2-3 tahun

14 Desember 2021

10 Manfaat Membaca Dongeng untuk Anak

Mulai dari menciptakan bonding hingga membuat anak belajar banyak hal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Siapa di antara Moms dan Dads yang suka membacakan dongeng sebelum tidur kepada Si Kecil? Jika ya, langkah yang Moms dan Dads lakukan adalah tepat karena ada banyak manfaat membaca dongeng untuk anak.

Perlu Moms dan Dads ketahui bahwa, di usia Si Kecil saat ini, dia sangat membutuhkan kegembiraan lewat fantasi-fantasi. Dan tentu saja, hal tersebut bisa didapatkan dari dongeng sebelum tidur.

Menurut psikolog anak Sally Goddard Blythe, direktur Institute for Neuro-Physiological Psychology dan penulis The Genius of Natural Childhood: Secrets of Thriving Children, bahkan di zaman kita sekarang, dongeng masih memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada anak-anak tentang kehidupan, dan memberi pengalaman imajiner yang membentuk diri kita sepanjang hidup.

"Dongeng itu penting bukan karena mereka menunjukkan kepada anak-anak bagaimana kehidupan, baik dalam bentuk ketakutan atau impian yang mendalam tentang kehidupan melalui fantasi," kata Goddard Blythe dilansir dari Telegraph.

Di samping itu, menurut Kepala Cabang Perkembangan dan Perilaku Anak di Institut Nasional Kesehatan dan Pengembangan Manusia di Bethesda, Reid Lyon, penelitian saraf menunjukkan bahwa ketika orang tua berinteraksi secara verbal dengan Si Kecil, seperti mendongeng maka mereka belajar lebih banyak daripada yang pernah kita pikirkan.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Research Gate juga disebutkan bahwa membacakan dongeng untuk anak bisa membantu mengurangi gangguan tidur dan kebiasaan anak bangun di malam hari.

Baca Juga: 7 Cara Membacakan Dongeng untuk Anak dengan Menyenangkan

Manfaat Membaca Dongeng untuk Anak

Lalu, apa saja manfaat membaca dongeng sebelum tidur untuk anak lainnya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengembangkan Komunikasi

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng untuk anak yang pertama adalah mengembangkan komunikasi. Mulai dari komunikasi mulut, kemampuan mendengar, memori, hingga keterampilan pengenalan bahasa Si Kecil.

Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat kosakatanya dan struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini.

Seiring waktu dan usia, Si Kecil akan belajar berkomunikasi melalui bahasa tubuh, metode verbal, mendengarkan dan menulis kata-kata seperti Moms dan Dads.

Si Kecil juga akan mendengar semua suara yang diperlukan untuk berbicara bahasa asli mereka. Nah, dengan semakin banyak Moms dan Dads membaca, maka semakin banyak pula kesempatan bagi Si Kecil untuk belajar kata-kata.

Baca Juga: Yuk, Bacakan 7 Dongeng Anak Islami Ini Sebelum Si Kecil Tidur!

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah baik untuk perkembangan sosial dan emosional.

Si Kecil dapat mengembangkan gagasan tentang mainan, binatang, burung, dan sebagainya seiring dengan ilustrasi juga cerita yang berjalan dari dongeng sebelum tidur.

Selain itu, anak-anak dapat belajar dari dongeng bahwa keputusan mereka dapat membentuk situasi, jadi penting untuk selalu berpikir sebelum bertindak.

Dengan begitu, keterampilan berpikir kritisnya akan terasah.

Moms dan Dads juga akan menemukan Si Kecil pandai menggunakan kata-kata baru untuk berpikir, merasakan, dan mengungkapkan perasaannya.

3. Meningkatkan Perhatian

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng untuk anak yang berikutnya adalah meningkatkan perhatian.

Melibatkan Si Kecil dalam dongeng sebelum tidur adalah cara terbaik untuk membantunya merasa nyaman dengan kebiasaan membaca. Ini memang kebiasaan yang sangat berguna dan sehat.

Moms dan Dads pun dapat meningkatkan rentang perhatian anak dengan membacakannya dongeng setiap malam sebelum tidur.

Dengan rentang perhatian dan fokus yang baik, anak-anak bisa belajar lebih baik. Hal ini tentu saja bisa bermanfaat bagi ia dalam meraih prestasi di sekolah.

Baca Juga: 7 Dongeng Anak Perempuan, Bacakan untuk Si Kecil Yuk!

4. Meredakan Kecemasan

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng untuk anak yang lainnya adalah bisa meredakan kecemasan.

Siapa sangka bahwa dongeng sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuhnya sebelum tidur.

Bahkan jika dia terlalu bersemangat, membaca cerita akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan terbebas dari semua kecemasan yang dialami.

5. Meningkatkan Kepribadian dan Pengetahuan

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Dari membacakan dongeng pada Si Kecil, Moms dan Dads juga bisa meningkatkan kepribadian dan pengetahuan anak, lho. Ketika Si Kecil tumbuh, ia mungkin mulai mencari beberapa orang dan mengambil inspirasi dari mereka.

Nah, waktu membaca inilah yang menjadi waktu terbaik untuk memengaruhi Si Kecil dan mengajari mereka pelajaran hidup.

Maka tak heran jika dongeng sebelum tidur dapat meningkatkan kepribadian positif dan pengetahuan anak.

Baca Juga: 7 Dongeng Anak Laki-laki yang Bisa Jadi Inspirasi Buah Hati

6. Menjadi Kebiasaan Baik

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng setiap hari juga bisa menumbuhkan kebiasaan baik pada anak-anak, terutama literasi.

Ketika Moms membuat dongeng sebelum tidur menjadi rutinitas Si Kecil, itu menjadi kebiasaan baik dan bagian dari hidupnya.

Lambat laun, membaca buku menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak-anak dan Moms tidak harus memintanya membaca setelah ia dewasa.

Di kemudian hari, membaca juga dapat membuka pintu untuk menulis.

7. Menciptakan Imajinasi dan Kreativitas

dongeng menciptakan imajinasi anak

Foto: Orami Photo Stock

Melalui berbagai cerita menarik yang Moms atau Dads baca, Si Kecil pun akan memiliki banyak imajinasi seru di dalam dirinya.

Misalnya, ketika anak mendengarkan cerita dengan tokoh dan budaya yang berbeda dengan tempat tinggalnya. Si Kecil pun bisa membayangkan dunia luar yang belum pernah ia ketahui atau datangi.

Imajinasi seorang anak adalah hal yang kuat dan unik. Usia anak-anak perlu diisi dengan hal yang menyenangkan. Jadi, bangunlah imajinasi terbaik mereka.

Moms bisa mengembangkan imajinasi dengan melibatkan anak-anak untuk mendiskusikan bagaimana dunia fantasi atau dunia menakjubkan dari cerita-cerita ini.

Melalui interaksi seperti itu, mereka bisa mengekspresikan ide-ide dengan mudah.

Tidak hanya digunakan untuk mengarang cerita dan permainan, imajinasi juga bisa menjadi faktor atau kunci dalam pemikiran kreatif anak.

Bahkan, sesuatu yang diimajinasikan anak bisa saja menentukan jenis pendidikan, karir, dan kehidupan yang mereka miliki ke depannya.

Baca Juga: 11 Dongeng Sebelum Tidur Paling Populer di Dunia, Yuk Bacakan ke Si Kecil!

8. Mempelajari Banyak Hal

manfaat dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng lainnya, yakni bisa menjadi cara menyenangkan bagi Si Kecil dalam mempelajari banyak hal.

Misalnya, mengetahui bahwa tokoh baik akan bisa melawan kejahatan. Jadi, anak pun ikut termotivasi menjadi pribadi yang baik seperti tokoh dalam cerita tersebut.

Melalui cerita dalam dongeng, Si Kecil bisa membedakan mana hal yang benar dan salah. Ia akan memahami konsekuensi atau sebab akibat dalam kehidupan.

Anak pun akan belajar bagaimana caranya bermasyarakat. Ia belajar untuk menjadi baik dan berbelas kasih satu sama lain.

Selain itu, anak-anak bisa belajar dari karakter dalam cerita dan ini akan membantu mereka dalam menghubungkan situasi dengan kehidupan mereka sendiri.

Cerita-cerita tersebut menunjukkan kepada anak-anak bagaimana memiliki pandangan positif di tengah kecemasan, pertempuran, dan masalah apa pun dalam hidup, bahkan mengajarkan Si Kecil tentang keterampilan berpikir kritis.

Adanya masalah dalam cerita dongeng juga bisa mengajarkan anak tentang berbagai perspektif. Dengan begitu, Si Kecil akan selalu bisa menemukan solusi dari kesulitan yang ditemukannya.

Jadi, ada banyak hal yang bisa anak pelajari melalui cerita-cerita yang Moms bacakan. Terutama, tentang nilai-nilai kehidupan.

9. Membangun Bonding Antara Moms dengan Si Kecil

membacakan dongeng ciptakan bonding

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membaca dongeng selanjutnya yaitu dapat memberikan momen ikatan yang sangat baik antara orang tua dan anak-anak.

Ketika Moms berbagi cerita favorit dan menginspirasi anak-anak untuk terus membaca, mereka juga dapat memberi tahu tentang kisah favorit mereka.

Interaksi dan kebersamaan seperti ini pun akan menciptakan bonding yang erat. Dengan begitu, tingkat stres dalam keluarga dapat diminimalisir sehingga lebih bahagia dan sejahtera.

Selain itu, hubungan baik antara orang tua dengan anak bisa menjadi lebih harmonis dan bernilai. Jadi, Moms dan Dads jangan ragu untuk membacakan Si Kecil dongeng, ya.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku pada Bayi untuk Perkembangannya

10. Mengajarkan Anak Ketahanan Emosional

manfaat membacakan dongeng

Foto: Orami Photo Stock

Meski hanya melalui cerita dongeng, anak-anak juga bisa belajar tentang ketahanan emosional sebagai manfaat membaca dongeng.

Dari berbagai cerita yang Moms dan Dads baca, Si Kecil akan memahami bahwa dunia ini bisa saja memberikan sesuatu yang baik atau buruk pada mereka.

Namun, alur cerita dan tokoh yang dibacakan bisa memberi pengalaman baik bagi anak. Ia bisa belajar tentang menghadapi rintangan dan kejahatan dari cerita tersebut.

Anak-anak pun akan memiliki ketahanan emosional yang baik dari pembelajaran tersebut. Ia akan menjadi sosok yang kuat, berani, dan berhasil melewati kesulitan-kesulitan hidup nantinya.

Baca Juga: Intip 4 Cara Ini Agar Momen Membaca Buku dengan Bayi Lebih Menyenangkan

Tips Memaksimalkan Manfaat Membaca Dongeng untuk Anak

membaca dongeng.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Untuk memaksimalkan manfaat membaca dongeng, Moms dan Dads juga perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Menggunakan berbagai emosi dan suara ekspresif saat membaca cerita mendorong perkembangan sosial dan emosional Si Kecil.
  • Saat membacakan dongeng sebelum tidur, buat Si Kecil melihat dan menjawab pertanyaan untuk mempromosikan pengembangan sosial dan keterampilan berpikir mereka.
  • Biarkan dia meniru suara, mengenali gambar, dan belajar kata-kata dari cerita dongeng yang dibacakan.
  • Bacakan dengan gembira dan dekat. Cara ini dapat membantu anak terkait dengan buku cerita yang dibaca.
  • Memeluk sambil membaca dongeng membuat anak merasa terhubung, aman, dan hangat.
  • Nyanyikan sajak dan buat suara binatang lucu.
  • Jangan khawatir tentang membaca cerita yang sama. Biasanya, anak-anak suka dan belajar dari pengulangan.
  • Matikan gangguan saat membaca dongeng, seperti televisi atau radio.
  • Dengan membesar-besarkan suara 'oo' dan menggunakan kata-kata seperti hush, Moms atau Dads dapat merangsang koneksi di bagian otak anak yang menangani suara bahasa. Bagian ini disebut korteks pendengaran.
  • Ingatlah bahwa interaksi dengan Si Kecil adalah kunci untuk memaksimalkan membaca dongeng sebelum tidur.

Nah, ternyata membacakan dongeng sebelum tidur kepada Si Kecil punya banyak manfaat, Moms. Jangan ragu untuk membacakan Si Kecil dongeng sebelum tidur, ya.

  • https://www.researchgate.net/publication/324506782_The_Bedtime_Story_A_New_Chapter
  • http://hcmslcunningham.weebly.com/uploads/1/3/1/5/13158368/5_reasons_why_fairy_tales_are_good_for_children.pdf
  • https://www.learningthroughliterature.com/5-reasons-fairy-tales-are-good-for-children/
  • https://nepeantutoring.com.au/the-benefits-of-fairy-tales/
  • https://auburn.tutoringcenter.com/blog/posts/tips/the-importance-of-fairy-tales-for-growing-children
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait