ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
10 Mei 2022

7 Manfaat Pull Up, Salah Satunya untuk Menambah Tinggi Badan!

Manfaat pull up yang utama adalah mengencangkan otot
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pull up merupakan latihan kekuatan tubuh bagian atas. Selain melatih otot tubuh bagian atas, banyak manfaat pull up yang bisa Moms peroleh dari olahraga ini loh Moms.

Sebenarnya, pull up kerap dianggap sebagai latihan lanjutan gerakan serupa dengan chin up, tetapi lebih sulit. Selain itu pull up juga dapat dimodifikasi dan dilakukan dengan menggunakan bantuan.

Meski begitu, Moms masih bisa mendapat banyak manfaat pull up. Manfaat pull up bisa Moms peroleh dengan melakukan gerakan tersebut, dimana Moms hanya perlu menggantung pada palang pull up dengan punggung tangan menghadap ke arah tubuh. Kemudian, pelan-pelan angkat tubuh Moms sampai posisi dagu berada di atas palang.

Melansir Healthline manfaat pull up untuk memperkuat otot-otot punggung dapat dilakukan sebagai salah satu latihan yang paling efektif. Berikut ini adalah beberapa otot punggung tersebut, yaitu:

  • Latissimus dorsi: Otot punggung atas terbesar yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat.
  • Trapezius: Terletak dari leher ke kedua bahu.
  • Spinae erector toraks: Tiga otot yang berjalan di sepanjang tulang belakang toraks.
  • Infraspinatus: Membantu dengan ekstensi bahu dan terletak di tulang belikat.

Selain itu, manfaat pull up juga bisa dirasakan pada bagian lengan dan bahu. Rutin melakukan gerakan pull up bisa mengencangkan otot lengan bawah dan juga bahu. Jika Moms berniat untuk meningkatkan kekuatan di area tersebut, sebaiknya lakukan pull up secara teratur.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Plank, Bisa Bikin Tubuh Kuat Hingga Langsing!

Manfaat Pull Up Setiap Hari

ADVERTISEMENT

Foto: manfaat pullup (healthline.com)

Foto: healthline.com

Selain kedua manfaat pull up yang sudah disebutkan di atas, manfaat pull up lainnya juga bisa dirasakan bagi tubuh Moms. Terutama, jika dilakukan secara rutin.

ADVERTISEMENT

Penasaran? Berikut adalah manfaat pull up yang akan dirasakan jika melakukan latihan pull up setiap hari, seperti dilansir Fitness Apie.

1. Memperkuat Cengkaraman

Pull up merupakan olaharaga yang sebagian besar tekanan terkonsentrasi pada telapak tangan dan jari- semua bagian tangan. Jangan heran jika cengkraman tangan Moms akan semakin kuat karena manfaat pull up setiap hari yang akan Moms rasakan adalah kekuatan cengkraman tangan yang meningkat.

Dengan begitu, Moms tidak perlu lagi meminta bantuan untuk membuka tutup toples yang kelewat kencang. Atau Moms mau mencoba meremukan apel dengan tangan kosong karena berhasil memiliki kekuatan otot sebagai manfaat pull up?

2. Menghilangkan Lemak

Bongkahan lemak tubuh di sekitar pinggang menjadi lemak yang membandel untuk dibuang. Buat Moms yang sedang berjuang memangkas lemak di sekitar pinggang bisa mencoba melakukan pull up, lho. Salah satu manfaat pull up setiap hari juga dapat menghilangkan lemak-lemak bandel itu.

Pull up disebut menjadi solusi cepat menghilangkan lemak-lemak di sekitar pinggang, meski agak sulit dilakukan. Karena walau sederhana, pull up memang latihan yang cukup sulit dilakukan terutama pada awal memulai.

Selain itu, tidak hanya menargetkan pada bagian perut saja. Manfaat pull up juga bisa menghilangkan kelebihan berat badan secara umum.

Baca Juga: Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

3. Meningkatkan Mood

Sudah jadi rahasia umum kalau olahraga dapat meningkatkan mood tidak terkecuali pull up. Manfaat pull up setiap hari tentunya dapat mengatasi masalah suasana hati yang Moms miliki setiap hari.

Pull up menggabungkan manfaat peningkatan suasana hati yang biasa dari berolahraga dan rasa bangga dan nyaman dengan postur tubuh baru yang Moms miliki.

Karena faktanya, olahraga memotivasi seseorang untuk tampil lebih baik. Dan selain itu, orang cenderung merasa lebih baik jika mereka memiliki postur tubuh yang benar.

4. Menyeimbangkan Otot

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Salah satu bahaya dari latihan berlebihan satu kelompok otot adalah bahwa otot lainnya akan tetap terbelakang. Hal ini juga dapat menyebabkan cedera dalam jangka panjang.

Misalnya, banyak orang berkonsentrasi pada bisep atau lengan mereka secara umum sambil meninggalkan punggung mereka hampir sepenuhnya tanpa pengawasan.

Nah, manfaat pull up setiap hari adalah merangsang kekuatan punggung dan lengan. Dengan melakukan beberapa set pull up setiap hari, Moms akan melatih seluruh tubuh bagian atas dan dengan cara itu memperkuat kedua kelompok otot secara merata.

Baca Juga: Kejang Otot: Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

5. Membuat Latihan Lain Menjadi Lebih Mudah

Pull-up bukanlah latihan yang mudah, dan tidak pernah dimaksudkan untuk itu. Itu sebabnya mengatur rutinitas latihan baru di sekitar pull up mungkin tampak seperti tugas yang benar-benar menakutkan.

Akan tetapi begitu menguasainya, Moms akan langsung merasakan manfaat pull up. Manfaat pull up setiap hari lainnya adalah, Moms bisa melakukan latihan lainnya dengan lebih mudah. 

Karena pull up memperkuat kelompok otot secara merata, termasuk otot-otot lain yang cenderung dilatih saat melakukan latihan lain, misalnya push up.

6. Mendapatkan Bentuk Tubuh V

ADVERTISEMENT

Bentuk tubuh V merupakan idaman banyak orang. Jika Moms termasuk salah satunya, tidak ada salahnya mulai melakukan pull up.

Membentuk V yang sempurna membutuhkan banyak upaya di seluruh tubuh, terutama perut. Manfaat pull up setiap hari, dapat menangani setidaknya setengahnya untuk Moms.

Pull up adalah latihan punggung yang terkenal. Dengan rutin melakukan pull up, Moms dapat melatih punggung bagian bawah dengan baik. Selain itu, bahu Moms akan terlihat lebih besar dan pinggang lebih ramping, tetapi lebih berotot.

Baca Juga: Senam Kegel Bagi Suami Istri dan Manfaatnya Saat Hubungan Seks

7. Menambah Tinggi Badan

Manfaat pull up lainnya adalah untuk menambah tinggi badan. Pull up tidak bekerja secara langsung untuk menambah tinggi badan. Namun, latihan ini bisa memperbaiki postur tubuh Moms.

Seperti yang sudah disebutkan, pull up melibatkan otot-otot tubuh bagian atas termasuk punggung, lengan, dada, dan perut. Selain itu, mereka akan memperkuat otot inti.

Ketika memiliki otot inti yang kuat, tubuh bagian atas Moms akan tetap seimbang. Oleh karena itu, Moms tidak akan lagi merasa tidak nyaman atau membungkuk saat berdiri.

Otot punggung Moms akan selalu menopang tubuh agar sejajar dengan benar untuk berdiri. Hasilnya, Moms akan terlihat lebih tinggi dari sebelumnya.

ADVERTISEMENT

Berikut adalah beberapa tips melakukan pull up untuk mendapatkan tubuh yang lebih tinggi, seperti dikutip dari Fitness Purity. Tips ini akan membantu Moms melakukan pull up dengan aman. Pastikan Moms tidak terkena cedera apa pun.

Baca Juga: Ini 5 Aktivitas yang Dapat Membantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

  • Tidak Melakukan Pull Up Lebih dari 5 Kali. Di level awal, sebaiknya Moms tidak melakukan pull up lebih dari 5 kali. Ini menjadi tips utama mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan.
  • Tingkatkan Latihan setelah Satu Minggu. Tips kedua mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan adalah tingkatkan latihan 1 atau 2 kali setelah satu minggu.
  • Ambil Jeda. Mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan juga perlu mengambil jeda. Saat mencapai atas, Moms perlu mengambil jeda sesaat sebelum kembali ke bawah.
  • Tidak Harus Melompat. Moms juga tidak tidak harus melompat untuk memegang pull up bar jika ingin mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan. Lakukan seperti biasa juga dapat membantu Moms mendapatkan manfaat dengan baik.
  • Fokus. Tips terakhir mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan adalah Moms harus fokus pada latihan tersebut.

Meskipun tips tersebut untuk pull up dasar, Moms harus mengikutinya. Jika tidak, pull up tidak akan membantu Moms memperbaiki postur. Moms harus melakukan pull up untuk perbaikan tubuh secara keseluruhan. Penting diingat, hanya berfokus pada tumbuh lebih tinggi tidak akan pernah membuat Moms tinggi.

Itulah beberapa manfaat pull up yang bisa Moms dapatkan. Berminat melakukannya? Jangan lupa ikuti tipsnya juga ya Moms. Selamat mencoba!

  • https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefit-of-pull-up
  • https://fitnessapie.com/benefits-of-pull-ups/
  • https://fitnesspurity.com/pull-ups-increase-height/

Sebelumnya

10 Rekomendasi Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi serta Tips Memilihnya
Defara Millenia • 10 Mei 2022

Selanjutnya

10 Rekomendasi Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi serta Tips Memilihnya
Defara Millenia • 10 Mei 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT