahkan mengaduk adonan jika diperlukan.

Biasanya, food processor bekerja pada satu kecepatan saja, makanya terlihat jauh lebih lambat daripada blender. Food processor memiliki bilah yang dapat berputar ke arah yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk memotong atau menghaluskan.

Juga, alat satu ini memberi Moms kontrol lebih besar atas pemrosesan makanan karena aksi denyut nadi bawaan.

Baca Juga: 11+ Pilihan Menu MPASI Pertama untuk Si Kecil, Lezat dan Bernutrisi!

Manfaat Food Processor

food processor

Foto: sabilymarket.com

Apa manfaat lain yang bisa kita rasakan ketika membuat MPASI bayi dengan food processor?

1. Tahu Apa yang Dimakan oleh Si Kecil

Ini adalah satu-satunya cara agar Moms bisa memastikan apa yang bayi makan.

Jika tidak mengolah makanan bayi sendiri, bisa jadi makanan yang kita beli untuk Si Kecil mengandung pengawet dan gula tambahan yang tidak kita inginkan ada dalam makanan bayi.

Dengan menggunakan food processor, Moms bisa mengontrol kualitas makanan anak. apa jenis buah-buahan dan sayuran yang digunakan, seberapa segar dan dari mana asalnya.

2. Nilai Nutrisi

Hal berikutnya yang tidak bisa Moms kendalikan dalam MPASI anak adalah cara hidangan disiapkan. Mengukus makanan adalah cara yang bagus untuk menyimpan dan mengunci semua nutrisi berharga di dalam makanan.

Pola makan yang sehat dan seimbang dengan semua vitamin dan mineral yang diperlukan adalah bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca Juga: 11+ Perlengkapan MPASI yang Wajib Moms Miliki

3. Menyimpan Makanan

Saat Moms membuat MPASI anak, bisa memikirkan hidangan yang bisa kita dan bayi makan bersama! Siapkan pasta brokoli untuk makan malam dan haluskan brokoli untuk Si Kecil.

Ini juga baik untuk bayi, untuk mencegah anak menjadi pemilih makanan.

4. Menghemat Pengeluaran

Food processor untuk MPASI bayi merupakan opsi termurah.

Bahkan jika Moms memperhitungkan harga pengolah makanan bayi lainnya. Makanan bayi yang dibeli di toko berkualitas tinggi bisa sangat mahal, tetapi Moms tidak bisa mengendalikan bahan dan proses membuatnya.

Baca Juga: 8 Cara Menghangatkan MPASI Ini Bisa Diikuti di Rumah

Rekomendasi Food Processor

Setelah menyimak kelebihan dan kegunaannya, Moms mungkin tertarik dengan alat MPASI yang satu ini. Yuk, simak rekomendasi food processor di bawah ini sebagai referensi sebelum membeli.

1. Baby Safe Food Processor/Blender LB 609

Rp295.000
Baby Safe Food Processor/Blender LB 609

Baby Safe Food Processor/Blender LB 609 merupakan alat untuk menghaluskan makanan padat, buah dan sayuran.

Mesin ini dilengkapi fitur double safety lock, yaitu pengunci keamanan ganda yang berfungsi memastikan mangkuk berisi makanan beserta tutupnya telah terkunci dengan tepat sebelum mesin beroperasi.

Selain itu, telah memenuhi syarat standar keamanan karena bebas dari Bisphenol-A (BPA). Pisau blender anti karat sehingga penggunaannya lebih tahan lama.

Kelebihan lainnya, yakni didesain dengan bentuk yang mini. Jadi, cocok dibawa saat bepergian, Moms.

2. Pumpee Food Processor & Steam Cooker | PE-92FPS

20% Rp702.900
Rp562.320
Pumpee Food Processor & Steam Cooker | PE-92FPS

Pumpee Food Processor & Steam Cooker bisa menjadi alat yang sangat membantu Moms dalam menyiapkan MPASI Si Kecil. Moms pun bisa mengolah aneka ragam buah dan sayur menjadi bubur bayi dengan lebih cepat.

Mesin ini mempunyai kunci pengaman otomatis. Jadi, tidak akan berfungsi jika mangkuk dan tutup tidak tertutup dengan kencang.

Dilengkapi juga tanki penyimpanan air terpisah. Tentunya, bebas BPA sehingga aman untuk makanan. Ukurannya kecil, praktis, dan mudah dirakit. Bagian mesinnya juga mudah dibersihkan.

Baca Juga: 8 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI dan Cara Mengolahnya

3. Crown 3 in 1 Healthy Food Processor Yellow

9% Rp820.000
Rp745.000
Crown 3 in 1 Healthy Food Processor Yellow

Rekomendasi food processor lainnya, yakni Crown 3 in 1 Healthy Food Processor. Alat pengolah makanan ini memiliki fungsi unik serta memudahkan Moms dalam menyiapkan makanan untuk buah hati.

Selain bebas kandungan BPA, mesin ini memiliki fitur anti-bakteri sehingga aman digunakan untuk makanan.

Moms dapat menggunakannya sebagai steamer dan blender dalam 1 alat. Bagian mesinnya aman, mudah dibersihkan, serta hemat listrik.

4. BOLDe Super Food Processor Olympus

26% Rp988.000
Rp729.000
BOLDe Super Food Processor Olympus

Proses mengolah makanan Moms akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan BOLDe Super Food Processor Olympus. Food processor ini dapat digunakan untuk mengiris, mencincang, hingga mengaduk makanan.

Kapasitasnya pun cukup besar, yakni memilki kapasitas mangkuk 1.2 liter dan kapasitas tabung 1.75 liter.

BOLDe Super Food Processor Olympus telah dilengkapi fitur Switch-On Safety, keamanan yang ditambahkan pada alat, di mana food processor tidak akan menyala apabila pemasangan grinder/base tidak sempurna.

Serta ada juga fitur Double Eco Friendly Air Flow Technology, teknologi yang meminimalisir kebisingan pada saat pengoperasian alat.

Usai pemakaian, bagian mesin akan mudah dibersihkan sehingga kebersihan dari alat selalu terjaga dan aman untuk pemakaian berikutnya dalam jangka panjang.

Menariknya lagi, alat ini dilengkapi 8 pisau potong yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam memasak, serta terdapat 3 wadah plastik yang dapat dipergunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Begini Cara Membuat dan Menyimpan Kaldu untuk MPASI

5. Little Giant Stellar Smart Food Processor Blue

19% Rp1.300.000
Rp1.042.000
Little Giant Stellar Smart Food Processor Blue

Little Giant Stellar Smart Food Processor dilengkapi dengan 2 jenis pisau blender sehingga membuat proses membuat MPASI menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu, dapat digunakan sebagai steamer untuk mensterilkan dan menghangatkan botol susu Si Kecil. Tak tanggung-tanggung, Little Giant Stellar Smart Food Processor memiliki 2 lapisan untuk steam dan tangki air yang besar.

Bagian mesinnya dilengkapi dengan 2 penutup dan egangan anti panas sehingga mudah digunakan.

Dilengkapi juga dengan layar sentuh memudahkan dalam pengoperasian. Konsumsi dayanya pun cukup rendah, jadi lebih ramah lingkungan.

6. Isauchi - Ismart Baby Food Processor Pink

Rp1.499.000
Isauchi - Ismart Baby Food Processor Pink

Rekomendasi food processor berikutnya, yaitu Isauchi Ismart Baby Food Processor.

Slow cooker dan food processor ini merupakan alat pengolah makanan bayi dengan cepat dan praktis tanpa menghilangkan nutrisi serta vitamin dari bahan-bahan makanan itu sendiri.

Selain praktis dan mudah digunakan, Isauchi Ismart Baby Food Processor juga bebas dari kandungan BPA sehingga aman untuk makanan.

Tak hanya itu, alat yang satu ini dapat digunakan untuk menghangatkan susu dan mensterilkan botol susu atau alat makan bayi lainnya.

Berikut kelebihan lain yang ditawarkan:

  • Terdapat 2 pilihan kecepatan memasak yang dapat disesuaikan dengan jenis masakan
  • Dilengkapi dengan pengingat otomatis untuk membersihkan kerak dari tangki air
  • Dilengkapi dengan panel sentuh pintar untuk menjalankan semua fungsi
  • Dilengkapi dengan 2 wadah untuk menyiapkan makanan
  • Memiliki layar digital yang dapat diatur sudut kemiringannya serta mampu menampilkan informasi fungsi maupun proses yang sedang berjalan
  • Mesin penggerak stabil dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah
  • Otomatis memutuskan daya ketika tingkat air terlalu rendah atau mesin dalam posisi tidak bekerja selama beberapa saat
  • Hadir dengan peringatan yang ditampilkan secara visual dan mengeluarkan suara
  • Semua kelengkapan dapat disimpan di dalam stoples, serta dilengkapi dengan ruang penyimpanan kabel, sehingga lebih ringkas

Baca Juga: Ini Aturan MPASI menurut WHO, Wajib Tahu!

Itu dia Moms, kelebihan serta manfaat food processor yang dilengkapi dengan rekomendasi produknya. Jangan lupa untuk berbelanja kebutuhan Si Kecil di Orami, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3195680/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait