Scroll untuk melanjutkan membaca

RESEP & MAKANAN
29 Maret 2019

6 Menu Ramadan Khas Betawi yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa minum es selendang mayang? Nikmaaat
6 Menu Ramadan Khas Betawi yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Selama bulan puasa, biasanya Moms akan menemui banyak ragam makanan lezat yang siap disantap saat berbuka puasa, salah satunya adalah menu Ramadan khas Betawi.

Ada yang sudah tahu apa saja menu Ramadan khas Betawi? Berikut ini adalah beberapa hidangan menu Ramadan khas Betawi yang bisa disantap saat berbuka puasa:

1. Soto Betawi

foto utama soto betawi

Foto: foto utama soto betawi (Orami Photo Stocks)

Menu Ramadan khas Betawi yang pertama tentunya adalah Soto Betawi. Ketika berbuka puasa dan langsung ingin menghangatkan perut, soto Betawi sangat cocok disantap.

Soto Betawi mempunyai kuah segar santar yang biasanya diisi dengan daging, paru, atau babat. Kemudian ditambah dengan potongan kentang, tomat, emping, dan daun bawang.

2. Kue Talam

60. kue talam labu kuning kue lezat berbahan labu kuning plus susu ultra

Foto: 60. kue talam labu kuning kue lezat berbahan labu kuning plus susu ultra

Kue talam menjadi salah satu menu Ramadan khas Betawi yang cocok disantap sebagai takjil berbuka puasa. Memiliki rasa yang lembut yang berpadu dengan gurihnya santan di dalam adonannya.

Ada beberapa jenis kue talam, seperti kue talam lapis ketan, kue talam kentang, kue talam durian, kue talam pandan, dan kue talam bulan (khas Betawi).

Baca Juga: Resep Kue Biji Ketapang, Camilan Khas Betawi yang Cocok Disuguhkan Saat Lebaran

3. Dodol Betawi

wacana.co dodol betawi 1170x778

Foto: wacana.co dodol betawi 1170x778

Ada camilan menu Ramadan khas Betawi lain yang bisa Moms siapkan di meja makan untuk berbuka puasa, yaitu dodol Betawi. Ada beberapa jenis dodol Betawi, seperti dodol rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian.

Apalagi rasa yang manis dari dodol Betawi ini sangat cocok dijadikan menu pembuka untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

4. Asinan Betawi

cover asinan betawi 1280x855

Foto: cover asinan betawi 1280x855

Asinan Betawi juga bisa Moms jadikan menu ramadan yang cocok untuk berbuka puasa. Ada dua jenis asinan Betawi yang bisa disantap, pertama adalah asinan buah yang biasanya berisi nanas, salak, mangga, bengkuang, dan mentium.

Lalu, ada asinan sayur yang berisi toge, mi kuning, selada, kol, toge, tahu, dan kerupuk. Rasanya yang segar membuatnya semakin nikmat disantap.

5. Es Teh Pletok

6d94edf6 eb68 48ff af40 1c34b1a286f4

Foto: 6d94edf6 eb68 48ff af40 1c34b1a286f4

Menu Ramadan khas Betawi yang satu ini nggak ada matinya, karena di beberapa sudut kota Jakarta masih banyak yang berjualan Bir Pletok. Rasanya manis, sedikit pedas, dan hangat di tubuh membuat minuman ini semakin digemari.

Bir Pletok juga sangat cocok disajikan dingin bersama es batu. Dahulu, biasanya penjual es teh pletok berkeliling dan memakai bambu untuk mencampur ramuannya. Ramuan es teh pletok seperti jahe tua, serai, secang, merica hitam, daun pandan, dan kayu manis.

Baca Juga: Rasanya Lezat, Tapi Kuliner Khas Betawi Ini Makin Langka dan Terancam Punah

6. Es Selendang Mayang

resep selendang mayang

Foto: resep selendang mayang

Keberadaannya semakin sulit ditemukan, es selendang mayang adalah salah satu menu Ramadan khas Betawi yang segar untuk dinikmati setelah seharian berpuasa.

Terbuat dari tepung beras dan hunkwe, disajikan dengan gula aren, santan, serta es batu membuatnya terasa nikmat sebagai pelepas dahaga.

Hayoo menu mana Ramadan khas Betawi favorit Moms? Share di bawah yuk!

(IRN)