Balita dan Anak

26 November 2019

Anak Mudah Bosan Walaupun Punya Banyak Mainan? Ini Solusinya!

Empat cara ini bisa Moms coba
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Baru dua hari yang lalu dibelikan mobil-mobilan, hari ini Si Kecil sudah minta dibelikan yang baru. Padahal, mainannya di rumah sudah sangat menumpuk. Kenapa, ya, anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan?

Moms, ternyata kebosanan anak terhadap mainannya tidak selalu karena Si Kecil manja. Bisa jadi karena ia sudah sering menggunakan mainan tersebut sehingga baginya benda tersebut tak lagi baru. Anak butuh hal lain untuk merangsang pemikirannya.

Coba tips dari situs More4Kids ini agar tidak membuat anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan:

1. Tukar Mainan

anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan

Foto: hips.hearstapps.com

Coba simpan mainan lama anak di gudang ketika anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan.

Jika Si Kecil mulai bosan terhadap mainan-mainan barunya, simpan di gudang dan tukar dengan mainan lama. Mainan yang sudah jarang dilihat anak jadi tampak baru lagi!

Baca Juga: Seberapa Banyak Mainan yang Boleh Dimiliki Anak?

2. Apapun Bisa Jadi Mainan

anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan

Foto: i.kinja-img.com

Sebenarnya, anak di bawah dua tahun belum mengerti mainan jadi seperti mobil-mobilan dan sebagainya, Moms. Bagi mereka, benda sehari-hari pun bisa tampak menyenangkan.

Coba saja tempelkan selotip di jarinya, ia akan tertawa saat mencoba melepasnya. Anak yang lebih besar pun seringkali mencari cara sendiri untuk memanfaatkan benda-benda di sekitarnya.

Baca Juga: Pentingnya Mainan Edukasi Bagi Anak

3. Bermain Bersama

anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan

Foto: media2.s-nbcnews.com

Dibanding hanya memberikan mainan yang membuat anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan, mengajak Si Kecil beraktivitas bersama Moms dan Dads memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah waktu berkualitas untuk memperkuat ikatan antara anak dan orang tua.

Menurut studi yang dimuat di World Nutrition Journal pada Juli 2017, permainan berkualitas antara anak dan orang tua dapat meningkatkan kegembiraan keluarga segera setelahnya maupun berminggu-minggu kemudian. Penekanannya pada kualitas, ya, Moms, bukan cuma jenis permainan atau lama bermainnya.

Studi ini juga menyebutkan kalau bukan hanya anak yang akan menjadi senang, tapi juga orang tua. Sebab, orang tua merasa bahagia melihat anak mereka gembira saa melakukan kegiatan apapun.

Selain itu, daya kreatif anak akan terangsang. Banyak hal yang dapat anak pelajari dari bermain bersama, di antaranya bergiliran, belajar angka, apresiasi musik, dan sebagainya.

Aktivitas seperti menyanyi, seni rupa, bermain peran, bermain bantal dan guling, dan petak umpet juga bisa dilakukan di dalam rumah saat cuaca di luar sedang tidak memungkinkan dan bertujuan supaya anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

4. Bermain di Luar Ruangan

anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan

Foto: drcbtmom.com

Menghirup udara segar di halaman belakang rumah saja bisa menghibur anak yang mudah bosan walaupun banyak mainan, lho. Apalagi jika Moms dan Dads bisa mengajak Si Kecil melihat pemandangan baru di taman, tempat rekreasi, bahkan sekadar di mal.

Moms bisa mencoba kiat-kiat di atas kalau anak mudah bosan walaupun punya banyak mainan. Jadi, tak perlu beli mainan baru sering-sering, kan, Moms?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait