Rupa-rupa

11 Agustus 2021

Aneka Ragam Alat Musik Jawa Tengah, Mulai dari Kenong Hingga Gong

Alat musik Jawa Tengah ternyata kerap terlihat pertunjukan musik gamelan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah tahu apa aja yang termasuk alat musik Jawa Tengah?

Tahukah Moms bahwa masyarakat Jawa Tengah tercatat sebagai salah satu kelompok masyarakat di Indonesia yang sangat produktif, terutama dalam bidang kesenian dan kebudayaan.

Tidak heran jika banyak alat musik Jawa Tengah yang telah diciptakan dan mampu menghasilkan musik yang sangat khas dan indah didengar.

Bahkan alat musik Jawa Tengah juga kini sudah banyak yang dikagumi hingga ke luar negeri. Salah satunya adalah musik gamelan. Dalam sejarah musik Jawa Tengah, gamelan nyatanya memiliki catatan yang cukup panjang.

Gamelan adalah himpunan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah, dan ia biasanya menonjolkan beberapa alat musik di dalamnya seperti demung, saron, gambang, kendang, dan gong.

Sayangnya kini tidak banyak kalangan muda yang mengenal betul alat musik Jawa Tengah tersebut. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas Moms untuk mengenalkan alat musik tradisional tersebut kepada generasi selanjutnya.

Baca Juga: Kenali 10 Jenis Tarian Tradisional Jawa Tengah untuk Edukasi Anak

Ragam Alat Musik Jawa Tengah dan Cara Memainkannya

Untuk Moms yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai alat musik tradisional Jawa Tengah, berikut ini adalah beberapa jenisnya beserta penjelasan cara memainkan alat musik Jawa Tengah tersebut:

1. Siter

Alat Musik Jawa Tengah - Siter

Foto: nesabamedia.com

Alat musik Jawa Tengah yang perlu Moms ketahui pertama adalah siter. alat musik siter mempunyai bunyi yang disetel dengan nada sledro dan juga pelog.

Namun yang berbeda dari alat musik siter adalah satu-satunya alat yang cara memainkannya dengan dipetik dalam gamelan. Alat musik Jawa Tengah ini mempunyai senar dari 11 dan 13 untuk dimasukkan ke resonator.

Cara memainkan alat musik Jawa Tengah ini cukup sederhana, yakni dengan dipetik dengan ibu jari lalu jari yang lain menahan getaran dari senar yang dipetik.

Ini adalah salah satu ciri khas dari instrumen gamelan.

Selain itu, panjang dari siter biasanya 30 cm. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan alat musik lainnya secara bersamaan sebagai instrumen yang memainkan cengkok.

2. Demung

Alat Musik Jawa Tengah - Demung

Foto: tambahpinter.com

Selanjutnya ada alat musik tradisional Jawa Tengah bernama Demung yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang masuk ke dalam keluarga balungan.

Dalam pagelaran musik gamelan, umumnya ada dua jenis damung yaitu damung nada pelog dan damung nada slendro. Dengan ukuran alat musik yang cukup besar, tetapi hasil suaranya nada oktaf yang rendah.

Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan dan cara memainkannya adalah dengan memukulnya menggunakan alat pemukul khusus.

Untuk gendhing gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya, demung akan ditabuh dengan keras dan cepat. Sementara itu, gendhing Gati ditabuh lambat namun keras.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Tahu Campur Khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, Yuk Coba!

3. Kenong

Alat Musik Jawa Tengah - Kenong

Foto: jawatengahfia.files.wordpress.com

Alat musik Jawa Tengah selanjutnya yang juga masih cukup dikenal. Alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang bisa dimainkan dengan hanya menggunakan satu alat pemukul.

Alat musik Jawa Tengah satu ini umumnya berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama. Kenong juga masuk dalam alat musik berpencu, namun jika Moms lihat, ukurannya lebih besar daripada bonang.

Salah satu yang unik, dari seluruh instrumen gamelan, kenong merupakan alat musik yang bertubuh paling gemuk. Berbeda dengan gong yang meskipun bentuknya lebar, namun tetap pipih.

Bentuk kenong yang besar ini mampu menghasilkan suara yang rendah namun nyaring dengan timbre yang sangat khas. Di dalam telinga masyarakat Jawa Tengah, kenong biasanya ditangkap berbunyi ‘ning-nong’, sehingga alat musik ini diberi nama kenong.

4. Gong

Alat Musik Jawa Tengah - Gong

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik satu ini karena cukup sering digunakan, bahkan untuk acara yang sifatnya seremonial.

Gong mempunyai ukuran yang cukup besar yang disusun dari berbagai ukuran dan suara yang dihasilkan sehingga alat musik ini sangat mudah untuk dikenali.

Gong juga merupakan salah satu instrumen waditra yang terbuat dari logam kuningan atau perunggu.

Gong juga mempunyai diameter 69 cm hingga 105 cm dan biasanya di bagian atas untuk menggantungkan gong tersebut ada variasi seperti ular dan naga yang terbuat dari bahan kayu sebagai hiasan.

Tak hanya di Jawa Tengah, gong juga dikenal dalam kesenian Betawi dan termasuk kedalam instrumen Gambang Rancag dan mengiringi tari Topeng Gong.

Cara memainkan alat musik gong juga sangat mudah, yakni dipukul dengan alat pemukul yang khusus. Gong umumnya dipukul atau dimainkan pada saat akhir lagu.

5. Gambang

Alat Musik Jawa Tengah - Gambang

Foto: wikipedia.co.id

Alat musik Jawa Tengah selanjutnya adalah gambang yang merupakan salah satu instrumen orkes gambang kromong dan gambang rancag. Gambang memiliki sumber suara sebanyak 20 buah bilah yang umumnya terbuat dari kayu atau bambu.

Jika Moms memerhatikan bentuk resonatornya, ternyata mirip dengan perahu, yang di atas bibir kotak suara tersebut juga tampak beberapa bilah kayu nada dalam bentuk persegi empat panjang tipis.

Pada ujung pangkalnya resonator gambang terpancang bentuk piramid yang memiliki fungsi sebagai penutup bagian ujung dan pangkal tersebut.

Bilah-bilah gambang ini umumnya dibuat dari kayu jati dan bilah dengan nada terendah memiliki bentuk yang paling panjang dan lebar. Sebaliknya, bilah dengan nada tertinggi memiliki bentuk yang pendek, tebal, dan juga sempit.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

6. Saron

Alat Musik Jawa Tengah - Saron

Foto: Orami Photo Stock

Sama dengan alat musik demung, alat musik Jawa Tengah juga termasuk dalam keluarga alat musik balungan. Dalam gamelan, biasanya ada empat buah saron dan semuanya memiliki versi pelog dan slendro.

Alat musik Jawa Tengah satu ini memiliki nada satu oktaf yang umumnya lebih tinggi daripada demung, dengan tubuhnya yang sedikit lebih kecil.

Cara memainkan alat musik Jawa Tengah ini adalah dengan cara ditabuh sesuai nada, nada yang imbal, atau menabuh bergantian antara saron 1 dan saron 2. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan akan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya.

7. Slenthem

Alat Musik Jawa Tengah - Slenthem

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik Jawa Tengah selanjutnya adalah slenthem yang jika dilihat bentuknya seperti alat musik yang tidak berbeda jauh dengan alat musik gender.

Alat musik ini memiliki bentuk bilah-bilah logam yang digantung di atas tabung-tabung yang menghasilkan dengung rendah bila dipukul.

Sama seperti instrumen lain pada gamelan, slenthem juga memiliki versi pelog dan juga slendro. Slenthem pelog umumnya memiliki rentang nada C hingga B.

Sementara, slenthem slendro memiliki nada C, D, E, G, A, C’. Cara memainkan alat musik Jawa Tengah ini adalah dengan menabuhnya, namun dibutuhkan naluri atau perasaan untuk bisa menghasilkan gema ataupun bentuk dengungan yang baik.

Pada notasi C, D, E, G misalnya, gema yang dihasilkan saat menabuh nada C harus hilang tepat saat nada D ditabuh, dan begitu juga seterusnya.

8. Kendang

Alat Musik Jawa Tengah - Kendang

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik Jawa Tengah selanjutnya yang juga sebagai bagian dari Gamelan Jawa adalah Kendhang. Dengan keunikannya sendiri, alat musik ini juga ada dalam alat musik tradisional Jawa Barat.

Sebagai alat musik Jawa Tengah, Kendhang memiliki dua sisi tidak simetris dengan sisi kulitnya. Ditegangkan oleh tali dan kulit atau rotan ditata dalam bentuk ‘Y’.

Secara umum, Kendhang memiliki peran untuk menentukan irama dan tempo. Adapun untuk iringan tari atau dalam pertunjukan Wayang, alat musik ini juga berfungsi mengiringi gerak penari atau wayang.

Terdapat empat jenis kendang Jawa yang didasarkan pada ukuran dan fungsinya, yaitu Kendhang Ageng, Kendhang Wayangan, Kendhang Ciblon, dan Kendhang Ketipung.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait