Rupa-rupa

11 Juni 2021

Mengenal 5 Ciri Orang Ambisius dan Penyebabnya, Moms Termasuk?

Sifat ambisius bisa saja muncul karena adanya penolakan atau penghinaan dari orang lain
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Moms mungkin sudah tidak asing dengan istilah ambisius. Istilah ini sering kali merujuk pada orang lain di sekitar atau bahkan Moms sendirilah yang memilikinya.

Ambisius merupakan sifat seseorang yang ditandai dengan keinginan kuat untuk sukses, kaya, atau berkuasa.

“Rata-rata, orang yang ambisius mencapai tingkat pendidikan dan pendapatan yang lebih tinggi, membangun karier yang lebih bergengsi, dan melaporkan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi secara keseluruhan,” kata Neel Burton, psikiater dan penulis Heaven and Hell: The Psychology of the Emotions, seperti yang dikutip dari Fast Company.

Orang yang ambisius memiliki tekad untuk mewujudkan seluruh impiannya tersebut. Mereka juga biasanya terlihat tekun dan penuh semangat.

Lalu, apa saja ciri-ciri sifat ambisius? Adakah penyebabnya? Simak selengkapnya, Moms.

Ciri-Ciri Sifat Ambisius

Ciri Ciri Ambisius

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak ciri yang menandakan sifat ambisius dalam diri seseorang. Mungkin saja Moms punya salah satunya!

1. Pantang Menyerah

Ciri Ciri Ambisius - 1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang yang berputus asa jika tujuan yang hendak mereka capai mengalami kesulitan, tetapi tidak bagi seorang ambisius.

Moms dapat dikatakan ambisius jika pantang menyerah pada rintangan yang muncul saat mencapai tujuan. Sifat ambisius tidak membuat mereka merasa ragu atau berpikiran untuk berhenti.

Sebaliknya, orang yang ambisius akan terus maju dalam mengejar impiannya sampai selesai. Dengan cara mencari cara lain atau membuat sedikit perubahan, agar tetap bisa mencapai hal yang diinginkannya.

Baca Juga: 6 Cara Kembali Semangat Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

2. Selalu Memiliki Tujuan

Ciri Ciri Ambisius - 2

Foto: Orami Photo Stock

Seseorang dengan sifat ambisius bisa juga ditandai dengan memiliki tujuan dalam setiap tindakannya. Hal ini karena tujuan yang mereka capai biasanya terdiri dari banyak proses sehingga setiap tindakan perlu dipertimbangkan.

Karena tujuan itulah, orang yang ambisius dapat terbantu dan lebih mudah mencapai keinginannya.

Selain itu, dengan mengetahui apa saja yang harus dikerjakan membuat orang dengan sifat ambisius tetap fokus dan teguh dalam mewujudkan impiannya.

Mereka akan mengingat apa yang menjadi keinginannya dan mengerjakannya dengan sabar, tidak duduk atau menunggu seseorang menunjukkan jalan dalam mewujudkan keinginannya tersebut.

Ketika mereka mencapai suatu tujuan pun, mereka segera melanjutkan ke tujuan berikutnya.

Jika mereka tidak menantang diri mereka sendiri dengan tingkat pencapaian yang baru, orang ambisius bisa saja merasa hampa, lho.

Sifat ambisius mungkin sudah tertanam dalam diri Moms jika memiliki ciri-ciri ini.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

3. Terbiasa Mengatur Waktu

Ciri Ciri Ambisius -3

Foto: Orami Photo Stock

Orang yang terorganisir dengan baik atau terbiasa mengatur waktu bahkan saat senggang merupakan ciri sifat ambisius berikutnya.

Seseorang yang ambisius biasanya akan memilih aktivitas yang memberikan istirahat dan relaksasi di luar jadwal utama mereka.

Hal ini karena kesehatan fisik dan mental merupakan aset yang perlu dijaga agar tujuan atau ambisi dapat tercapai sesuai keinginan.

Baca Juga: 7 Cara Ciptakan Me Time untuk Para Mommies

4. Menyukai Tantangan

Ciri Ciri Ambisius - 4

Foto: Orami Photo Stock

Ambisius juga biasanya ditandai dengan perilaku menyukai tantangan. Orang yang ambisius tidak akan ragu dan berani ketika menemui halangan saat mencapai tujuannya.

Mereka justru menikmati hal ini sebagai proses dalam mewujudkan impiannya. Selain itu, orang yang ambisius suka mengembangkan diri dan membuktikan bahwa mereka mampu melakukan sesuatu yang hebat.

Mereka selalu bersemangat mempelajari sesuatu yang baru setiap harinya.

Dalam hal ini, fokus utama orang ambisius adalah untuk meningkatkan hingga dapat menjadi lebih baik. Jadi tak heran jika mereka mencurahkan waktu ekstra untuk pembelajaran dan pengembangan.

Tidak hanya keterampilan professional, tetapi juga di bidang penguasaan pribadi. Mereka akan bekerja saat orang lain bermain dan bertahan dalam melalui kesulitan. Yang, pada akhirnya, memberi mereka keuntungan serius dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ini Tandanya Kalau Moms Sudah Perlu Pekerjaan Tambahan

5. Berteman dengan Orang yang Ambisius

Ciri Ciri Ambisius - 5

Foto: Orami Photo Stock

Orang ambisius cenderung mencari teman dengan sifat yang sama dengan dirinya. Hal ini dilakukannya untuk menambah motivasi sehingga tujuan atau impiannya lekas tercapai.

Bukan justru merasa iri atau tersaingi.

Memiliki teman dengan sifat ambisius yang sama juga membantu mereka untuk mengambil langkah apa ke depannya. Jadi, bisa mengambil pelajaran baik dan buruk dalam mencapai tujuannya.

Meski demikian, tidak sedikit pula orang ambisius yang menganggap bahwa kehidupan ini adalah ajang kompetisi sehingga mereka tak segan mencelakakan orang lain saat berusaha mewujudkan impiannya.

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Banyak Manfaatnya Lho Jika Ditaruh di Meja Kerja

Penyebab Seseorang Menjadi Ambisius

Penyebab Sifat Ambisius

Foto: Orami Photo Stock

Selain karena adanya keinginan, impian, atau tujuan yang harus diwujudkan, orang ambisius juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya Moms. Berikut jawaban dari pertanyaan mengapa seseorang memiliki sifat ambisius, dikutip dari Life Hack.

1. Urutan Lahir

Anak bungsu dalam keluarga sering dibandingkan dengan kakaknya yang lebih terampil dan ahli.

Hal ini dapat memiliki salah satu dari dua efek: anak bungsu menarik diri dan menganggap dirinya tidak mampu, atau dia menjadi sangat ambisius.

Persaingan yang dialami sejak awal dengan saudara-saudaranya menimbulkan dorongan dalam diri sehingga membuatnya ingin melakukan sesuatu lebih baik daripada orang lain yang bersaing dengannya ketika dia besar nanti.

Baca Juga: Selain Kreatif, Cari Tahu 10+ Fakta Anak Bungsu Lainnya di Sini!

2. Ambisi yang Didorong oleh Ego

Jika seseorang memiliki ego yang besar dan juga dilengkapi dengan keberanian, mereka cenderung menjadi ambisius.

Keberanian itu akan memungkinkan mereka untuk mengejar tujuan besar, dan ego mereka akan memunculkan keyakinan bahwa mereka layak mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tak jarang, kombinasi ini akan menghasilkan ambisi yang ekstrim.

3. Ketidakamanan dan Ambisi

Jika seseorang merasa tidak aman, dia bisa menjadi sangat berambisi.

Rasa tidak aman menempatkan seseorang di bawah tekanan psikologis yang ekstrim sehingga dapat membuatnya melakukan salah satu dari dua hal, yaitu menjadi sangat ambisius dalam upaya untuk mengubah hidupnya dan mengakhiri rasa tidak amannya atau dia menarik diri serta memilih keluar dari kehidupan.

Misalnya, pada miliarder yang dahulunya tumbuh dalam kemiskinan dan ini menciptakan ketidakamanan finansial ekstrim hingga pada akhirnya muncul ambisi untuk sukses di masa depan.

Baca Juga: 7 Zodiak Paling Tenang Meski Sedang Banyak Tekanan

4. Perbandingan dan Ambisi Tangguh

Jika seseorang menemukan dirinya dalam situasi di mana dia dipaksa untuk bersaing dengan teman sebayanya, dia mungkin menjadi sangat ambisius.

Misalnya, jika seorang pria yang cukup miskin dikelilingi oleh teman-teman kaya, dia mungkin memiliki pikiran atau keinginan untuk menjadi sangat kaya dan sebagai akibatnya, dia terdorong memiliki sifat ambisius.

5. Keinginan untuk Menjadi Layak

Keinginan untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa diri sendiri layak bisa juga menjadi penyebab sifat ambisius pada seseorang. Misalnya, beberapa orang yang sangat sukses diadopsi. Seorang anak angkat mungkin ingin membuktikan kepada dunia dan kepada orangtua kandungnya bahwa ia layak, dan ini dapat mengarah pada ambisi.

Baca Juga: Adopsi Anak

6. Percaya Diri

Ketika seseorang yakin dengan kemampuannya dan mereka percaya bahwa mereka dapat mencapai tujuan yang mereka inginkan, hal ini cenderung menciptakan sifat ambisius.

7. Keinginan untuk Membuktikan Bahwa Orang Lain Salah

Jika seseorang pernah mengalami penolakan, penghinaan, dan ketidaksetujuan, mereka dapat termotivasi untuk membuktikan bahwa orang yang membuat mereka merasa emosi negatif ini salah.

Seseorang yang telah mengalami banyak penolakan mungkin menjadi ambisius untuk membuktikan kepada orang-orang yang menolaknya bahwa mereka salah.

Itulah beberapa ciri-ciri dan kemungkinan penyebab sifat ambisius. Apakah Moms memiliki salah satu di antaranya?

  • https://www.fastcompany.com/3048722/six-habits-of-ambitious-people
  • https://www.researchgate.net/publication/302057964_Psychological_characteristics_of_ambitious_person/link/5739049808ae9ace840d04d7/download
  • https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/ambitious
  • https://intentioninspired.com/define-ambitious/
  • https://www.lifehack.org/900275/fake-people
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait