Newborn

NEWBORN
4 Maret 2019

6 Tips dan Trik Dalam Memotret Bayi

Tidak peduli apapun jenis kamera yang Moms miliki untuk mendapatkan hasil pemotretan yang maksimal. Moms bisa menerapkan beberapa tips dan trik yang ada di bawah ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tidak perlu mempunyai kamera yang mahal atau menyewa jasa fotografer ternama untuk memotret bayi menjadi lebih menggemaskan. Moms sebenarnya bisa lho memotret sendiri di rumah.

Tidak peduli apapun jenis kamera yang Moms miliki untuk mendapatkan hasil pemotretan yang maksimal. Moms bisa menerapkan beberapa tips dan trik yang ada di bawah ini.

1. Pastikan Si Kecil Sudah Makan/Menyusu dan Ganti Popok

baby diy photoshoot technique pregnantchicken

Foto: picmonkey.com

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan memotret bayi adalah Moms harus memastikan Si Kecil sudah menyusu, makan, dan menggunakan popok. Bertujuan untuk mencegah sesi foto terhenti hanya untuk melakukan hal-hal tersebut.

Hal ini juga akan sangat membantu untuk membuat Si Kecil lebih nyaman dan tenang sepanjang sesi pemotretan.

2. Pencahayaan yang Terbaik

charlie 6

Jangan gunakan flash dari kamera atau smartphone saat Moms memotret bayi. Selain akan membuat bayi terkejut, flash juga tidak baik bagi mata bayi yang belum sepenuhnya berkembang.

Pemotretan yang dilakukan siang hari dapat memanfaatkan pencahayaan alami dari cahaya matahari, tidak peduli gadget apapun yang Moms gunakan. Tempatkan selimut sebagai alas atau background pemotretan di luar ruangan atau di dekat pintu dan kaca, lalu mulailah memotret.

Baca Juga: 5 Trik Memotret Balita untuk Hasil Foto yang Instagramable

3. Memotret Ketika Si Kecil Tidur

gettyimages 604349952 5aa6e0eea18d9e0038915154

Tidur dapat menjadi momen yang paling tepat untuk memotret bayi baru lahir. Karena sepanjang si kecil tertidur, Moms dapat mengubah pose-nya sesuka hati.

Tetapi ini akan menjadi masalah besar jika Si Kecil sudah berusia beberapa minggu atau bulan. Akan membutuhkan perjuangan ekstra untuk membuatnya tertidur lelap sepanjang sesi pemotretan. Jadi, perhatikan tips selanjutnya.

4. Perhatikan Pengaturan Kamera

baby1 2048x2048

Jangan lupa memperhatikan pengaturan kamera sebelum Moms mulai memotret. Untuk menangkap gerakan spontan dan ekspresi emosi alami bayi secara halus, gunakan mode pemotretan kontinu pada kamera. Mode ini akan membuat kamera akan mengambil banyak foto sekaligus dalam beberapa detik.

Jika Moms memutuskan untuk menggunakan DSLR atau mirrorless, focal length 50-80mm sangat direkomendasikan untuk memotret bayi. Sementara masalah lensa dapat menggunakan 24-70mm - 50mm.

5. Rencanakan Pakaian dan Properti Pendukung

charlie 6

Sebelum memotret bayi, tentunya Moms juga perlu menentukan dan menyiapkan terlebih dahulu pakaian dan properti pendukung apa saja yang akan digunakan. Berhati-hatilah untuk tidak mendekorasi tempat pemotretan dan sebaiknya gunakan warna maupun tekstur yang tidak lebih menonjol dari si kecil sebagai model utamanya.

Dalam mendandani Si Kecil untuk pemotretan, ingatlah untuk mempertimbangkan kesesuaian warna pakaian dengan latar belakang yang digunakan. Jika Moms memotret lebih dari satu bayi, sangat penting pula untuk memastikan bahwa pakaian yang mereka pakai saling melengkapi satu sama lain.

Properti pendukung atau alat peraga yang dapat digunakan untuk pemotretan bayi antara lain:

• Selimut rajutan untuk memperkenalkan warna dan tekstur
• Bedong untuk membuat bayi merasa aman dan nyaman
• Karpet bulu sintesis, sangat cocok digunakan bersama dengan peti kayu atau keranjang bayi
• Topi dan bando bayi
• Mainan kerincingan dan mainan favorit bayi
• Balon dan bunga

Baca Juga: Lakukan 3 Trik Ini untuk Memotret Anak dengan Kamera Polaroid

6. Pose Bayi

27023954 1619971638042068 8567290217625486309 o 2 1024x683 1024x683

Sebenarnya ada banyak cara untuk membantu Moms mendapatkan lebih banyak foto dengan berbagai pose selama sesi pemotretan. Berinteraksi dengan bayi dari belakang kamera misalnya atau bermain-main dengan suara dan wajah lucu untuk membuatnya tersenyum dan terkekeh.

Ini adalah cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk mendapatkan berbagai pose dan ekspresi dari Si Kecil. Moms juga bisa memanfaatkan alat peraga atau mainan di sekitar Si Kecil.

Bagi bayi yang sudah banyak bergerak, ambil foto selama Si Kecil melakukan berbagai aktivitas favoritnya. Misalnya seperti, ketika sedan merangkak, berdiri, belajar berjalan, meraih mainan, dan sebagainya. Selama apa yang dilakukan Si Kecil aman dan tetap dalam pengawasan.

Mudah bukan Moms tips dan trik memotret bayi di rumah?
Siap menyulap rumah menjadi studio foto untuk pemotretan Si Kecil?

(RGW)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait