Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
26 September 2022

7+ Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi dan Ibu Hamil

Dari sayuran sampai kacang-kacangan!
7+ Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi dan Ibu Hamil

Pencernaan sehat adalah impian semua orang. Ada banyak makanan untuk mendukung pencernaan yang sehat. Apa saja makanan kaya serat untuk pencernaan yang wajib dikonsumsi?

Memilih makanan enak yang mengandung serat tidaklah sulit.

Makanan ini banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Untuk mengetahui jenis makanan kaya serat untuk pencernaan, simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Baca Juga: Diet Tinggi Serat Turunkan Peluang Risiko Terkena Kanker Payudara

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi

Jika Si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan padat, pastikan untuk memberikannya makanan kaya serat.

Setidaknya, setiap harinya bayi membutuhkan sekitar 14 gram serat makanan untuk setiap 1000 kalori yang dikonsumsi.

Untuk anak-anak antara usia 1 dan 3 tahun, 19 gram serat diperlukan setiap hari.

Berikut adalah makanan kaya serat untuk pencernaan bayi, yang perlu dimasukkan dalam menu harian Si Kecil.

1. Sayuran

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi (healthline.com)

Serat nabati dapat dimulai segera setelah setelah Si Kecil berusia usia 6-7 bulan.

Cara terbaik untuk mengenalkan sayuran pada bayi adalah dengan menyajikannya dalam bentuk tumbuk atau bubur.

Saat Si Kecil mulai tumbuh gigi, Moms bisa mulai memberinya tumis sayuran atau salad.

Beberapa sayuran yang kaya akan serat adalah:

2. Buah-buahan

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi (babycentre.co.uk)

Buah-buahan adalah sumber serat yang kaya dan dapat diperkenalkan dengan aman kepada Si Kecil.

Sembari memperkenalnnya, perhatikan reaksi tubuh Si Kecil terhadap buah-buahan yang dikonsumsi.

Berikut ini rekomendasi buah-buahan yang bisa diberikan kepada Si Kecil sebagai camilan sehat, yaitu:

  • Apel
  • Pisang
  • Plum
  • Aprikot
  • Buah pir
  • Persik

3. Biji-bijian

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Bayi (healthline.com)

Ada baiknya memperkenalkan gandum kepada Si Kecil sejak awal.

Biji-bijian juga menjadi makanan sumber serat yang baik dikonsumsi.

Beberapa biji-bijian yang baik untuk bayi adalah:

  • Gandum
  • Jelai
  • Kacang-kacangan
  • Buncis

Baca Juga: 6 Resep MPASI untuk Melancarkan BAB, Kaya Serat!

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Makanan kaya serat juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Mengutip Institue of Medicine, orang wanita dewasa berusia 50 tahun atau lebih muda membutuhkan serat 25 gram setiap hari.

Tentunya ini berlaku juga untuk wanita hamil.

Terlebih lagi, sembelit menjadi keluhan umum di antara ibu hamil.

Serat menambah jumlah besar pada kotoran yang membuatnya melewati sistem pencernaan lebih cepat.

Berikut ini makanan kaya serat untuk pencernaan ibu hamil.

4. Berry

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil (momjunction.com)

Keluarga berry merupakan buah-buahan yang kaya antioksidan dan juga serat.

Secangkir blueberry segar saja bisa memberikan hampir 4 gram serat, dan jumlah serat yang hampir sama ada dalam secangkir blueberry beku tanpa pemanis.

Blackberry, stroberi, dan raspberry juga merupakan sumber serat yang bagus.

Tentu saja, satu salah satu manfaat terbesar dari buah beri adalah mereka juga secara alami rendah kalori.

Moms bisa mengonsumsinya sebagai camilan atau menambahkan beberapa potong buah berry dalam menu sarapan.

Baca Juga: 5 Makanan Pengganti untuk Alergi Makanan pada Ibu Hamil

5. Apel

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil (pregnancyfoodchecker.com)

Apel menjadi camilan yang enak dan renyah.

Kandungan airnya yang melimpah juga memberikan kesegaran setiap mengomsumsinya.

Buah ini menjadi camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap saat.

Apalagi, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa buah apel dapat meningkatkan asupan serat.

6. Buah Kering

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil (babycenter.in)

Camilan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi saat sedang hamil adalah buah-buahan kering, termasuk buah ara, plum, dan kurma.

Mengonsumsi buah kering meningkatkan asupan serat yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Namun, pastikan untuk tidak memakannya secara berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi buah kering juga bisa menyebabkan kram dan diare.

Moms bisa mencobanya dalam porsi kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksinya pada tubuh.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

7. Kacang-kacangan

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil (madeformums.com)

Kacang bukan hanya sumber protein dan lemak sehat yang bagus.

Masukkan lentil dan kacang-kacangan lain dalam menu harian sebagai tambahan asupan serat.

Moms bisa memasukkannya dalam sup, semur, atau salad.

Beberapa jenis kacang juga bisa dijadikan camilan sehat, seperti almond.

Satu porsi kacang almond akan memberikan tambahan 3 gram serat dalam tubuh.

8. Brokoli

Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil

Foto: Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan Ibu Hamil (momjunction.com)

Sebuah penelitian menunjukkan, 5 gram serat brokoli per cangkir mendukung bakteri secara positif di dalam tubuh, yang membantu usus tetap sehat dan seimbang.

Selain itu, sayuran ini cukup mudah diolah dan bisa jadi makanan renyah yang sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Kegunaan Serat untuk Tubuh, Moms Wajib Tahu!

Berbagai Manfaat Makanan Kaya Serat

Makan makanan kaya serat adalah cara ampuh untuk mencegah atau meredakan sembelit.

Makanan kaya akan serat juga memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Mengutip Mayo Clinic, serat makanan diklasifikasikan menjadi dua, serat yang larut dalam air dan yang tidak larut.

Saat dikonsumsi, serat yang larut dalam air akan membentuk seperti gel.

Serat ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah.

Sementara serat tidak larut, berfungsi mendorong pergerakan bahan melalui sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah tinja.

Itulah jenis makanan kaya serat untuk pencernaan yang bisa dimasukkan dalam menu harian.

Tak hanya baik untuk pencernaan, makanan kaya serat memberikan banyak manfaat lainnya.

Tentu saja, makanan yang satu ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin mempertahankan berat badan.

Yang jelas, pastikan untuk mengimbanginya dengan olahraga, ya!

  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
  • http://iom.edu.np/
  • https://www.benefiber.com/fiber-in-your-life/daily-fiber-intake/top-10-high-fiber-foods/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/fiber-rich-foods-for-babies/
  • https://www.whattoexpect.com/maternity-products/health/pregnancy-snacks-fiber/

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.