Di atas 5 tahun

8 Juni 2021

9 Aplikasi Edukatif dan Game untuk Anak di Gadget, Sudah Download?

Si Kecil akan belajar dengan gembira melalui aplikasi-aplikasi ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perkembangan teknologi yang pesat akhir-akhir ini memang membuat beberapa perubahan metode belajar Si Kecil. Salah satunya, kini Moms bisa menggunakan game untuk anak, lho.

Pendidikan berbasis kelembagaan seperti sekolah memang masih ada, tapi kini banyak alat tambahan yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, baik pelajaran akademis maupun non akademis.

Sumber yang paling banyak digunakan saat ini adalah gadget dan internet. Jika kedua alat ini berkolaborasi, maka bisa menjadi sumber pembelajaran serta alat informasi yang hebat. Dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia dalam segenggam smartphone, ada banyak ilmu yang bisa dipelajari Si Kecil.

Aplikasi Edukatif dan Game untuk Anak

Misalnya, game untuk anak yang sangat mengedukasi di bawah ini, yang bisa digunakan sebagai hiburan berbasis pengajaran bagi Si Kecil. Bisa didapatkan bagi Moms yang menggunakan gadget android. Yuk, diunduh Moms!

Baca Juga: 6 Aplikasi dan Game Edukasi di Android untuk Anak

1. iPusnas

xMXInCAl_400x400.jpg

Foto: twitter.com/ipusnas_id

Kebiasaan membaca adalah satu aktivitas yang bisa kita ajarkan sejak dini pada Si Kecil. Dulunya hanya tersedia dalam bentuk fisik, namun saat ini sudah banyak buku yang dapat dinikmati secara digital. Kini anak sudah bisa membaca berbagai buku hanya dengan mengakses gadget yang ada.

Salah satu game untuk anak yang bisa mendukung aktivitas baca anak adalah iPusnas. Menyesuaikan perkembangan teknologi terkini, Perpustakaan Nasional Indonesia menciptakan aplikasi iPusnas.

Aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional Indonesia ini bisa kita unduh secara gratis. Koleksi bukunya juga cukup lengkap, mulai dari ensiklopedia sampai buku cerita.

Kita bisa menggunakan aplikasi ini sebagai permainan menjawab pertanyaan dari berbagai bacaan di dalamnya. Selain anak menjadi terhibur, tanpa sadar mereka juga menyerap ilmu dengan perasaan gembira.

Jadi, anak-anak bisa menumbuhkan minat membaca sambil bermain game. Seru banget ya, Moms.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Gadget Dari Debu Menumpuk

2. Cram.com - Flashcard

cram_icon_384.png

Foto: cram.com

Flashcard adalah kartu yang biasanya berisikan informasi seputar kata-kata, gambar, atau ilustrasi. Biasanya, kartu ini digunakan sebagai media pembelajaran yang mengasyikkan untuk anak-anak usia balita, remaja, dan dewasa.

Dengan menggunakan flashcard, biasanya kita lebih mudah dalam mempelajari sesuatu. Nah, kini kita tidak perlu repot-repot untuk membeli atau membuat flashcard sendiri, sebab aplikasinya sudah bisa kita unduh di gadget kita dan menjadi salah satu game untuk anak yang bisa digunakan agar membuat belajar semakin seru.

Game untuk anak ini bernama Cram.com Flashcards yang menyediakan lebih dari 75 juta flashcard. Dapat digunakan untuk belajar mengingat, berhitung, huruf, bahasa asing, dan banyak hal lainnya.

Cara menggunakannya mudah, kita hanya perlu memperlihatkan kartu-kartu yang ada di Cram.com Flashcards, lalu Si Kecil akan berusaha menebaknya. Permainan ini bisa kita akses secara online maupun offline.

Kita bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, hanya saja penggunaan kartunya dibatas hanya 100 saja. Untuk akses aplikasi premium, akan ada lebih banyak flashcard yang bisa dimainkan. Permainan ini juga sekaligus bisa mendekatkan hubungan Moms, Dads, dan Si Kecil saat bermain bersama.

3. Seri DragonBox

unnamed.png

Foto: play.google.com

Game untuk anak ini sangat membantu Si Kecil belajar dasar-dasar matematika. DragonBox tersedia dalam 5 seri aplikasi pembelajaran. Permainan matematikanya sangat memudahkan dan menyenangkan bagi anak-anak dengan tampilan angka dan karakter yang berwarna-warni.

Hanya saja, untuk mengakses game ini, Moms perlu membelinya terlebih dulu. Harganya mulai dari Rp60 ribu sampai Rp100 ribu. Namun, harga tersebut sangat sesuai dengan kemampuan game yang interaktif dan menyenangkan bagi Si Kecil dalam mempelajari matematika.

Baca juga: 4 Cara Mengeringkan Handphone yang Jatuh Terendam Air

4. Kids Games Free - Education

image.png

Foto: kidsgamesforfree.com

Game untuk anak satu ini ini cocok digunakan untuk belajar anak berusia 2-4 tahun yang bisa Moms unduh secara gratis.

Permainan ini menyuguhkan 10 jenis permainan pembelajaran, seperti belajar notasi dalam memainkan piano, belajar angka dan warna, melatih memori atau ingatan dengan mencocokkan gambar.

5. PBS Kids Video

maxresdefault.jpg

Foto: youtube.com

PBS adalah salah satu game untuk anak yang menyuguhkan pembelajaran melalui video, dengan berbagai jenis video yang menyenangkan dengan konten ramah anak. Melalui tontonan kartun lucu, Si Kecil akan menikmati video-video yang ada dan tanpa sadar telah mempelajari bermacam-macam ilmu.

Game untuk anak ini juga dilengkapi educational goal tracker, yang dapat digunakan orangtua untuk memantau perkembangan belajar Si Kecil, sesuai dengan target yang diinginkan.

Baca juga: 5 Aplikasi Smartphone Gratis untuk Memudahkan Pekerjaan Moms di Rumah

6. The Endless Kids Games

91kOyWoCmJL.png

Foto: play.google.com

The Endless Kids Games ini adalah game untuk anak yang berisi kumpulan permainan anak-anak yang terdiri dari beberapa koleksi permainan seperti Endless Alphabet, Endless Reader, Endless Numbers, dan Endless Wordplay.

Permainannya mudah dimainkan serta dapat membantu Si Kecil mempelajari huruf dan angka, membaca, dan bermain kata. The Endless Kids Games terdiri dari dua versi, yaitu gratis dan berbayar, Moms bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Si Kecil.

7. Wordscapes

unnamed (1).png

Foto: gamesforu.com

Wordscapes adalah pilihan game untuk anak yang tepat jika Moms ingin mengajarkan banyak kosa kata baru dalam bahasa Inggris ke Si Kecil.

Si Kecil akan mendapatkan percobaan tak terbatas untuk memecahkan teka-teki silang (dengan sedikit petunjuk) yang berisi sebuah kata dalam bahasa Inggris.

Game untuk anak ini akan menantang Si Kecil di beberapa level dengan melarang kata tiga huruf dan menawarkan poin ekstra jika berhasil mendapatkan semua kata dalam urutan tertentu. Game untuk anak satu ini dapat dimainkan di Android, iOS, dan PC.

Baca Juga: 7 Pilihan Game Indoor yang Bisa Dimainkan Anak Jaman Sekarang

8. codeSpark Academy

unnamed (2).png

Foto: play.google.com

codeSpark Academy adalah salah satu game untuk anak-anak dengan nilai pendidikan yang nyata.

Game membantu mengajari anak-anak dasar-dasar pengkodean melalui permainan menghitung sederhana. Moms mungkin akan mengira bahwa game ini untuk anak-anak yang lebih besar, tetapi anak-anak di sekolah dasar juga bisa, lho.

Pada dasarnya, jika Si Kecil sudah cukup umur untuk bermain Minecraft, maka juga sudah cukup umur dalam memainkan permainan satu ini.

Game untuk anak ini juga menampilkan hadiah harian untuk menyelesaikan teka-teki dan tidak ada iklan, serta dapat diunduh secara gratis.

9. Khan Academy Kids

KhanKids_LogoBanner_Landscape_EmailV3.jpg

Foto: khan academy

Khan Academy Kids adalah salah satu game untuk anak di Android yang edukatif terbaru untuk anak-anak.

Sebelumnya, Khan Academy terkenal sebagai platform pembelajaran gratis untuk orang dewasa. Versi anak-anak ini memiliki berbagai mini-game yang membantu mengajarkan banyak mata pelajaran, termasuk membaca, mengenal huruf, bahasa, matematika, logika, dan ekspresi.

Game untuk anak ini sepenuhnya gratis tanpa pembelian dalam aplikasi, iklan, atau langganan dan membantu menjadikannya pilihan yang menarik bagi para Moms.

Baca Juga: Agar Tak Terkena Dampak Negatif, Terapkan Aturan Main Game untuk Anak

itu dia Moms rekomendasi beberapa game untuk anak yang dapat digunakan untuk belajar yang seru selama di rumah. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait