Kesehatan

8 September 2021

Simak Manfaat Sayur Klentang dari Buah Kelor untuk Kesehatan!

Sayur klentang merupakan sajian sayur asem yang ditambah dengan buah kelor
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms pasti sudah tidak asing dengan tanaman daun kelor yang kaya nutrisi sehingga sering kali dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan. Namun, tahukah Moms bahwa buah kelor juga bisa dikonsumsi dan biasanya diolah menjadi sayur klentang?

Sayur klentang merupakan hidangan sayur berkuah, tepatnya sayur asem yang dimasak menggunakan buah kelor sebagai isiannya. Sayur klentang umum dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di Jawa.

Buah kelor ini memiliki bentuk panjang dan berwarna hijau, hampir mirip dengan buncis. Jika dimasak, buah kelor memiliki tekstur yang lembut dan cenderung renyah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 4 Manfaat Buah Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Klentang

Selain lezat, sayur klentang juga ternyata kaya akan manfaat, lho. Berikut manfaat mengonsumsi sayur klentang bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Buah Kelor Kaya Nutrisi

buah kelor sayur klentang.jpg

Foto: iStock

Buah kelor mengandung senyawa kimia seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1. Secara lengkap, zat- zat gizi yang terkandung dan nilai gizinya dalam setiap 100 gram buah kelor, antara lain:

  • 7,2 gram karbohidrat
  • 2,8 gram protein
  • 0,7 gram lemak

Selain itu juga terdapat alkaloid, asam amino esensial, vitamin dan mineral. Hal ini membuat buah kelor menjadi salah satu sumber makanan yang kaya nutrisi sehingga sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi!

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat sayur klentang untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui bahwa sayur klentang yang terbuat dari buah kelor bisa bantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian pada tikus mencit yang diterbitkan dalam Jurnal Akademika Kimia.

Berdasarkan studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak buah kelor dapat menurunkan kadar kolesterol darah mencit dengan konsentrasi paling efektif 10%. Penurunan kadar kolesterol diduga berasal dari kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, dan tanin yang terdapat dalam buah kelor.

Kolesterol yang berada pada kisaran normal menandakan kesehatan tubuh yang baik. Sementara kolesterol tinggi berisiko pada komplikasi, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Baca Juga: 13+ Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kehamilan, Moms Perlu Tahu

3. Mengandung Zat Besi

buah kelor.jpg

Foto: freepik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kelor yang bisa dimasak menjadi sayur klentang ini sangat kaya nutrisi. Salah satunya mengandung zat besi yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar, menunjukkan bahwa dalam setiap 100 gram buah kelor mengandung 7 mg zat besi.

Zat besi adalah mikromineral yang sangat penting dalam tubuh karena berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Zat besi (Fe) dalam pembentukan sel darah merah yakni proses sintesis hemoglobin (Hb) dan dapat mengaktifkan beberapa enzim, seperti enzim pembentuk antibodi.

Kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia dan dapat menurunkan kekebalan tubuh karena berhubungan erat dengan penurunan fungsi enzim pembentuk antibodi.

Oleh karena itu, Moms perlu mendapatkan zat besi yang cukup. Misalnya, dengan mengonsumsi buah kelor yang diolah menjadi sayur klentang.

Selain buahnya, daun kelor juga merupakan sumber zat besi yang tinggi karena mengandung 9,9% zat besi.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Apel yang Wajib Moms Ketahui, Super Sehat!

4. Baik untuk Ibu Menyusui

manfaat sayur klentang untuk busui

Foto: Orami Photo Stock

Sayur buah kelor juga banyak dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu ASI booster. Hingga tak heran jika banyak ibu menyusui yang rutin mengonsumsi buah dan daun dari tanaman kelor untuk melancarkan ASI.

Menurut Sriwijaya Journal of Medicine, banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kelor salah satunya senyawa fitosterol (efek laktogogum) dapat meningkatkan kadar hormon menyusui dan kandungan zat besinya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan bayi.

Dalam penggunaannya untuk meningkatkan produksi ASI, buah atau daun tanaman kelor dikonsumsi dengan cara dikukus ataupun direbus sebagai sayuran, dapat juga menggunakan tepung kelor untuk dibuat minuman.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Busui, Ini 9 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

5. Mengatasi Diabetes

manfaat sayur klentang untuk diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya sampai di situ, buah kelor yang terdapat dalam sayur klentang juga bisa mengatasi diabetes lho, Moms.

Penderita diabetes umumnya mengalami gangguan metabolisme pada proses penyerapan gula oleh tubuh karena tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara normal.

Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas, merupakan zat utama yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah.

Pengobatan penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mengontrol kadar darah dengan pemberian obat anti diabetes dan penyuntikan insulin, tetapi biayanya cenderung mahal sehingga buah kelor bisa dijadikan sebagai obat alternatif.

Pasalnya, buah kelor mengandung senyawa aktif, seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin. Senyawa itulah yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Hal ini pun didukung oleh studi Jurnal Akademika Kimia yang melakukan penelitian terhadap tikus mencit dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah kelor bisa menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 15 Makanan Penurun Gula Darah dan Paling Ampuh Cegah Diabetes

Setelah mengetahui manfaat sayur klentang dari buah kelor, Moms mungkin ingin coba mengonsumsinya. Yuk, ikuti resep sayur klentang yang dikutip dari Cookpad di bawah ini, Moms.

Resep Sayur Klentang dari Buah Kelor

sayur klentang.jpg
Foto: cookpad/raras rachma
Siap dalam 30 menit
Sajian 5 porsi

Sama seperti sayur asem pada umumnya, sayur asem dari buah kelor ini juga memiliki cita rasa asam yang gurih dan segar. Berikut bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat sayur klentang.

Bahan-bahan

Bahan-bahan:

  • 6 buah klentang
  • 3 buah jagung manis
  • Gula, garam, terasi secukupnya
  • Kacang mentah secukupnya
  • Asam jawa secukupnya
  • 3 cabai merah
  • 3 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 5 buah kemiri

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih klentang serta jagung manis, potong sesuai selera.
  2. Cuci kacang mentah, kemudian rebus dahulu.
  3. Goreng kemiri
  4. Siapkan bumbu-bumbu yang akan dihaluskan, yakni bawang putih, bawang merah, cabai merah dan rawit, terasi, lengkuas (cukup digeprek), garam, dan gula.
  5. Rebus jagung manis sebentar.
  6. Kemudian masukkan klentang dan daun salam.
  7. Masukkan kacang yangg telah direbus tadi.
  8. Masukkan bumbu halus dan asam jawa.
  9. Masak sampai sayur matang. Koreksi rasa hingga sesuai dengan selera. Sajikan.

Baca Juga: 7+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Nah, itu dia Moms, manfaat konsumsi sayur klentang dari buah kelor. Apakah Moms tertarik menyajikannya di rumah untuk keluarga?

  • https://web.archive.org/web/20180417010526id_/https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/viewFile/5226/pdf
  • http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al-kimia/article/view/1572/1575
  • https://media.neliti.com/media/publications/224131-efek-ekstrak-buah-kelor-moringa-oleifera.pdf
  • http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/9223
  • http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/13154/121524055.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  • https://cookpad.com/id/resep/10804870-sayur-asem-klentang
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait