Kehamilan

20 Mei 2020

Bagaimana Tetap Aktif dan Sehat Saat Hamil?

Kehamilan pada dasarnya tidak menghalangi kita untuk tetap beraktivitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Tetap aktif selama hamil tidak selalu berjalan mulus, apalagi pada trimester pertama yang sering kelelahan, morning sickness, dan sakit punggung yang membuat sulit untuk bergerak aktif.

Dilansir dari Healthline, diketahui bahwa menjaga pola hidup sehat akan mendapatkan banyak manfaat seperti membantu proses persalinan lebih mudah, membantu menurunkan badan pasca persalinan lebih cepat, dan memberi lebih banyak energi sepanjang kehamilan.

Pola makan sehat dan berolahraga adalah baik untuk kesehatan ibu dan anak. Moms dapat melakukan kegiatan berikut agar tetap aktif dan sehat saat hamil.

Tetap Aktif dan Sehat Saat Hamil

Ikuti kiat-kiat ini agar tetap bisa leluasa bergerak saat hamil dikutip dari Health.gov, Moms!

Baca Juga: Hamil Anak Kembar? Simak 3 Tipsnya Agar Tetap Sehat dan Bugar

1. Pola Makan

Bagaimana Tetap Aktif dan Sehat Saat Hamil.jpeg

Foto: successiblelife.com

Selama paruh pertama kehamilan, Moms mungkin akan mengalami masa-masa ngidam, dimana segala keinginan diwujudkan termasuk makanan tertentu.

Namun, hal tersebut jika tidak terkontrol akan sedikit mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Selama kehamilan, ibu harus memiliki asupan dan nutrisi yang baik.

Moms membutuhkan pola makan yang mencakup mineral dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, dan folat.

Untuk mendapatkan kalsium, Moms bisa mengonsumsi sayuran hijau dan produk susu. Zat besi bisa Moms dapatkan dari sayuran berdaun hijau, daging merah, kacang-kacangan, dan telur yang dapat membantu menjaga jumlah hemoglobin yang sehat.

Makanan yang diperkaya seperti sereal, pasta, roti, dan nasi akan memberikan folat sebagai vitamin utama yang mengurangi risiko cacat tabung saraf.

2. Mengurangi Stres

Bagaimana Tetap Aktif dan Sehat Saat Hamil 2.jpg

Foto: momjunction.com

Selain itu, kurangi stres dan Istirahat yang cukup. Moms perlu mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

Terlalu stress bagi ibu hamil tentu akan mengganggu kesehatan ibu dan bayi. Seorang pakar kebidanan dan kandungan The Women’s Specialists of Houston di Texas Children’s Pavilion for Women, Lindsey Longerot, MD, mengatakan bahwa mengurangi kecemasan akan membuat ibu hamil lebih sehat.

Moms dapat mengurangi kecemasan dengan melakukan komunikasi terbuka, dan berlatih teknik relaksasi seperti bernapas agar tetap rileks dan fokus.

Saat menjalani kehamilan, Moms juga membutuhkan waktu untuk tidur sejenak di siang hari agar energi tetap terjaga, dan membuat Moms tetap fokus dalam beraktivitas. Tidur dapat mengurangi kecemasan, dan mempengaruhi kadar progesteron agar tetap terjaga selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Jenis Senam Hamil untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Ibu

3. Olahraga

Bagaimana Tetap Aktif dan Sehat Saat Hamil 3.jpg

Foto: runtastic.com

Meskipun harus istirahat yang cukup, bukan berarti Moms tetap berdiam diri. Pastikan Moms dapat melakukan beberapa gerakan setiap harinya.

Olahraga akan membantu tubuh tetap aktif. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat, Moms dapat memilih olahraga ringan yang aman saat kehamilan seperti berenang, yoga, prenatal, senam, atau jalan pagi.

Bergerak aktif saat hamil dapat meringankan masalah kesehatan terkait kehamilan yang umum terjadi seperti sembelit, sakit punggung atau masalah postur.

Selain itu, bergerak aktif saat hamil dapat meningkatkan pasokan oksigen pada tubuh ibu dan janin, membantu mengatasi stress dan cemas, membantu lebih cepat pulih pasca melahirkan, memperkuat sistem kardiovaskular, mencegah stretch mark, pembekuan darah dan varises, meningkatkan kualitas tidur di malam hari, serta mengurangi risiko gestasional.

Itulah cara agar tetap aktif dan sehat selama hamil, Moms. Coba diikuti, ya, agar bugar selalu.

Baca Juga: Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Sumber Folat Ini Agar Kesehatan Janin Optimal

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait