Newborn

5 Oktober 2020

Serba-serbi Jam Tidur Bayi 2 Bulan yang Harus Moms Ketahu, Catat!

Ingin tahu berapa banyak jam tidur bayi 2 bulan? Inilah cara untuk mulai membuat jadwal tidur untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah 2 bulan bersama, kemungkinan Moms dan bayi mulai memiliki ritme jam tidur yang sama. Moms biasanya tahu kapan bayi cenderung terjaga dan bermain-main dan kapan Si Kecil tidur sebentar.

Tapi Moms mungkin juga pernah mendengar bahwa membuat jadwal tidur untuk bayi sangat penting, karena akan membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat.

Namun kenyataannya, bayi berusia 2 bulan masih terlalu muda untuk mengikuti jadwal yang ketat, dan rutinitas Moms akan bervariasi dari hari ke hari dan malam ke malam hari.

Inilah yang perlu diketahui oleh orang tua baru tentang jam tidur bayi 2 bulan, ditambah berapa banyak tidur yang seharusnya didapat bayi pada usia ini.

Memiliki waktu tidur yang berkualitas akan membantu tumbuh kembang bayi. Perkembangan juga akan berlangsung saat bayi tertidur, dari perbaikan jaringan hingga pembentukan sinapsis otak baru.

"Mereka akhirnya lelah dan kemudian lebih sulit untuk tidur pada waktu tidur. Mereka lebih rentan terhadap bangun malam dan lebih rentan terhadap mereka yang lebih awal - pagi juga dimulai,” kata Hannah Peterson, perawat anak dan pemilik-operator Dream Baby Sleep Consulting.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Tidur Bagi Bayi 1-3 bulan?

Kebutuhan Jam Tidur Bayi 2 Bulan

Jam Tidur Bayi 2 Bulan -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, kebutuhan tidur setiap bayi sedikit berbeda. Namun biasanya, jam tidur bayi 2 bulan totalnya sekitar 14 hingga 17 jam sehari, termasuk empat hingga enam tidur siang menurut American Academy of Pediatrics (AAP).

Kebingungan antara waktu siang-malam akan mulai mereda dan Moms mungkin akan melihat bayi sudah memiliki pola tidur kasar 60 hingga 90 menit waktu terjaga, yang diikuti oleh 30 menit hingga dua jam tidur siang.

Moms juga mungkin sudah mulai melihat bayi yang memiliki waktu tidur yang lebih lama di malam hari. Tetapi, jika Si Kecil masih bangun untuk menyusu saat malam setiap beberapa jam, itu juga sangat normal.

Jam tidur 2 bulan yang terbaik pada akhirnya tergantung pada kebutuhannya sendiri. Meskipun Moms tidak dapat mengharapkan jadwal tidur yang teratur, Moms dapat menerapkan beberapa aturan jam tidur bayi 2 bulan secara teratur.

Berapa lama bayi bisa tidur sepanjang malam tergantung pada berapa lama bayi dapat menyusu, yang diperkirakan dokter berdasarkan beratnya. Tonggak besar pertama adalah saat berat bayi 4 kg, yang setara dengan lima jam di antara waktu menyusu.

“Dan meskipun setiap bayi kemungkinan besar akan berada dalam berat yang sama pada usia dua bulan, masuk akal jika pada usia ini bagi bayi untuk bangun dua kali pada malam hari untuk memberinya susu,” kata Hannah.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Tips Menerapkan Jam Tidur Bayi 2 Bulan

Jam Tidur Bayi 2 Bulan -2

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, bayi tidak memiliki siklus tidur yang teratur sampai berusia sekitar 6 bulan. “Pada usia 2 bulan, jam tidur bayi sebagian besar diatur oleh seberapa sering dia perlu menyusu. Tetapi melatonin dan kortisolnya baru saja mulai terbentuk, yang dapat mengganggu tidur siangnya. Tetaplah pada rutinitas memberinya waktu untuk tertidur kembali sebelum berasumsi dia bangun,” jelas Hannah.

Tetapi ada beberapa langkah yang dapat Moms lakukan ambil pada usia ini untuk mendorong kebiasaan sehat jam tidur bayi 2 bulan, menurut American Academy of Pediatrics (AAP).

  • Bermain bersama di siang hari. Bayi yang berusia 2 bulan masih akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk tidur siang. Tetapi, bermain dengannya di siang hari dapat membantu memperkuat konsep perbedaan antara siang dan malam.
  • Jadikan rutinitas tidur dan patuhi. Membuat rutinitas waktu tidur yang dapat diprediksi, misalnya memandikan bayi, mengenakan piyamanya, mendengarkan lagu pengantar tidur dan membaca cerita bersama. Ini dapat membantu memberi isyarat kepada Si Kecil sebagai tanda memasuki waktu tidur, dilansir National Sleep Foundation
  • Mulai rutinitas tidur bayi lebih awal. Sekitar 30 menit sebelum bayi usia 2 bulan Moms cenderung tertidur, mulailah mempersiapkannya untuk tidur. Misalnya, jika bayi biasanya tidur jam 7 malam, mulailah rutinitasnya sekitar jam 18.30 malam.
  • Letakkan bayi di tempat tidur saat mulai mengantuk. Alih-alih menggendongnya, cara ini akan membantu mengajarinya cara tidur sendiri.
  • Cobalah untuk menjaga stimulasi seminimal mungkin di malam hari. Lakukan yang terbaik untuk menjaga ruangan tetap tenang dan gelap ketika menyusui atau mengganti popok bayi di malam hari untuk memungkinkannya kembali tidur dengan mudah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Masalah Jam Tidur Bayi 2 Bulan

Jam Tidur Bayi 2 Bulan -3

Foto: Orami Photo Stock

Bahkan, bayi 2 bulan Moms pun akan mengalami jam tidur yang terganggu saat merasa kesulitan untuk tidur. Sebagian besar masalah yang berkaitan dengan kesulitan tidur pada bayi disebabkan oleh hal-hal yang sementara seperti adanya penyakit, tumbuh gigi, tonggak perkembangan atau perubahan dalam rutinitas. Hal ini sebenarnya kemungkinan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, masalah tidur yang terus-menerus akan membuat istirahat Moms dan Si Kecil berkurang bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar. Sebagian besar bayi berusia 2 bulan masih perlu menyusu sekali atau dua kali dalam semalam.

Untuk meminimalkan waktu terjaga di malam hari, cobalah menambah durasi menyusui sebelum tidur dan pastikan bayi mendapatkan ASI atau susu formula yang cukup di siang hari, dilansir Columbia Neurology.

Inilah beberapa masalah jam tidur bayi 2 bulan secara umum:

  • Menolak tidur kembali. Bayi usia 2 bulan Moms akan terlihat rewel atau tidak akan tenang ketika berbaring padahal sudah masuk jam tidur. Bisa jadi bayi tidak merasa nyaman tidur terlentang. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mendorongnya tidur kembali, seperti membedong atau memberinya dot saat tidur dan tetap dengan rutinitas yang tidur konsisten. Akhirnya, bayi akan terbiasa tidur terlentang, dikutip American Academy of Pediatrics (AAP).
  • Masih belum bisa membedakan siang dan malam. Dilansir National Institutes of Health, National Library of Medicine, bayi terlihat tidur sepanjang hari, tetapi terjaga sepanjang malam. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu bayi membedakan antara siang dan malam, seperti membatasi tidur siang hingga tiga jam, dan memperjelas perbedaan antara siang dan malam seperti menjaga kamar bayi gelap ketika dia tidur siang dan menghindari menyalakan TV saat malam.
  • Gelisah saat tidur. Kebanyakan bayi berusia 2 hingga 3 bulan, terutama yang disusui, masih perlu mengisi perutnya setidaknya dua kali pada malam hari kadang membuatnya gelisah karena harus bangun setiap dua jam. Untuk mengatasinya, pastikan bayi perut bayi cukup kenyang pada siang hari dengan memberikan ASI atau susu formula setiap dua hingga tiga jam. Kemudian, berusahalah perlahan-lahan meregangkan waktu di antara waktu makan malam.

Menjalankan jam tidur bayi 2 bulan adalah tentang masa adaptasi, salah satunya mengenai perbedaan siang dan malam. Jadi, Moms bisa mulai menerapkan pola menyusui dan tidur saat ini agar menjadi kebiasaan di kemudian hari.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait