Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
23 Juni 2022

12 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan dan Risiko Efek Sampingnya

Ketahui juga kandungan nutrisi yang ada di ubi jalar
12 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan dan Risiko Efek Sampingnya

Ubi jalar (ipomoea batatas) atau dikenal juga dengan ketela rambat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat ubi jenis ini itu datang dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu, Moms perlu memasukkannya sebagai salah satu makanan yang perlu dikonsumsi sehari-hari.

Ubi jalar memiliki warna yang beragam seperti putih, ungu, merah, kuning atau oranye.

Ubi jenis ini berwarna kuning dan ungu inilah yang kaya akan beta-karoten yang merupakan provitamin A dan vitamin C.

Sementara ubi jalar berwarna putih biasanya diolah menjadi tepung.

Baca Juga: Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional India untuk Tubuh dan Pikiran yang Sehat

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Foto: Kandungan Nutrisi Ubi Jalar (goodeggs.com)

Foto Ubi Jalar (Orami Photo Stock)

Selain vitamin A dan C, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lho.

Dilansir dari Medical News Today, berikut kandungan nutrisi dari 124 g ubi jalar, yaitu:

  • Air: 98,7 g
  • Serat: 2,48 g
  • Zat besi: 0,7 mg
  • Kalsium: 50,8 mg
  • Magnesium: 19,8 mg
  • Fosfor: 50,8 mg
  • Kalium: 259 mg
  • Sodium 306 mg
  • Selenium 0,9 mcg
  • Vitamin C: 12,8mg
  • Asam folat: 7,44 mcg
  • Kolin: 14,4 mg
  • Vitamin A: 823 mcg
  • Beta-karoten: 9,470 mcg
  • Vitamin K: 5,1 mcg

Baca Juga: 30+ Kata-Kata Kecewa untuk Suami yang Selingkuh, Kasar, Egois, dan Pembohong

1. Vitamin A dan Beta-karoten

Ubi jenis ini kaya akan vitamin A dan senyawa beta-karoten yang disintesis menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata atau penglihatan.

2. Pati dan Serat

Ubi jalar merupakan sumber pati dan serat yang baik. Tubuh memecah pati menjadi gula dan menggunakannya sebagai energi.

Sementara serat membantu kerja sistem pencernaan.

3. Multivitamin

Tidak hanya vitamin A, ubi jenis ini juga mengandung multivitamin lainnya seperti vitamin C dan K.

Ragam vitamin ini dibutuhkan terutama oleh anak-anak untuk mendukung tumbuh-kembang mereka.

4. Mineral

Mineral memainkan peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh.

Ubi jenis ini mengandung hampir semua mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, natrium dan selenium.

Baca Juga: Menghardik Anak Yatim: Contoh Perbuatan serta Hukum dan Balasan bagi yang Melakukannya

Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Hasil utama dari pemanfaatan ubi jalar adalah umbinya, yang di manfaatkan sebagai bahan makanan karena banyak mengandung karbohidrat dalam manfaat ubi jalar diambil.

Sedangkan hasil samping manfaat ubi jalar adalah kulitnya, yang bisa digunakan menjadi pupuk.

Tahu nggak Moms, menurut American Heart Association (AHA) ubi jalar merupakan makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, dengan banyaknya pandangan positif terkait manfaat ubi jenis ini yang baik, sehingga banyak orang yang mencarinya.

Beruntung kita yang tinggal di Indonesia mudah mendapatkan ubi jalar untuk diolah menjadi sajian sehat.

Nah, berikut ragam manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Yuk, disimak!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Foto: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Independent.co.uk)

Foto Orang yang Sehat (Orami Photo Stock)

Menurut Vijaya Surampudi, MD, seorang asisten profesor bidang kedokteran Divisi Nutrisi Universitas California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat dilansir dari Insider, ubi ini kaya akan anti-oksidan yang berperan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dan polusi lingkungan dapat merusak DNA sel sehat, termasuk sel sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.

Zat anti-oksidan dari ubi ini dapat mencegah kerusakan ini dan menjaga imunitas tetap kuat.

Selain itu, vitamin A yang ada dalam ubi jalar juga membantu tubuh mendapatkan kekebalan yang sempurna.

Melansir Nature Reviews Immunology menyatakan bahwa, vitamin A berperan penting dalam mendukung sel-T, sejenis sel darah putih yang penting untuk fungsi daya tahan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ubi jalar lainnya adalah melindungi kesehatan penglihatan atau mata.

Ubi ini kaya akan beta-karoten, zat yang bertanggung jawab atas warna orange pada ubi jalar.

Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang dibutuhkan mata untuk beradaptasi terhadap terang dan gelap.

Selain itu, beta-karoten bersama nutrisi lain seperti vitamin C, E dan mineral zinc dapat membantu mengurangi penyakit mata terkait usia.

3. Mengendalikan Gula Darah

Mengendalikan Gula Darah

Foto: Mengendalikan Gula Darah (Orami Photo Stock)

Foto Cek Gula Darah (Orami Photo Stock)

Menurut American Diabetes Association, ubi jalar merupakan sumber makanan yang sehat untuk para penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah.

Indeks glikemik (IG) adalah salah satu acuan dalam pola makan untuk mengendalikan kadar gula darah atau glukosa uang tinggi.

Semakin tinggi nilai IG suatu makanan, semakin cepat pula karbohidrat dalam makanan tersebut diproses menjadi glukosa.

Ini berarti, semakin cepat pula gula darah melonjak.

Untuk itu, para penderita diabetes disarankan mengonsumsi makanan dengan nilai IG yang rendah, termasuk ubi jalar.

Selain itu, dengan mengonsumsi ubi jalar akan menambah asupan nutrisi makanan seperti kalium, vitamin A, vitamin C, dan serat.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Patikan Kebo, Bantu Atasi Masalah Pernapasan Seperti Asma dan Batuk

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Berdasarkan sebuah penelitian Neurochemistry International mengungkap bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan fungsi kinerja otak, lho Moms!

Ubi ini khususnya yang berwarna ungu mengandung antosianin, zat yang memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat peradangan pada otak akibat radikal bebas, sekaligus meningkatkan memori.

Manfaat ubi jalar ini telah terbukti pada hewan tikus, namun belum diuji secara langsung pada otak manusia.

Namun hasil dari temuan terkait manfaat ubi jalar ini disebut cukup menjanjikan bagi kehidupan manusia.

5. Memiliki Sifat Anti-Kanker

Memiliki Sifat Anti-Kanker

Foto: Memiliki Sifat Anti-Kanker (seattletimes.com)

Foto Macam-macam Ubi Jalar (Orami Photo Stock)

Ubi jalar, khususnya ubi jalar ungu memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi, seperti fenol, flavonoid, dan antosianin.

Sebuah penelitian BioMed Research International, mengungkapkan bahwa kandungan yang ada di dalam ubi ini tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker.

Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Baca Juga: Lactamor (ASI Booster): Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam ubi jalar yang relatif tinggi memiliki banyak manfaat lho, Moms!

Beberapa di antaranya yaitu melancarkan proses pencernaan dengan mencegah terjadinya konstipasi atau susah BAB.

Selain itu, serat larut seperti pektin dalam ubi ini bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet menurunkan berat badan dan memperlambat pencernaan gula dan pati.

Asupan tinggi serat juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan risiko diabetes.

7. Mencegah Obesitas

Mencegah Obesitas

Foto: Mencegah Obesitas

Foto Mencegah Obesitas (Orami Photo Stock)

Tubuh yang kelebihan berat badan cenderung tidak sehat dan dapat memicu sejumlah penyakit lainnya.

Agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang normal, menjaga makan dan berolahraga dapat menjadi salah satu kunci penting.

Mengganti menu makanan ke yang lebih sehat dan bernutrisi seperti ubi jalar putih disebut ampuh dalam menurunkan berat badan.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Nutrients pada tahun 2019.

Dalam penelitian tersebut dilakukan pengujian dengan mengonsumsi 132 gram ubi jalar putih setiap hari selama 8 minggu.

Setelah delapan minggu, ditemukan bahwa berat badan, lemak tubuh, lingkar pergelangan tangan, lingkar paha, lingkar betis, mengalami penurunan secara siginifikan.

Rasanya yang manis dan manfaatnya yang luar biasa, menjadikan umbi-umbian satu ini menu yang cocok untuk berdiet.

8. Menjaga Tekanan Darah

Ubi ini kaya akan potasium. Seseorang dengan tekanan darah tinggi akan merasa terbantu dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi ini.

Dilansir dari MedicineNet, kalium membantu mengurangi natrium dalam darah.

Kedua faktor tersebutlah yang membantu menjaga tingkat tekanan darah yang baik, yang pada akhirnya dapat menjaga sistem kardiovaskular yang sehat.

Baca Juga: Bayi Tidak BAB? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

9. Melawan Sel Kanker

ubi jalar

Foto: ubi jalar (www.heart.org)

Foto Mencegah Sel Kanker (Orami Photo Stock)

Manfaat ubi jalar rebus bagi kesehatan juga dapat melawan sel kanker dalam tubuh.

Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari serangan jenis kanker tertentu.

Sekelompok antioksidan pada ubi jenis ini dapat bekerja menghambat pertumbuhan jenis sel kanker tertentu secara efektif, termasuk sel kanker pada jenis sel kanker tertentu.

Selain itu, ubi jalar varietas oranye diketahui memiliki sifat anti kanker yang terbukti dalam penelitian tabung reaksi.

Meskipun begitu, penelitian ini belum diuji pada manusia, sehingga diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas sifat anti kanker ubi jalar pada manusia.

Baca Juga: Kenali 8 Gangguan Sistem Pencernaan serta Penanganannya

Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam ubi jenis ini seperti anti-oksidan dan beta-karoten juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Tidak heran banyak produk-produk kecantikan seperti body lotion dan masker wajah yang salah satu bahannya adalah ubi jalar, khususnya ubi jenis ini berwarna ungu.

Berikut ini manfaat ubi jalar untuk kecantikan yang bisa Moms dapatkan.

10. Meremajakan Kulit dan Anti-Aging

Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan

Foto: Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan (shutterstock.com)

Foto Mencegah Penuaan Dini (Orami Photo Stock)

Seperti yang diketahui ubi jenis ini tinggi akan vitamin A atau retinol.

Retinol merupakan turunan sintetik dari vitamin A.

Retinol seringkali ditemukan dalam produk perawatan kulit yang khusus untuk mengatasi penuaan pada kulit.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A akan membantu meregenerasi sel dan memproduksi sel yang sehat.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam ubi jalar dapat melawan radikal bebas yang merupakan musuh besar kulit kita.

11. Memproduksi Kolagen

Ubi jenis ini mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan dan membantu produksi kolagen.

Kolagen merupakan komponen penting pada kulit untuk mencegah keriput dan menjaga kelembapan kulit.

12. Membantu Pertumbuhan Rambut

ubi jalar

Foto: ubi jalar

Foto Rambut Sehat (Orami Photo Stock)

Manfaat ubi jalar yang lain yaitu berperan penting dalam pertumbuhan rambut.

Ubi jenis ini mengandung, vitamin C, kalium dan zinc, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Risiko Mengonsumsi Ubi Jalar

Risiko Mengonsumsi Ubi Jalar

Foto: Risiko Mengonsumsi Ubi Jalar (Orami Photo Stock)

Foto Ubi Jalar Rebus (Orami Photo Stock)

Meski memberi banyak manfaat kesehatan, namun pada beberapa kondisi, seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi umbi-umbian ini.

Ubi jalar mengandung kalium yang tinggi.

Dilansir dari Medical News Today, asupan kalium yang tinggi tidak cocok bagi seseorang yang mengonsumsi obat beta-blocker.

Dokter biasanya meresepkan obat beta-blocker untuk penyakit jantung, yang dapat menyebabkan kadar kalium meningkat dalam darah.

Selain itu, penderita gangguan ginjal juga sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi ubi jalar, karena kandungan kaliumnya yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi.

Baca Juga: 12+ Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kehamilan, Moms Perlu Tahu

Sering dianggap sepele, ternyata manfaat ubi jalar sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

Mulai sekarang, Moms wajib menghidangkan makanan ini kepada keluarga dan anak untuk mendukung tumbuh-kembangnya.

Ubi jalar yang memiliki rasa manis alami juga cocok dijadikan sebagai bahan MPASI untuk bayi mulai usia 6 bulan, lho!

  • https://www.insider.com/sweet-potato-benefits
  • http://eprints.polsri.ac.id/1937/3/BAB%20II.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17425943/
  • http://www.mssweetpotato.org/nutrition.html
  • https://www.heart.org/en/news/2019/11/25/sweet-potatoes-are-a-holiday-dish-to-be-thankful-for
  • https://www.jivome.com/articles/learn-about-the-benefits-of-sweet-potato-for-skin-and-hair/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19941923/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2906676/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/281438#nutrition
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4609785/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6356856/
  • https://www.medicinenet.com/what_do_sweet_potatoes_do_for_your_body/article.htm