Kesehatan

15 Juni 2021

8 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Ampuh Saat Bekerja

Tak cuma dengan minum kopi saja lho, berikut cara-cara menghilangkan ngantuk yang ampuh.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Rasa ngantuk sering kali menyerang saat di kantor. Akhirnya, Moms dan Dads kehilangan konsentrasi dan hal ini mengganggu pekerjaan karena harus melawan rasa ngantuk tersebut. Oleh karenanya, penting untuk segera mencari cara menghilangkan ngantuk yang tepat.

Jika Moms bisa tinggal di rumah dan bersantai untuk hari itu, sedikit mengantuk bukanlah masalah besar. Tetapi menjadi lelah di tempat kerja dapat memiliki konsekuensi yang signifikan.

Moms mungkin melewatkan tenggat waktu atau ketinggalan beban kerja. Jika ini menjadi pola berulang, pekerjaan bisa dalam bahaya.

Cara Menghilangkan Ngantuk

Gangguan Tidur Lebih Sering Menyebabkan Ngantuk.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan ngantuk di saat bekerja yang ampuh? Selain memperbaiki pola tidur harian, Moms juga bisa mencoba berbagai cara berikut ini, lho. Yuk Moms, disimak!

Baca Juga : Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian Anda!

1. Kafein

Kopi dan tembakau menjadi racun tokek

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi kafein adalah cara menghilangkan ngantuk yang bisa Moms coba. Kafein adalah stimulan alami. Kedua setelah air, minuman berkafein adalah salah satu cairan yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Kafein yang biasanya didapatkan dari kopi dan teh akan memicu fight or flight response. Alhasil, kafein bisa menghilangkan ngantuk saat bekerja atau terjaga dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh karena jantung memompa darah lebih cepat.

Kafein dalam jumlah cukup juga sanggup meningkatkan konsentrasi, refleks, dan kemampuan mengingat. Namun, jika kafein dikonsumsi berlebihan, Moms bisa mengalami sakit kepala, gelisah, dan sulit tidur.

Menurut studi oleh Royal College of Psychiatrist yang dikutip oleh National Health Service, merekomendasikan bahwa siapa pun yang merasa mudah lelah dan sulit tidur harus mengurangi kafein. Dikatakan cara terbaik untuk melakukan ini adalah secara bertahap berhenti minum semua minuman berkafein selama periode 3 minggu.

Cara menghilangkan ngantuk satu ini cukup efektif, namun harus tetap berhati-hati.

2. Membasuh wajah

membasuh wajah

cheatsheet.com

Membasuh wajah dengan air dingin bisa jadi adalah cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang jitu. Dengan melakukan ini, aliran darah lebih lancar sehingga Moms lebih siap beraktivitas.

Keluarlah setelah Moms memercikkan air ke wajah jika hari itu berangin. Udara sejuk di wajah juga dapat meningkatkan kewaspadaan serta menghilangakan rasa kantuk berlebih.

Moms bisa membasuh wajah sembari meregangkan tubuh sejenak di toilet ketika ada kesempatan. Dengan cara menghilangkan ngantuk ini, Moms juga akan tampak lebih segar dan kembali bersemangat.

Baca Juga : Selalu Merasa Ngantuk Meski Tidur Cukup? Ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi

3. Mendengarkan musik

mendengarkan musik

careeraddict.com

Mendengarkan musik saat bekerja ternyata dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk saat bekerja, lho!

Melansir Healthline, musik dengan hentakan dan irama yang cepat atau upbeat, dapat memompa jantung untuk berdetak lebih cepat sehingga energi pun meningkat.

Mendengarkan musik upbeat juga dapat berguna untuk membangunkan otak yang sudah "mengirim" sinyal untuk tidur atau istirahat.

Coba atur playlist Moms dari musik bertempo lambat dan perlahan-lahan meningkat untuk menjadi cara menghilangkan ngantuk yang ampuh.

Tapi, Moms jangan lupa untuk izin terlebih dahulu ya kepada atasan atau rekan kerja. Namun Jika Moms tidak dapat menyalakan radio atau music player, gunakanlah headset atau earphone untuk mendengarkan musik sembari bekerja.

4. Tingkatkan Adrenalin

mengobrol di kantor

mentalfloss.com

Tahukah Moms, bahwa adrenalin adalah satau satu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja?

Jadi, Jika Moms sudah mulai mengantuk saat mengerjakan pekerjaan, ambil waktu selama 10 menit untuk melakukan hal lain yang lebih menarik seperti bermain game, menonton serial favorit, dan mengobrol.

Cara menghilangkan ngantuk ini mungkin hanya bisa dilakukan saat jam makan siang agar tidak mengganggu pekerjaan. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba bukan?

Baca Juga: 5 Cara Seru Melatih Tangan Terampil si Kecil

5. Makan permen mint

makan permen karet

berkeleywellness.com

Melansir Sleep, jika aroma mint dapat membuat kualitas tidur membaik, sebaliknya rasa mint yang segar bisa menghilangkan ngantuk di pagi hari sebab bisa membangunkan otak dan membuat Moms lebih aktif serta terjaga.

Nah, menyediakan sekotak permen mint di tas kerja bisa jadi cara menghilangkan ngantuk nih, Moms. Tidak perlu beranjak untuk mencuci muka atau mengonsumsi kafein, Moms hanya perlu mengunyah permen.

Konsumsi satu buah permen secara berkala ketika rasa ngantuk menyerang. Jika Moms sedang diet, pastikan juga kandungan gula di dalamnya, ya!

6. Nikmati Camilan

health snack swap instead of potato chips try homemade popcorn feature1

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan Moms pasti makan camilan atau minum-minuman manis di tengah pekerjaan sebagai cara menghilangkan ngantuk. Tapi selalu ingat ya, Moms sebaiknya memilih camilan dengan kalori yang lebih ringan dan membatasi porsinya karena dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Melansir Very Well Health, makan camilan yang mengandung gula bisa menjadi cara menghilangkan ngantuk yang jitu, serta memberikan energi yang dibutuhkan.

Moms juga bisa menggantinya dengan bahan yang lebih mengeyangkan an sehat, seperti telur rebus, ayam, beri, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

Namun jaga agar tidak konsumsi secara berlebih. Kondisi perut terlalu kenyang juga dapat menyebabkan kantuk, lho!

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

7. Kualitas Tidur Malam yang Baik

Man-Sleeping.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain cara menghilangkan ngantuk tersebut, pastikan pula ya Moms cukup tidur yakni dengan tidur malam sebanyak 8 jam, tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap hari, dan pastikan kamar tidur sudah nyaman.

Pertahanan terbaik melawan rasa ngantuk di siang hari adalah tidur nyenyak. Kurang tidur adalah penyebab paling umum dari kantuk. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan keinginan Moms untuk tidur di malam hari dan mencegah Moms tertidur pada waktu yang salah.

Jika Moms memiliki gangguan tidur mendasar yang membuat tubuh tidak cukup tidur, disarankan untuk segera temui dokter. Jika tidak, Moms mungkin tidak dapat terjaga dan waspada seperti seharusnya.

8. Buat Waktu Bangun yang Konsisten

sound-of-the-alarm-clock-woke-woman-up-attractive-girl-turn-off-smartphone-and-continued-to-sleep-beautiful-woman-sleeping-in-bed-use-mobile-phone-caucasian-model-wearing-in-white-sleepwear-at-home_sl.png

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya memiliki kualitas tidur dan waktu tidur yang baik, Moms juga harus menerapkan waktu bangun yang konsisten.

Cara menghilangkan ngantuk ini, sangat disarankan bagi Moms yang sering terserang rasa ngantuk bahkan saat sudah memiliki waktu tidur yang cukup.

Dikutip dari WebMD, waktu bangun tidur yang secara acak dapat mengganggu waktu tidur yang ideal, dapat menyebabkan lebih banyak frustrasi jika Moms menderita insomnia dan sudah mengalami kesulitan tidur.

Oleh karenanya, penting juga untuk membiasakan bangun di jam-jam tertentu. Moms bisa menggunakan bantuan alarm dan pastikan untuk mengantur waktu yang sama setiap harinya.

Baca Juga: Pusing Saat Bangun Tidur, Pertanda Apa?

Itu dia Moms seputar cara menghilangkan ngantuk yang bisa diterapkan, terutama ketika rasa kantuk sudah sangat mengganggu pekerjaan.

Selain itu, Moms juga bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk makan dan tidur sejenak dibanding harus tetap terjaga. Walau mengobrol bisa menghilangkan ngantuk, namun efeknya hanya sementara. Semangat, Moms!

  • https://www.sleep.org/scents-to-wake-you-up/
  • https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/daytime-sleepiness-tips
  • https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work#7.-Splash-cold-water-on-your-face
  • https://www.verywellhealth.com/tips-for-staying-awake-3015057
  • https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait