Rupa-rupa

10 Juli 2021

Mengenal 11 Anak-anak Soekarno dan Potret Ceritanya

Kebanyakan anak-anak Soekarno menjadi politikus seperti sang ayah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Ir. Soekarno yang menjadi presiden pertama di Indonesia memang selalu menjadi sorotan publik hingga sekarang, terutama anak-anak Soekarno yang sebagian besar berkecimpung dalam dunia politik.

Ir. Soekarno atau yang lebih akrab dipanggil Soekarno ini dikenal akan kecakapan dan kharismanya yang tidak bisa dielakkan. Jadi tak heran kalau Sang Proklamator ini memiliki istri sebanyak sembilan orang.

Tapi tidak dari semua istrinya ini memberikannya anak. Hanya beberapa istri dari Soekarno yang telah melahirkan anak-anak Soekarno.

Baca Juga: Mengenal 9 Istri Soekarno dan Kisah Cinta Romantis Presiden Pertama Indonesia

Daftar Anak-anak Soekarno

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 11 anak-anak Soekarno dari istri yang berbeda-beda. Diketahui kalau Fatmawati menjadi ibu dari lima anak-anak Soekarno dan selebihnya adalah anak-anak Soekarno dari istri-istri yang lain.

Walaupun merupakan anak dari presiden, tapi uniknya tidak semua anak-anak Soekarno ini memiliki profesi yang sama yakni sebagai politikus. Ada beberapa yang jutru memilih terjun menjadi seniman, bahkan pebisnis.

Untuk tahu selengkapnya, coba langsung kita lihat saja yuk anak-anak Soekarno dengan potret ceritanya masing-masing!

1. Megawati Soekarnoputri

Megawati yang Merupakan Anak-anak Soekarno

Foto: www.hops.id

Anak-anak Soekarno yang pertama adalah Megawati Soekarnoputri. Megawati menjadi salah satu anak-anak Soekarno yang sangat terkenal karena sukses meniti karier menjadi politikus.

Lahir pada tahun 13 Januari 1947, ia memiliki karier politik yang dimulai sejak tahun 1986 hingga saat ini. Karier pertamanya dimulai sebagai wakil ketua PDI Cabang Jakarta Pusat dan dalam jangka waktu satu tahun, ia sudah menjadi salah satu anggota DPR.

Namanya tercatat dalam sejarah sebagai presiden perempuan pertama di Indonesia. Hingga saat ini, ia masih aktif menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Baca Juga: Ngunduh Mantu: Mengetahui Arti dan Rangkaian Acaranya

2. Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati yang Menjadi Anak-anak Soekarno

Foto: teguhtimur.wordpress.com

Anak-anak Soekarno yang kedua adalah Rachmawati Soekarnoputeri yang sekilas wajahnya memang mirip sekali dengan Megawati Soekarnoputeri sehingga seringkali disebut sebagai kembarannya.

Dari tampilan wajah, tatanan rambut, dan gaya berbusananya tampak mirip, maka tak heran kalau banyak orang yang salah mengenalinya.

Pantas saja kedua orang ini memiliki tampilan yang mirip karena ternyata Rachmawati dan Megawati memiliki ibu yang sama, yakni Fatmawati.

Rachmawati lahir pada tanggal 27 September 1950 dan saat ini usianya sudah 70 tahun. Meski demikian, ia masih aktif berkecimpung di dunia politik.

Saat ini, Rachmawati menjadi politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya.

3. Sukmawati Soekarnoputri

Sukmawati

Foto: news.detik.com

Masih dengan anak-anak Soekarno dengan Fatmawati, Sukmawati Soekarnoputri menjadi adik kandung dari Megawati dan Rachmawati.

Tak berbeda jauh dari kakak-kakaknya, Sukmawati Soekarnoputri yang lahir pada tanggal 26 Oktober 1951 ini juga berkecimpung di dunia politik. Ia pertama kali mendirikan dan menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia dengan nama PNI Soepeni di tahun 1998. Lalu pada tahun 2002, Sukmawati mengubahnya menjadi PNI Marhaenisme.

Sukmawati ini seringkali mendapatkan sorotan publik karena komentar pedasnya mengenai pemerintah yang terbilang kontroversial.

Baca Juga: Inilah Nutrisi Penting untuk Bantu Atasi Alergi pada Anak

4. Guruh Soekarnoputra

Guruh yang Menjadi Anak-anak Soekarno

Foto: liputan6.com

Guruh Soekarnoputra menjadi anak bungsu dari Soekarno dengan Fatmawati. Pria yang lahir pada tanggal 13 Januari 1953 ini memiliki jalur karier yang berbeda dari saudari-saudarinya.

Guruh Soekarnoputra diketahui berkecimpung dalam dunia seni. Ia mendirikan grup kesenian Indonesia yang bernama Gencar Semarak Perkasa dan Swara Mahardhika.

Meski berkecimpung dalam dunia seni, tapi Guruh Soekarnoputra juga masih aktif dalam dunia politik karena tercatat sebagai anggota PDIP dan sempat menjadi anggota DPR.

5. Karina Kartika Sari Dewi Soekarno

Karina yang Menjadi Anak-anak Soekarno

Foto: voi.id

Anak-anak Soekarno yang ini memiliki paras wajah yang cantik dengan tubuh tinggi semampai. Karina Kartika Sari Dewi Soekarno adalah anak dari Soekarno dengan Ratna Sari Dewi yang merupakan orang Jepang dengan nama asli Naoko Nemoto.

Karina Kartika Sari Dewi Soekarno adalah satu-satunya anak dari Soekarno dan Ratna Sari Dewi. Ia lahir pada tanggal 11 Maret 1967 di Tokyo, Jepang. Tidak seperti saudara-saudaranya yang lain, Karina Kartika Sari Dewi Soekarno dibesarkan di Perancis dan sempat bekerja di Tokyo dan New York.

Ia sangat aktif sebagai pegiat sosial yang menjalankan Kartika Soekarno Foundation yang berfokus pada pengembangan pendidikan anak-anak Indonesia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penjual Kurban Online, Idul Adha Sebentar Lagi

6. Totok Suryawan Soekarnoputra

Totok Suryawan Soekarnoputra menjadi salah satu dari anak-anak Soekarno. Ia merupakan anak satu-satunya dari Soekarno dan Kartini Manoppo.

Totok Suryawan Soekarnoputra lahir pada tahun 1967 di Jerman karena pada saat itu, sang ibu yakni Kartini Manoppo yang sedang mengandung sengaja diungsikan ke Jerman pada saat terjadinya G30S PKI.

Darah politikus pun mengalir dalam darahnya karena ia pernah mencalonkan diri menjadi bupati di Pilkada Sulawesi Utara melalui Partai Perindo.

7. Guntur Soekarnoputra

Guntur yang Menjadi Anak-anak Soekarno

Foto: tempo.co

Anak-anak Soekarno berikutnya adalah Guntur Soekarnoputra. Guntur Soekarnoputra adalah anak pertama Soekarno dan Fatmawati.

Jadi Guntur Soekarnoputra adalah kakak dari Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Guntur Soekarnoputra adalah salah satu anak-anak Soekarno yang sama sekali tidak berkecimpung dalam dunia politik. Padahal, semasa mudanya dulu pada saat kuliah, Guntur Soekarnoputra merupakan seorang aktivitis.

8. Rukmini Soekarno

Rukmini Soekarno adalah salah satu anak-anak Soekarno yang lahir pada tahun 1943. Ia berprofesi sebagai penyanyi opera dan tinggal di Roma pada tahun 1960-an dan menikah dengan seorang aktor film Amerika Serikat yang bernama Franklin Latimore Kline.

Meski profesinya sebagai penyanyi opera, tapi ia ternyata juga berpolitik. Rukmini Soekarno sempat terdaftar sebagai salah satu orang yang berkontribusi dalam kampanye untuk George H. W. Bush pada tahun 1987.

Baca Juga: Simak Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Catat Ya!

9. Bayu Soekarnoputra

Bayu Soekarnoputra yang Menjadi Anak-anak Soekarno

Foto: yukepo.com

Anak-anak Soekarno yang selanjutnya adalah Bayu Soekarnoputra. Ia merupakan anak dari Soekarno dengan Hartini. Keduanya ini menikah pada tahun 1952 dan Bayu Soekarnoputra lahir pada tahun 1958.

Bayu Soekarnoputra tidak terlalu terekspos di publik sehingga tidak banyak informasi tentang dirinya.

10. Taufan Soekarnoputra

Tak berbeda jauh dengan saudaranya, Bayu Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra ini juga merupakan anak dari Soekarno dengan Hartini. Tapi sayangnya tidak diketahui apakah ia adalah kakak atau adik dari Bayu Soekarnoputra.

Tak berbeda jauh dengan saudaranya, Taufan Soekarnoputra ini keberadaannya juga tidak diketahui oleh publik. Tapi diketahui kalau ia sudah meninggal di tahun 1981.

Kedua anak Hartini dengan Soekarno memang tidak ada yang terekspos oleh publik. Hal ini bisa jadi dikarenakan pada masa Soekarno ingin mempersunting Hartini, ia masih berstatus sebagai suami dari Fatmawati sehingga menghadirkan banyak polemik.

Banyak organisasi wanita yang menentang poligami tersebut, terutama Perwari.

Baca Juga: Punya Bau Menyengat, Simak Manfaat Belerang untuk Kulit dan Wajah

11. Ayu Gembirowati

Anak-anak Soekarno yang terakhir adalah Ayu Gembirowati yang terlahir dari istri Soekarno bernama Haryati, istri keenam Soekarno.

Soekarno dan Haryati menikah pada tahun 1963, tapi diceraikan pada tahun 1966. Sama seperti anak-anak Soekarno dari Hartini, anak dari Haryati ini juga tidak terekspos oleh publik sehingga tidak banyak informasi yang bisa didapat tentang dirinya.

Itulah deretan potret anak-anak Soekarno yang punya profesi berbeda-beda. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Moms ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait