Newborn

NEWBORN
16 November 2020

13 Cara Menidurkan Anak, Moms bisa Mendongeng sebelum Tidur!

Anak tidur tanpa menyusu? Bisa!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat masih kecil, anak bisa tidur hanya dengan menyusu pada Moms. Darcia Narvaez, Ph.D., profesor di Department Psikologi di Universitas Notre Dame mengatakan bahwa bagi bayi, menyusu bukan semata untuk memenuhi nutrisi.

"Menyusu dan memeluk menawarkan kenyamanan pada anak. Ini yang membuatnya jadi merasa aman saat tidur," jelasnya seperti dikutip dari Psychology Today.

Tapi bagaimana cara menidurkan anak setelah menyapih? Moms yang baru akan menyapih biasanya memiliki kekhawatiran Si Kecil akan rewel karena tidak lagi menyusu pada Moms saat akan tidur.

Menyusui lebih dari sekadar memberi asupan gizi pada bayi. Kontak kulit dengan kulit yang terjadi saat menyusui membuat Si Kecil nyaman, bahkan sampai tertidur.

Jika bayi terbiasa menyusu sebelum tidur, menyapih berarti menghilangkan hal yang bayi butuhkan untuk bisa tidur. Hal ini bisa mengganggu tidurnya, misalnya membuatnya sulit tidur atau gelisah saat terbangun di malam hari.

Menyusu sebelum tidur sebenarnya lebih kepada kebiasaan daripada kebutuhan. Karena itu, setelah menyapih, Moms perlu membuat rutinitas baru sebelum tidur. Ini juga jadi cara Moms untuk menidurkan anak setelah disapih.

Apa saja rutinitas baru untuk menidurkan anak setelah disapih? Yuk simak di bawah ini Moms!

Baca Juga: 4 Langkah Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

Cara Menidurkan Anak Setelah Disapih

Jangan bingung, ini dia cara menidurkan anak yang bisa Moms lakukan untuk menidurkan anak setelah disapih. Kita coba yuk!

1. Pastikan Anak Sudah Kenyang sebelum Tidur

1. Pastikan anak sudah kenyang sebelum tidur (1).jpg

Foto: shutterstock.com

Cara menidurkan anak yang efektif setelah disapih yang pertama adalah memastikan di kenyang sebelum tidur. Anak yang lapar saat tidur akan mudah terbangun dan meminta menyusu.

Karena itu, pastikan anak sudah kenyang dengan makan malam atau ditambah camilan dan susu hangat 1-2 jam sebelum tidur.

Jangan memberikan anak makanan berat serta sumber kafein seperti soda, kopi, teh, dan cokelat menjelang waktu tidur karena bisa membuat Si Kecil susah tidur.

Jika anak terbangun di malam hari, beri ia air minum untuk menghilangkan dahaga dan membuat perutnya terisi sehingga ia bisa tidur nyenyak lagi.

2. Mematikan Alat Elektronik dan Gadget

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah mematikan alat elektronik. Matikan TV, HP, serta gadget lainnya sebelum tidur. Sebab, pancaran sinar biru dari layar meniru cahaya matahari, membuat tubuh menganggap bahwa hari masih pagi.

Produksi hormon melatonin yang menimbulkan rasa kantuk pun dibatalkan. Anak jadi sulit tidur. Kalaupun tidurnya cukup, anak susah bangun pagi dan mudah mengantuk.

Moms juga bisa meredupkan lampu di kamar agar anak tahu bahwa ini waktunya tidur.

3. Mendongeng

3. Mendongeng.jpg

Foto: kiddieversity.com

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah mendongeng. Moms bisa membacakan buku kesukaan anak atau mengarang cerita sendiri yang disisipi pesan moral yang ingin disampaikan ke anak.

Ada banyak manfaat yang didapat dari mendongeng, di antaranya menumbuhkan minat membaca dan mengembangkan imajinasi Si Kecil.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Menyapih Empeng Bayi

4. Mengajak Anak Bercerita tentang Kegiatan Hari Itu

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah mengajak bercerita. Meski balita belum terlalu lancar berbicara, Moms bisa membuat ia mengoceh tentang apa saja yang ia lakukan di hari itu.

Moms berperan sebagai pendengar yang baik sekaligus penyimak yang antusias bertanya agar anak semangat bercerita.

Kegiatan sederhana sebelum tidur ini bisa mendekatkan hubungan Moms dan anak sekaligus membantu menambah kosakata Si Kecil, Moms.

5. Berdoa sebelum Tidur

5. Berdoa sebelum tidur.png

Foto: videoblocks.com

Dalam periode 24 jam, bayi tidur antara 14 dan 17 jam sehari, menurut The National Sleep Foundation.

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah berdoa. Ini salah satu kebiasaan sebelum tidur yang baik ditanamkan sejak dini agar terbawa hingga anak dewasa.

6. Menyanyikan Lagu

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah menyanyikan lagu. Selain lagu “Nina Bobo” dan lagu anak-anak lainnya, Moms juga bisa menyanyikan lagu religi (misalnya selawat untuk muslim) atau lagu lain yang baik diperdengarkan pada anak.

7. Membuat Anak Nyaman

7. Membuat anak nyaman.jpg

Foto: daisyalvarengadds.com

Cara menidurkan anak yang efektif setelah disapih yang selanjutnya adalah membuatnya nyaman.

Sebelum tidur, Moms bisa mengganti baju Si Kecil dengan piyama serta mengajaknya menyikat gigi dan mencuci kaki. Pijat ringan tubuhnya agar merasa nyaman.

Jika Si Kecil sulit tidur, Moms bisa menggendong dan mengayun-ayunnya, menepuk-nepuk pantatnya, atau mengelus punggung dan rambutnya.

Baca Juga: Agar Sukses, Ikuti 3 Hal yang Boleh dan Jangan Dilakukan Saat Menyapih Bayi dari ASI

8. Memberi Sugesti Positif di saat Tenang

Cara menidurkan anak setelah disapih yang selanjutnya adalah memberi sugesti positif. Menjelang anak disapih, Moms bisa mulai membisikkan kalimat-kalimat positif kepada Si Kecil.

Lakukan saat anak dalam gelombang otak alfa, yakni saat mengantuk dan menjelang tidur, berulang kali setiap malam. Contohnya adalah “Nenen Bunda hanya untuk bayi yang masih kecil. Kakak, kan, sudah besar, jadi kalau ngantuk langsung bobo aja, ya”.

Cara Menidurkan Anak Balita yang Susah Tidur

Bukan hanya anak yang sudah disapih saja yang kesulitan tidur, biasanya anak balita juga mengalami susah tidur lho Moms meskipun sudah biasa.

Meskipun membangun kebiasaan gaya hidup yang baik dapat membantu memastikan tidur malam yang nyenyak untuk anak dari segala usia, ini sangat penting terutama bagi anak-anak dan remaja yang lebih besar.

Berikut cara menidurkan anak balita yang bisa Moms coba di rumah.

9. Pastikan Kamar Tidur Anak Nyaman

cara menidurkan anak

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan anak tidur dengan sangat baik di ruangan yang agak sejuk (dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius). Jika ada kebisingan dari luar, mengeluarkan suara derau dari kipas atau mesin suara dapat membantu menutupinya.

Sebagai cara menidurkan anak yang efektif, pastikan tempat tidur anak Moms tidak penuh dengan mainan, karena hal itu dapat mengganggu waktu tidurnya.

Baca Juga: 6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Ini Ternyata Punya Kelebihan Tersendiri Lho!

10. Usahakan untuk Menjaga Jadwal Tidur Anak

Cara menidurkan anak selanjutnya yaitu dengan menjaga jadwal tidur anak teratur, bahkan saat weekend.

Dalam jurnal American Academy of Pediatrics edisi Agustus, Profesor Pediatri Universitas Yale, Scott Rivkees, M.D., menulis mengenai pola tidur bayi dan mengatakan bahwa tubuh bayi memang belum mampu mengenali waktu dengan baik.

Walaupun sedang akhir pekan, waktu tidur yang sama untuk anak tetap penting. Hal ini akan memudahkan anak Moms untuk bangun dan tidur secara alami sesuai waktunya.

Remaja seharusnya tidak perlu tidur lebih dari satu jam melewati waktu bangun biasanya di akhir pekan. Jika ya, ini menunjukkan bahwa mereka kurang tidur selama seminggu.

11. Jangan Sampai Anak Tidur saat Lapar atau Kenyang

cara menidurkan anak yang susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Makanan ringan (seperti susu hangat dan pisang) sebelum tidur adalah ide yang bagus untuk diberikan pada Si Kecil dan menjadi cara menidurkan anak.

Namun, makanan berat dalam satu atau dua jam sebelum tidur dapat membuat anak-anak tetap terjaga dan sulit untuk tidur.

12. Perhatikan Waktu Tidur Siang

Anak-anak biasanya membutuhkan setidaknya empat jam di antara periode tidur sebelum mereka cukup lelah untuk tertidur lagi.

Meskipun kebutuhan tidur siang mungkin berbeda-beda, pastikan anak Moms tidak tidur terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu tidur, agar bisa tidur lagi di malam hari.

Baca Juga: Anak Cepat Lelah? Cek Dulu 7 Kemungkinan Penyebabnya

13. Pastikan Anak Menggunakan Tempat Tidurnya Hanya untuk Tidur

cara menidurkan anak

Foto: Orami Photo Stock

Jika memungkinkan, dorong mereka untuk menggunakan tempat tidur mereka hanya untuk tidur dan ritual sebelum tidur (seperti membaca buku) daripada pekerjaan rumah, misalnya.

Jika tidak, mereka akan mengasosiasikan tempat tidur dengan aktivitas lain daripada istirahat dan relaksasi. Demikian pula, jangan gunakan kamar anak Moms untuk waktu menyendiri atau mereka akan belajar menghubungkannya dengan hukuman.

Beberapa cara menidurkan anak di atas mungkin tidak langsung berhasil di percobaan pertama. Tapi, dengan pengulangan terus-menerus, rutinitas tidur baru tersebut akan menjadi kebiasaan. Anak pun bisa tidur tanpa menyusu kepada Moms!

Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait